Informasi penting
Study abroad: Akomodasi Pelajar

Seputar asrama kampus

1278
Biasanya mahasiswa tahun pertama memilih untuk tinggal di asrama dalam kampus. Alasannya adalah karena masih belum terlalu mengenal lingkungan sekitar kampus, seperti lokasi, sarana transportasi dan lain-lain. Jika tinggal di kampus, mereka bisa pelan-pelan mengenal lingkungan sekitar, setelah itu tahun kedua baru pindah ke akomodasi luar kampus.
 
Kadang universitas memiliki lebih dari satu gedung asrama, atau bisa juga memiliki asrama di luar kampus, tetapi tentu saja masih berada di lokasi dekat kampus. Biasanya jarak antara asrama luar kampus menuju ke kampus bisa ditempuh dengan berjalan kaki.
 
Di tahun pertama kuliah, dimana jadwal kuliah masih lebih padat, kelebihan dari tinggal di asrama kampus adalah karena jaraknya yang dekat. Anda bahkan bisa beristirahat di asrama di selang waktu antar kelas yang satunya dengan kelas yang lain. Anda tidak perlu bangun lebih pagi karena harus naik transportasi umum ke kampus. Tinggal di asrama berarti juga Anda akan bisa mengakses fasilitas kampus dengan lebih gampang, misalnya ke perpustakaan, laboratorium komputer, kolam renang dan lain-lain. Selain itu, tinggal di dalam kampus tentu saja lebih aman.
 
Jika Anda telah memutuskan untuk tinggal di asrama kampus, daftarlah sesegera mungkin karena tempat terbatas. Jika Anda telat mendaftar bisa saja Anda tidak akan mendapatkan tempat, atau pilihan yang Anda inginkan sudah tidak tersedia. Misalnya Anda ingin tinggal di kamar single, tetapi yang tersedia tinggal kamar sharing.
 
Sebagian orang memilih untuk tidak tinggal di asrama karena mereka risih harus berbagi kamar mandi atau fasilitas lain dengan orang lain. Tetapi sebagian orang juga merasa ternyata tidak serisih yang dibayangkan. Kamar mandi di asrama cukup bersih dan nyaman. Selain itu ada petugas yang membersihkan kamar mandi, sehingga Anda tidak perlu membersihkan sendiri. Begitu juga dengan fasilitas lain seperti dapur dan ruang duduk.
 
Harga asrama tergantung dari fasilitasnya. Tentu saja asrama dengan fasilitas yang lebih lengkap akan lebih mahal dari asrama yang hanya memiliki fasilitas dasar. Lengkap atau tidaknya fasilitas tergantung gaya hidup masing-masing. Anda perlu mempertimbangkan kembali apakah fasilitas tambahan yang disediakan oleh asrama diperlukan oleh Anda. Jika ternyata tidak, Anda bisa memilih asrama lain dengan fasilitas dasar tetapi dengan biaya sewa yang lebih murah.
 
Baca juga:
 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS