Informasi penting
Study abroad: Akomodasi Pelajar

MENJALANI RAMADHAN DI LUAR NEGERI

561

Tinggal di luar negeri semasa bulan ramadhan bisa saja menjadi suatu tantangan, terutama di negeri di mana kaum Muslim adalah kaum minoritas. Akan tetapi menjalani ramadhan di negeri asing seringkali tidak seberat yang dibayangkan, malah sebaliknya, bisa menjadi pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Berikut ini adalah tips-tips dari Hotcourses:

 

Bergabung dengan asosiasi mahasiswa Muslim

Setiap universitas biasanya memiliki asosiasi mahasiswa Muslim (Muslim student association). Walaupun tidak ada, Anda juga dapat bergabung dengan asosiasi mahasiswa di universitas lain. Temui teman-teman sekitar dan penasihat mahasiswa jika Anda memerlukan informasi. Mereka akan membantu. .

 

Kunjungi forum-forum

Anda bisa menggunakan Google untuk mencari tahu jaringan-jaringan mahasiswa yang sedang menjalankan puasa. Jangan sungkan untuk bertanya apakah Anda bisa bergabung dengan mereka. Banyak perkumpulan sangat senang mendapatkan anggota baru.  .

 

Makanan bungkus siap saji

Tanyakan manajer kantin Anda apakah mereka bisa menyediakan mkanan siap saji selama bulan puasa untuk sahur (atau suhoor: sahur dalam Bahasa Inggris). Anda juga bisa menggabungkan sekelompok teman-teman yang sedang puasa untuk menunjukkan banyak yang membutuhkan makanan untuk sahur.

 

Puasa bersama

Puasa bersama teman-teman muslim lainnya – ini juga merupakan kesempatan untuk mencari teman baru. Mereka bisa saja menjadi keluarga Anda di negeri asing.

 

Masak bersama

Pengen makan Ayam Masak Merah atau Tomato Rice? Gak usah susah-susah mencari restoran yang menyediakan menu-menu tersebut. Masak saja bareng teman-teman. Sangat menyenangkan membeli bahan masakan bersama, masak bersama dan berbuka puasa bersama. Jika ternyata kalian cukup ahli dalam memasak masakan muslim, bisa loh mempertimbangkan membuat katering muslimah. Seru kan bisa nambah pemasukan.

 

Waktunya mengenal Islam lebih lanjut

Ramadhan itu bukan hanya puasa kan? Juga bulan untuk lebih taat beribadah. Mengapa tidak memanfaatkan bulan ini untuk mengadakan sesi membahas Al-Quran bersama teman-teman seagama? Atau ke masjid dan tarawih bersama? Nonton DVD sejarah dan dokumentari Islam juga merupakan cara yang baik untuk mengerti Islam sekaligus berteman loh.

 

Skype!

Ingin berbuka bareng keluarga yang lagi nun jauh di sana? Bukan tidak mungkin! Skype aja. Walau tidak bisa bertemu secara fisik, Skype adalah cara terbaik untuk dekat dengan keluarga.

 

Ingin mencari  beasiswa di luar negeri?

 

Jangan lupa mengunduh  prospektus resmi universitas luar negeri secara gratis!. Di dalamnya mengandung berbagai informasi penting mengenai kuliah di luar negeri, mulai dari program kuliah hingga pembiayaan kuliah. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS