Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

MENGENAL MAGANG

819

Mengapa magang itu penting semasa kuliah di luar negeri? Baca panduan dari kami, mengapa Anda sebaiknya mengambil setidaknya satu kali program magang...

 

Apa itu Magang?

Magang, atau dikenal dengan sebutan internship adalah penempatan kerja dengan perusahaan atau organisasi yang memberikan pengalaman kerja dan keahlian baru, yang dapat berguna untuk karir masa depan. Tujuan dari magang adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan apa yang mereka pelajari di ruang kelas ke dunia riil, supaya mereka lebih siap kerja setelah lulus nanti.

Tergantung kondisi, Anda bsia saja bekerja di satu atau beberapa departemen di suatu perusahaan atau organisasi, dan membantu pekerjaan dari karyawan di sana. Jenis dan posisi pekerjaan akan disesuaikan dengan jurusan Anda.

 

Berapa lama magang dijalani?

Magang bisa berlangsung dari seminggu hingga sebulan, atau beberapa bulan dan bahkan setahun. Di Inggris, pemerintah menyarankan universitas menjadikan magang sebagai bagian dari program gelar mereka.

 

Apakah magang dibayar?

Berbayar atau tidaknya perogram magang tergantung kebijakan dari perusahaan atau organisasi yang memberikan pekerjaan magang. Kebanyakan program magang itu tidak memberikan bayaran, karena tujuan dari magang adalah mendapatkan pengalaman kerja yang berharga, dan kemungkinan untuk diterima bekerja jangka panjang oleh perusahaan atau organisasi yang bersangkutan. Biasanya peserta magang tetap akan menerima biaya makan dan transportasi. Ada juga perusahaan dan organisasi yang memberikan bayaran bagi peserta magang. Sebelum memulai mencari lowongan magang, disarankan untuk mempelajari dulu hak-hak mahasiswa internasional sewaktu menjalankan program magang.

 

Baca juga:

4 manfaat dari magang ke luar negeri 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS