Informasi penting
Study abroad: Akomodasi Pelajar

AKOMODASI - 7 HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN

1407

BERIKUT ADALAH 7 PERTANYAAN PENTING YANG HARUS ANDA PERTIMBANGKAN KETIKA MEMUTUSKAN UNTUK MEMILIH AKOMODASI DENGAN KATERING ATAU TANPA KATERING. PASTIKAN ANDA MEMBUAT PILIHAN TEPAT UNTUK KEHIDUPAN MAHASISWA ANDA.

Jika Anda sudah menemukan universitas impian Anda, dan diterima masuk disana sekarang saatnya Anda untuk menentukan dimana Anda akan tinggal. Kebanyakan Universitas akan menawarkan mahasiswa internasional akomodasi dengan pilihan termasuk katering (catered) ataupun tanpa katering (self-catered).

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan untuk dipertimbangkan ketika memilih antara akomodasi dengan katering maupun tanpa katering:

 

APA ANDA INGIN MEMASAK SENDIRI?

Jika Anda memilih akomodasi tanpa katering maka Anda harus memasak sendiri. Masak apa? Jangan khawatir, banyak situs khusus mahasiswa dan buku resep yang bisa memberikan Anda ide. Terkadang memasak untuk diri Anda dan teman flat Anda dapat menghemat biaya, dan juga dapat menjadi kesenangan sendiri. Mungkin sebelumnya Anda tidak sadar ternyata memasak itu menyenangkan. Apalagi kalau dilakukan bersama teman-teman.

Akan tetapi, jika Anda tidak menyukai memasak atau sangat tidak bisa memasak (misalnya Anda sering menghanguskan makanan yang Anda buat), maka lebih baik Anda memilih akomodasi dengan katering dimana semua makanan telah disiapkan untuk Anda.

 

APAKAH ANDA ALERGI TERHADAP SALAH SATU JENIS MAKANAN? APAKAH ANDA SANGAT PEMILIH DALAM HAL MAKAN?

Jika Anda memiliki persyaratan makan khusus maka memasak sendiri adalah pilihan yang lebih baik. Ini termasuk jika Anda alergi terhadap sesuatu bahan makanan, vegetarian atau Anda pemilih dalam urusan makan. Walaupun akomodasi dengan katering juga menyiapkan makanan khusus untuk mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus, tetapi ini berarti menu makanan Anda akan terbatas. Bicarakan dengan penyedia makanan Universitas Anda dan tanyakan mereka daftar menu apa saja yang bisa mereka sediakan. Jika terlalu sedikit atau tidak menarik maka akomodasi tanpa katering merupakan pilihan terbaik untuk Anda (tentunya jika Anda dapat memasak sesuai kebutuhan makan Anda).

 

SEBERAPA FLEKSIBEL JADWAL ANDA?

Dikarenakan katering disediakan untuk lebih dari 100 mahasiswa, jadwal makan sudah ditentukan. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk mengikuti beragam klub dan mengambil banyak aktifitas ekstrakurikuler, maka jadwal katering bisa bertabrakan dengan jadwal kehidupan sosial Anda.Tetapi jika Anda bisa mengantisipasi jadwal makan Anda; misalkan sarapan pagi tersedia dari 7:30 – 9:00 Anda dapat bangun pagi dan menyelesaikan sarapan Anda lebih awal dan masih banyak memiliki waktu sepanjang hari ketimbang Anda menghabiskan waktu Anda di tempat tidur. Jika Anda merasa akan sering melewatkan jadwal makan maka Anda harus memikirkannya apakah masih cocok atau Anda akan menghabiskan uang untuk makanan yang tidak Anda makan?

 

APAKAH ANDA MENYUKAI AKOMODASI YANG RAMAI ATAU YANG LEBIH TENANG? 

Akomodasi dengan katering biasanya berupa satu blok kamar single untuk lebih dari 100 mahasiswa, area makan dan area bersama, sementara akomodasi tanpa katering biasanya dipisahkan menjadi beberapa flat lebih kecil untuk 3-15 mahasiswa, yang memiliki dapur bersama dan terkadang area bersama yang lebih kecil. Beberapa mahasiswa dapat merasa kuatir bila bersama dengan banyak orang seperti di area makan, dan cenderung lebih ingin bersama grup yang lebih kecil seperti di flat. Akan tetapi, kesulitan bersama dengan grup kecil adalah menemukan seseorang yang cocok dengan Anda, sementara di area makan yang luas Anda dapat menemukan banyak teman dengan lebih mudah.

 

BAGAIMANA UNIVERSITAS MENGATUR PEMBAGIAN KAMAR AKOMODASI?

Universitas terkadang memiliki kebijakan bagaimana mereka menempatkan mahasiswa internasional mereka; terkadang mereka menempatkan dua mahasiswa yang berasal dari negara  yang sama di flat yang sama, dan beberapa lainnya memisahkan mahasiswa internasional untuk mendorong integrasi. Jika mereka menempatkan mahasiswa dari negara yang sama, maka Anda dapat memikirkan bila Anda ingin tinggal dengan seseorang dari negara Anda. Ini dapat membantu jika Anda rindu dengan rumah, kuatir dengan perbedaan budaya ataupun tidak percaya diri berkomunikasi dengan bahasa asing. Akan tetapi, dengan tinggal bersama pengguna bahasa asing yang digunakan di universitas Anda, Anda dapat belajar lebih cepat, dikarenakan Anda akan terpaksa menggunakan bahasa tersebut setiap saat. Akomodasi dengan katering memiliki banyak orang yang dapat Anda pilih, jadi akan selalu menjadi pilihan Anda untuk memilih dengan siapa Anda bersosialisasi, internasional ataupun tidak.

 

DIMANA LETAK AKOMODASI?

Bergantung pada universitas, Anda dapat menemukan hanya satu tipe akomodasi yang dekat dengan anda kuliah. Beberapa universitas memilih untuk menempatkan akomodasi dengan katering dan tanpa katering dalam blok yang sama, dan beberapa universitas memisahkannya; jadi pastikan Anda tidak harus jalan kaki selama 30 menit sementara teman Anda hanya harus berjalan 5 menit. Gunakan situs universitas untuk mencari tahu dimana akomodasi Anda akan berada.

 

BERAPA BIAYA YANG HARUS DIPERSIAPKAN?

Akomodasi dengan katering, jika dibandingkan biayanya, terlihat lebih mahal, tetapi Anda harus perhatikan bahwa biaya tersebut termasuk dengan makanan paling sedikit dua kali sehari. Sebenarnya ini akan lebih murah jika Anda tidak berpikir bahwa Anda akan dapat berbelanja dengan murah untuk makanan Anda jika Anda berencana untuk memasak. Jadi pikirkan serealistis mungkin tentang apa yang Anda akan masak. Mungkin Anda perlu pergi ke supermarket online dan mencoba berbelanja untuk makanan Anda selama satu minggu dan Anda bisa bandingkan biayanya dengan akomodasi dengan katering. Apakah akomodasi tanpa katering tetap terlihat lebih murah?

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS