Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

Pentingnya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler saat kuliah

6529

Mengapa Universitas menyediakan banyak kegiatan ekstra kurikuler?

 
Berbeda dengan jaman dulu, dimana kuliah identik dengan prestasi dan gelar, universitas sekarang percaya bahwa kesejahteraan mahasiswa juga sangat penting. Mahasiswa yang menikmati masa kuliahnya akan menjadi mahasiswa yang lebih produktif, dibandingkan dengan yang stress karena beban kuliah. 
 
 

 
 

Pengalaman eks-kul dan prospek kerja

 
Mengikuti kegiatan ekstra kurikuler saat kuliah tidak hanya menambah kesenangan tetapi juga bisa membuka wawasan kita dan mempelajari keahlian-keahlian yang tidak diajarkan di ruang kelas, tetapi justru berguna saat kita memasuki dunia kerja nanti. 
 

 

 
 
Dengan berpartisipasi dalam kegiatan eks-kul mahasiswa akan terlatih untuk bergaul, bersosialisasi, dan berbaur dengan kebudayaan yang berbeda-beda. Keahlian ini sangatlah penting terutama bagi mereka yang ingin berkarir di bidang yang banyak berinteraksi dengan orang, misalnya bisnis dan manajemen.
 
 

 

 

 

 
 
Itulah sebabnya mengapa universitas-universitas jaman sekarang menyediakan banyak perkumpulan, klub dan kegiatan ekstra kurikuler lain bagi para mahasiswa mereka. Mereka ingin para mahasiswa memanfaatkan waktu luang dengan lebih bermakna. Apalagi di jaman sekarang, dimana dunia kerja menuntut keseimbangan antara pengetahuan dan keahlian praktikal.
 
Perusahaan menginginkan karyawan yang ahli dalam bidang kerjanya, sekaligus memiliki keahlian untuk bekerjasama dengan orang lain, memiliki keahlian komunikasi yang bagus, mandiri, punya inisiatif dan kreatif. Universitas-universitas tentu saja ingin meningkatkan reputasi mereka dengan menghasilkan alumni-alumni yang berbobot dan siap terjun ke dunia kerja. Oleh karena itu, selain menyediakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan tebaru di dunia kerja, mereka juga menyediakan berbagai kesempatan bagi para mahasiswa mereka untuk membina keahlian-keahlian yang diperlukan di dunia kerja.
 
Laura Yeates, Graduate Recruitment And Development Manager dari Clifford Chance Llp memberikan informasi sebagai berikut: “ Kami sangat tertarik dengan kandidat yang menyertakan contoh-contoh mengenai kemampuan mereka untuk membina hubungan yang baik antar sesama, memimpin dan mengatur proyek, serta bisa mengatasi berbagai masalah secara kreatif. Pengalaman-pengalaman yang didapatkan dengan keterlibatan dalam perkumpulan mahasiswa, klub olahraga ataupun kegiatan sukarela dan kegiatan ekstra kurikuler lainnya bisa memberikan mereka bahan untuk menunjukkan potensi mereka dalam surat lamaran kerja, sehingga mereka terlihat lebih unggul dari kandidat lainnya. Apalagi jika mereka terlibat dengan posisi yang penting dalam suatu klub, itu akan lebih luar biasa lagi.”
 
 

Mulai dengan Orientation Day

 
Biasanya setiap universitas mengadakan minggu orientasi bagi para mahasiswa baru mereka. Di minggu orientasi inilah berbagai kegiatan ekstra kurikuler diperkenalkan. Mahasiswa diperkenankan untuk mengikuti lebih dari satu klub atau perkumpulan. Pilihlah klub atau perkumpulan yang sesuai dengan minat Anda dan yang bisa menunjang bidang kuliah Anda. Akan lebih baik terlibat aktif dalam satu atau dua klub daripada hanya menjadi anggota pasif dari banyak klub. Tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan jadwal kuliah Anda. Aturlah waktu dengan baik agar kegiatan ekstra kurikuler Anda tidak mengganggu kuliah Anda.
 
 

Contoh-contoh kegiatan ekstra kurikuler yang bisa diikuti semasa kuliah

  • membantu di perkumpulan mahasiswa
  • menjadi wakil kelas atau asrama
  • menjadi duta mahasiswa untuk universitas Anda
  • bergabung dengan klub stasiun radio atau surat kabar universitas (Anda bisa memilih sesuai dengan minat atau bidang kuliah. Misalnya Anda mengambil Jurusan Creative Writing, maka Anda bisa memilih bergabung dengan klub surat kabar atau klub lainnya yang bersangkutan)
  • mengikuti kerja sukarela di kampus atau di area setempat
 
University of Otago Language Centre and Foundation Year (UOLCFY) di Dunedin, Selandia Baru menyelenggarakan banyak kegiatan menarik bagi para mahasiswanya. Para mahasiswa dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, pertandingan seru dan travelling yang diadakan universitas:
 
 

 

Friday Activity - Rock Climbing 

 

 

 

 
Turnamen Soccer

 

 

 

 
Mendayung

 

 

 

 

Cupcake Competition

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Culture Quiz Night

 

 

 

 

 

 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
dan masih banyak lagi kegiatan menarik lainnya. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan eks-kul, kamu bisa menambah teman, lebih akrab dengan dosen dan staf universitas, membangun koneksi yang berguna untuk masa depan, menambah wawasan, mengenal berbagai kebudayaan. Semua ini adalah kriteria-kriteria yang penting untuk dapat sukses di lapangan kerja, baik itu kerja di perusahaan, atau memulai usaha sendiri. 
 
it's not what you know, but who you know

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 
 
 
Nah, rugi kan kalau gak ikutan kegiatan eks-kul semasa kuliah?
 
 
 
 
 

 
 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS