Informasi penting
Study abroad: Akomodasi Pelajar

FAQ SEPUTAR AKOMODASI DI LUAR NEGERI

1096

BAGAIMANA UNIVERSITAS-UNIVERSITAS MENJAWAB PERTANYAAN YANG PALING SERING DIAJUKAN OLEH MAHASISWA INTERNASIONAL MENGENAI AKOMODASI? BACA SELENGKAPNYA DI BAWAH INI...

Ada banyak pertanyaan yang sering diajukan oleh mahasiswa internasional mengenai akomodasi di universitas. Hal ini seringkali tergantung pada gaya hidup dan anggaran dari masing-masing mahasiswa. Tidak semua orang menyukai kehidupan yang ramai, sedangkan beberapa diantaranya sangat senang terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan asrama kampus.

Berikut ini adalah universitas-universitas yang kami wawancarai mengenai bagaimana mereka memberikan jawaban bagi mahasiswa internasional yang menanyakan hal akomodasi:

Setiap universitas menekankan hal yang berbeda, sehingga cara menjawab pertanyaannya pun bervariasi:

 

BERAPA BIAYA SEWA KAMAR?

The University of Technology, Sydney: Akomodasi dalam kampus dapat berkisar antara $164/minggu untuk kamar 2 orang di  Bulga Ngurra hingga $355/minggu di studio besar di Yura.

Sedangkan untuk akomodasi luar kampus, tergantung area tempat tinggal. Jika di Sydney yang biaya hidupnya lebih tinggi, kamar satu orang (dengan fasilitas kamar mandi di dalam kamar) bisa sekitar $450 ke atas (per minggu). Jika untuk apartemen atau rumah sewa, biaya sewa dimulai dari $200 per minggu (termasuk biaya listrik dan lain-lain).

University of Hawai'i at Hilo: Tergantung asrama. Ada beberapa asrama yang menawarkan kamar gabungan dan lebih murah. Ada pula asrama yang menawarkan kamar 1 orang dengan kamar mandi bersama, dan lebih mahal. Untuk melihat harga sewa untuk 2013-2014 silahkan lihat di daftar berikut ini: http://hilo.hawaii.edu/housing/documents/roomrates.pdf

Bournemouth University: Daftar harga akomodasi (per minggu) di BU adalah sebagai berikut:

Kamar Standar – mulai dari £95
Kamar Premium - mulai dari £111
Studio flats – mulai dari £125.85
Kamar Unilet – mulai dari £80.47

 

DAPATKAH SAYA MEMILIH TEMAN SEKAMAR?

The University of Technology, Sydney: Alokasi kamar tergantung ketersediaan. Kami berusaha mengisi satu asrama dengan mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya, supaya mahasiswa kami dapat memiliki pengalaman hidup yang lebih berwarna. Kami juga mengelompokkan mahasiswa berdasarkan umur, dan jenis kelamin.

University of Hawai'i at Hilo: Kami mempertimbangkan permintaan mahasiswa mengenai teman sekamar, akan tetapi tidak menjamin permintaan tersebut dapat terpenuhi. Kami menyesuaikannya dengan ketersediaan kamar.

University of Bournemouth: Kami mengalokasikan kamar berdasarkan beberapa faktor: kampus, umur, jenis kelamin dan apakah mereka lebih suka tinggal di lingkungan yang tenang atau ramai.

 

FASILITAS APASAJA YANG TERSEDIA? APAKAH BIAYA SEWA TERMASUK BIAYA LISTRIK DAN LAIN-LAIN? 

The University of Technology, Sydney: 

Akomodasi dalam kampus:

Ranjang, tempat tidur, seprei, pelindung kasur, meja, kursi, lampu dan emari. Di area dapr bersama terdapat: meja, kursi, sofa, kulkas, microwave, ketel, pemanggang roti (toaster), kompor, wastafel. Biaya sewa termasuk biaya listrik, air, gas, internet (koneksi wi-fi terbatas). Mahasiswa dapat mengikuti berbagai aktifitas komunal secara gratis.

Akomodasi luar kampus:

Akomodasi di luar kampus tergantung oleh pihak yang menyewakan akomodasi. Biasanya mereka menyediakan tempat tidur, kasur dan lemari (kebanyakan juga menyediakan meja dan kursi).

Mengenai biaya sehari-hari (listrik, air dan lain-lain) yang termasuk dalam biaya sewa, harus ditanyakan langsung ke pihak yang menyewakan. Biasanya akomodasi yang ditempati lebih dari satu orang termasuk biaya listrik dan air.

 

University of Bournemouth: Asrama dalam kampus dilengkapi dengan Wi-Fi dan Ethernet, dan fasilitas ini gratis bagi semua mahasiswa. Semua biaya sehari-hari telah termasuk dalam biaya sewa. Biaya makan tidak termasuk dalam biaya sewa, dan harus dibayar terpisah. Akomodasi luar kampus sangat bervariasi, begitu juga dengan biayanya. Akan tetapi semua akomodasi luar kampus menyediakan koneksi internet.

 

BISAKAH SAYA PINDAH JIKA SAYA TIDAK COCOK DENGAN KAMAR YANG SAYA TEMPATI?

University of Bournemouth: Mahasiswa dapat mengajukan permohonan pindah akomodasi (walau tidak dijamin akan selalu dipenuhi). Kami akan mempertimbangkannya berdasarkan alasan mahasiswa dan ketersediaan akomodasi.

University of Hawai'i at Hilo: Kami mengijinkan mahasiswa untuk pindah jika keadaan memungkinkan (misalnya terdapat kamar kosong). Akan tetapi selama ini kebanyakan mahasiswa senang dengan alokasi kamar kami.

 

APAKAH SAYA PERLU MEMBELI ASURANSI KEPEMILIKIAN?

The University of Technology, Sydney: UTS Housing Service memberikan upaya terbaik dalam menjaga keamanan lingkungan, akan tetapi kami tidak bertanggung jawab secara finansial terhadap kehilangan, kerusakan atau barang yang dicuri. Jadi kami menyarankan Anda untuk memiliki asuransi kepemilikan, dan senantiasa mengunci pintu kamar atau apartemen Anda.

University of Bournemouth: Tidak perlu.

University of Hawai'i at Hilo: Tidak perlu. Biaya pemesanan kamar dan deposit telah termasuk premi asuransi (yang dapat ditambah jika mahasiswa menginginkannya). Sehingga, barang milik mahasiswa yang terdapat di asrama akan ditanggung oleh asuransi.

 

BISAKAH TAMU SAYA MENGINAP? BOLEHKAH KAMI MENGADAKAN PESTA?

The University of Technology, Sydney: Area akomodasi hanya dikhususkan bagi penghuni, dan kami tidak memperkenankan mahasiswa mengadakan acara di asrama kecuali 80% peserta acara adalah penghuni asrama UTS.  

University of Hawai'i at Hilo: Mahasiswa dapat menerima tamu dengan peraturan sebagai berikut – tamu hanya dapat tinggal 3 hari dan tidak lebih dari 5 hari dalam sebulan. Jika mahasiswa ingin mengadakan acara atau pesta, dapat menghubungi Residential Services.

 

Jika Anda tertarik dengan universitas-universitas di atas dan ingin mempelajari lebih lanjut, Anda dapat membaca halaman mereka, dan juga mengunduh prospektus, atau menanyakan pertanyaan lainnya.

 

Baca lebih banyak panduan mengenai akomodasi di situs Hotcourses Indonesia. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS