Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

Semester pertama mahasiswa baru

1330

Semester pertama merupakan awal kehidupan Anda sebagai mahasiswa. Di luar negeri mahasiswa baru dikenal dengan istilah freshers. Seperti apa ya kehidupan mahasiswa baru di luar negeri? Kejadian menarik apa saja yang menanti? Pengalaman tiap mahasiswa baru tentu saja berbeda-beda. Berikut ini adalah gambaran mengenai apa saja yang mungkin Anda alami sebagai mahasiswa baru di semester pertama.

 

Minggu Orientasi

Pertama-tama, Anda tentu akan disambut dengan minggu orientasi. Disini, Anda akan dikenalkan dengan segala hal mengenai prosedur pembelajaran, metode penilaian, hingga semua yang bersangkutan dengan kampus Anda, misalnya kantor apa saja yang tersedia untuk membantu Anda, fasilitas-fasilitas apa saja yang tersedia dan lain-lain.

 

Salah satu yang menarik di minggu orientasi tentu saja Anda bisa melihat klub-klub dan perkumpulan apa saja yang tersedia di universitas. Klub-klub ini akan mengenalkan aktifitas apa saja yang biasa mereka adakan. Anda bisa memilih sesuai dengan minat Anda. Klub merupakan tempat untuk mencari teman baru dan mempelajari berbagai keahlian yang tidak bisa Anda dapatkan di ruang kelas.

 

Berdasarkan hasil survei, ternyata lebih dari setengah mahasiswa menyatakan bahwa, bergaul dengan teman baru itu tidak sesusah yang mereka bayangkan. Tadinya mungkin ada yang mengkhawatirkan susah berteman dengan orang baru karena halangan bahasa, perbedaan kebudayaan, atau masih merasa malu-malu, tetapi ternyata mereka menemukan bahwa rekan-rekan mahasiswa baru lain cukup ramah dan tidak susah diajak bergaul.

 

Pindahan

Biasanya mahasiswa baru diberikan prioritas untuk menempati asrama dalam kampus, karena mereka masih asing dengan lingkungan sekitar. Tetapi ada juga yang memilih untuk tinggal di luar kampus. Semua ini tergantung dengan pilihan Anda. Jika Anda kuliah ke luar negeri dengan beberapa teman Anda, Anda bisa menyewa flat dan tinggal bersama-sama dengan teman Anda.

 

Saat ini, mungkin ada yang mengalami homesick. Terutama jika ini adalah pertama kalinya hidup terpisah dari keluarga. Anda mungkin mulai mengkhawatirkan tentang homesick sebelum Anda tiba di negara tempat Anda kuliah. Tetapi berdasarkan survei, sebagian besar mahasiswa baru mengakui bahwa, ternyata hidup terpisah dari keularga tidaklah seburuk dan sesusah yang mereka bayangkan sebelumnya. Ini dikarenakan ternyata kehidupan sebagai mahasiswa baru cukup sibuk. Pertama, mereka akan berkenalan dengan teman-teman baru, kemudian harus mencari tahu tentang keadaan sekitar, mulai mengikuti kuliah dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan dan kesibukan ini ternyata cukup membantu dalam membantu mereka dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan sebagai seorang mahasiswa baru.

 

Mengatur Anggaran

Salah satu yang bisa bikin Anda kagok mungkin adalah anggaran. Hidup di tempat baru bisa membuat Anda penasaran. Terutama jika Anda senang dengan kuliner. Mungkin akan banyak makanan yang menarik perhatian Anda. Anda bisa saja menghabiskan banyak untuk makanan. Atau banyak tempat yang menarik perhatian Anda. Selain itu bersosialisasi dengan teman-teman baru juga banyak membutuhkan uang.

 

Untuk itu, Anda perlu mengatur keuangan dengan baik, sesuai dengan anggaran bulanan Anda. Sebaiknya Anda membuat jatah yang jelas untuk setiap kebutuhan, dan jangan selalu menuruti keinginan Anda. Ini adalah saat yang baik untuk melatih kedisiplinan Anda. Jika Anda tetap membutuhkan dana lebih, Anda bisa mencari pekerjaan sambilan.

 

Merubah Jurusan

Setelah mengikuti kelas kuliah untuk beberapa kali, Anda mungkin akan menemukan bahwa, ya! Ini memang jurusan yang saya inginkan. Atau sebaliknya, Anda bisa juga kecewa ternyata jurusan pilihan Anda tidak semenarik yang Anda bayangkan. Saat ini Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengganti jurusan. Untuk itu, Anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai proses pemindahan jurusan. Anda bisa menghubungi departemen yang bersangkutan untuk membantu Anda dalam hal ini.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS