Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

MENGAPA MASA ORIENTASI ITU PENTING?

930

Masa orientasi itu adalah masa pengenalan, baik mengenal dosen, para staf, teman-teman, hingga fasilitas yang tersedia di kampus, dan masih banyak lainnya. Jadi rugi sekali sampai melewatkan masa orientasi, terutama bagi yang pertama kali kuliah ke luar negeri. Masa ini juga merupakan titik awal yang sangat baik untuk mulai mneyesuaikan diri dengan lingkungan yang masih asing.

 

MASA ORIENTASI NGAPAIN AJA?

 

Mengenal Universitas beserta Para Staf

Di hari pertama tentunya dimulai dengan pidato kata sambutan dari kepala universitas atau dekan. Kemudian, dilanjutkan dengan memperkenalkan para dosen dan staf. Hal ini penting untuk diingat, supaya tahu siapa yang harus dihubungi pada saat membutuhkan. Misalnya, Anda berencana kuliah sambil kerja, maka sebaiknya mengingat salah satu dari staf kantor ‘career placement’ (penempatan karir). Banyak mahasiswa yang tidak menghadiri sesi ini karena menganggap tidak penting dan bosan. Tetapi mereka yang jeli akan hadir dan mengingat nama-nama yang diperkenalkan, kemudian mulai membangun koneksi. Ingat, koneksi sama dengan kesempatan yang lebih luas.

 

Menghadiri Kelas-kelas Gratis

Beberapa institusi bahkan menyelenggarakan kelas-kelas tambahan semasa orientasi, mulai dari kelas Bahasa Inggris hingga keahlian presentasi dalam kelas. Kelas-kelas ini sangatlah bermanfaat, terutama bagi mahasiswa internasional, yang masih asing dengan sistem pendidikan di sana. Jadi, dengan mengikuti kelas-kelas ini akan membantu menyesuaikan diri secara pelan-pelan. Dari kelas-kelas tersebut kita akan mendapatkan banyak tips menarik.

 

Berteman

Tidak benar jika berpikir, saya cukup berteman dengan teman-teman sekelas, atau satu jurusan. Masa kuliah adalah awal dari transisi menuju kehidupan yang lebih mandiri dan memasyarakat. Semakin luas dan beragam teman kita, akan semakin mempermudah pada saat kita memasuki lingkungan kerja yang sebenarnya. Pada masa orientasi ini, kita berkesempatan untuk bergaul dengan banyak teman. Canggung untuk memulai percakapan? Jangan khawatir, universitas menyelenggarakan berbagai acara dan permainan, sehingga memberikan banyak kesempatan untuk berbaur.

 

Mengenal Luar Kampus

Biasanya universitas juga mengadakan kunjungan harian di daerah sekitar kampus, sehingga mahasiswa baru lebih mengenal tempat tinggal mereka. Bahkan akan mengenalkan tempat-tempat makan, atau supermarket khusus, misalnya restoran Cina, atau restoran halal, sehingga Anda tidak perlu mencari lagi.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS