Informasi penting
Study abroad: Akomodasi Pelajar

Memilih akomodasi yang tepat

825
Begitu menentukan universitas dan jurusan pilihan, maka selanjutnya adalah memilih akomodasi yang tepat. Pilihan akomodasi cukup banyak. Mulai dari asrama sekolah, kos mahasiswa, menyewa apartemen atau flat hingga homestay. Pilihan manakah yang lebih tepat untuk Anda?
 
Asrama mahasiswa memprioritaskan tempat mereka bagi para mahasiswa tahun pertama. Tetapi tidak semua mahasiswa baru memilih untuk tinggal di asrama. Sebagian orang memilih untuk menyewa apartemen dan flat dengan teman-teman mereka. Ada juga yang memilih untuk homestay dengan tujuan untuk lebih mengenal kebiasaan hidup dan kebudayaan setempat.
 
Berikut ini kami sertakan penjelasan untuk tiap pilihan:
 
Asrama kampus
 
Asrama kampus memiliki beberapa kelebihan. Lokasinya terletak di dalam kampus, jadi Anda bisa mengakses fasilitas kampus dengan lebih gampang. Misalnya Anda bisa belajar di perpustakaan atau menggunakan komputer di laboratorium komputer hingga malam. Suasananya juga masih suasana kampus, sangat ideal jika Anda ingin mendekatkan diri dengan rekan-rekan mahasiswa yang tinggal disana.
 
Kelebihan lainnya adalah biaya sewa sudah termasuk biaya lain-lain termasuk biaya air, listrik dan lain-lain. Jika terjadi kerusakan, ada pihak universitas yang membetulkannya untuk Anda. Anda tidak perlu mencari tukang sendiri.
 
Asrama kampus terdiri dari dua pilihan: asrama dengan layanan katering dan asrama tanpa layanan katering. Untuk asrama tanpa katering, akan disediakan fasilitas memasak komunal. Tetapi Anda harus membeli peralatan memasak dan perkakas makan. Sedangkan untuk asrama dengan layanan katering, fasilitas dapur lebih terbatas, karena makanan telah disediakan oleh asrama.
 
Asrama kampus juga menyediakan fasilitas kamar mandi dan ruang hiburan komunal, dimana Anda harus berbagi dengan orang lain. Tergantung universitas, ada juga yang menyediakan kamar asrama dengan kamar mandi di setiap kamar, tetapi tentu saja dengan harga yang lebih tinggi.
 
Kos Mahasiswa
 
Kos mahasiswa serupa dengan asrama kampus tetapi dikelola oleh pihak swasta. Anda bisa meminta bantuan kampus untuk mencarikan Anda kos yang sesuai. Kadang universitas juga memiliki hubungan kerjasama dengan kos mahasiswa.
 
Sebelum menentukan kos mana yang ingin Anda pilih, pastikanlah terlebih dahulu mengenai apa saja yang termasuk dalam biaya sewa. Apakah biaya sewa telah menanggung biaya lain-lain seperti air, listrik, telepon, gas dan lain-lain? Fasilitas apa saja yang tersedia, termasuk fasilitas dalam kamar dan fasilitas komunal.
 
Alasan mengapa mahasiswa memilih kos ketimbang tinggal di asrama adalah karena faktor lokasi. Kos mahasiswa biasanya berlokasi di tengah kota, sehingga lebih dekat dengan pusat perbelanjaan dan hiburan. Akan tetapi ini berarti mereka akan mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi ke kampus.
 
Akomodasi Privat
 
Akomodasi privat bisa berarti menyewa apartemen atau flat. Biasanya satu apartemen atau flat terdiri dari 2 hingga 3 kamar. Besar kamar tergantung masing-masing tempat. Ada juga kamar yang lebih kecil untuk satu orang, kamar sedang untuk 2 orang hingga 3 orang. Jika Anda memiliki beberapa orang teman yang Anda kenal, maka Anda bisa menyewa satu apartemen atau satu flat. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir untuk tinggal serumah dengan orang-orang tidak dikenal. Tentu saja juga tersedia pilihan menyewa kamar saja.
 
Pihak universitas biasanya bisa membantu Anda untuk menyewa akomodasi privat. Universitas biasanya memiliki daftar akomodasi privat yang mereka rekomendasikan.
 
Sama halnya dengan kos, sebelum menandatangani kontrak sewa, pastikan Anda menanyakan jelas mengenai apa saja yang termasuk dalam biaya sewa. Apakah apartemen tersebut disertai dengan furnitur atau tidak. Biasanya biaya sewa tidak termasuk biaya listrik, air, gas dan koneksi internet.
 
Homestay
 
Homestay berarti tinggal di rumah warga setempat. Kadang ada keluarga yang menyediakan kamar untuk mahasiswa. Untuk homestay juga ada pilihan dengan layanan katering atau tanpa katering.
 
Jika Anda memutuskan untuk homestay, kelebihannya adalah Anda bisa melatih bahasa asing Anda serta  mengenal kebiasaan dan kebudayaan setempat. Akan tetapi Anda perlu mematuhi peraturan dan mengikuti kebiasaan dari keluarga tersebut.
 
Pihak universitas juga biasanya memiliki daftar keluarga homestay yang mereka nilai layak untuk menerima mahasiswa internasional. Untuk hal ini, Anda bisa konsultasikan dengan pihak universitas.
 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS