Informasi penting
Study abroad: Akomodasi Pelajar

MEMILIH AKOMODASI MAHASISWA DI LUAR NEGERI

775

Tempat tinggal yang nyaman dan aman mempengaruhi perkuliahan kamu di luar negeri. Untuk dapat kuliah di luar negeri tentunya menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Jadi pastinya ingin memanfaatkan waktu kamu sebaik mungkin di luar negeri bukan? Ikuti saran-saran di bawah ini untuk memilih akomodasi yang cocok buat kamu...

 

 

Akomodasi dalam kampus vs luar kampus

Akomodasi dalam kampus atau asrama biasanya menjadi pilihan bagi mahasiswa tahun pertama, yang belum familiar dengan orang dan lingkungan baru. Universitas di luar negeri umumnya menjamin mahasiswa internasional tahun pertama akan mendapatkan tempat di asrama, jika mereka mendaftar sebelum batas pendaftaran.

 

Tinggal di dalam kampus banyak manfaatnya. Kamu bisa menghemat biaya transportasi, karena cukup berjalan kaki ke kelas. Selain itu juga dekat dengan semua fasilitas kampus, tidak perlu takut untuk belajar hingga larut di perpustakaan atau laboratorium komputer yang biasanya buka 24 jam 7 hari. Selain itu asrama kampus biasanya mengadakan banyak acara, yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa baru supaya berkesempatan untuk bersosialisasi, dan berkenalan dengan mahasiswa baru lainnya.

 

Asrama kampus terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis en-suite lebih mahal, karena memiliki kamar mandi pribadi di dalam kamar. Sedangkan tipe lainnya harus berbagi kamar mandi, perlengkapan dapur dan ruang duduk/hiburan dengan teman-teman satu asrama (antara 4-12 orang).

 

Berbeda dengan Australia, akomodasi pelajar dalam kampus di Inggris dan Amerika lebih ramai karena kebanyakan mahasiswa tahun pertama tinggal di dalam kampus.

 

Akomodasi luar kampus lebih bervariasi, mulai dari apartemen, rumah hingga homestay. Biasanya universitas memiliki partner kerjasama dengan penyedia akomodasi mahasiswa luar kampus, untuk menjaga standar dan keamanan mahasiswa mereka. Kamu bisa mencari informasi dari international office universitas jika ingin tinggal di luar kampus. Mereka memberikan bantuan mulai dari memberikan informasi hingga bantuan meneliti kontrak sewa supaya mahasiswa tidak dirugikan.

 

Jika ingin merasakan kebudayaan warga setempat sewaktu kuliah di luar negeri, homestay adalah pilihan yang bagus. Universitas biasanya bekerjasama dengan keluarga-keluarga yang tinggal di sekitar kampus, yang bersedia menjadi tuan rumah homestay bagi mahasiswa internasional.

 

 

 

Memesan akomodasi di luar negeri sebelum keberangkatan

Jika kamu ingin tinggal di dalam kampus, hal ini sangat gampang, kamu tinggal menghubungi universitas tempat kamu terdaftar. Biasanya setelah pendaftaran diterima, universitas akan langsung mengirimkan informasi mengenai akomodasi dalam kampus dan luar kampus beserta estimasi biaya sewa.

 

Jika tidak, kamu bisa memanfaatkan internet untuk mencari akomodasi:

 

 

 

 

 

 

 

 

Hotcourses menyediakan sejumlah artikel mengenai panduan untuk akomodasi di luar negeri yang bisa kamu baca di sini.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS