Informasi penting
Study abroad: Akomodasi Pelajar

Akomodasi: Tinggal Di Asrama Universitas Luar Negeri

4335

Kenyamanan selama tinggal di luar negeri adalah hal yang sangat penting bagi pengalaman kuliah kamu. Pilihan jenis akomodasi bagi mahasiswa internasional sangat banyak. Namun, salah satu pilihan yang sangat diminati oleh mahasiswa baru adalah akomodasi asrama di kampus. Tinggal di asrama mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu pertimbangkan sebelumnya ketika memilih akomodasi kamu saat kuliah di luar negeri.

Hall of Residence atau asrama universitas merupakan fasilitas tempat tinggal bagi mahasiswa, khususnya pelajar internasional. Pada umumnya, kamu dapat mendaftar sebelum berangkat kuliah di luar negeri melalui international office universitas yang kamu pilih. Akomodasi yang ditawarkan di asrama universitas juga berbagai macam. Biasanya, universitas Amerika menempatkan setidaknya dua mahasiswa dalam satu kamar, sedangkan universitas Inggris menawarkan kamar single. Namun, setiap universitas menawarkan berberapa pilihan tipe kamar yang tentunya memiliki harga sewa yang berbeda-beda.

Tinggal di asrama universitas dapat menjadi pengalaman yang menarik. Khususnya untuk mahasiswa S1 baru, kamu bisa berkenalan dengan banyak teman sekampus di akomodasi asrama. Selain menambah wawasan kamu tentang gaya hidup dan budaya negara lain, asrama yang penuh dengan mahasiswa universitas dapat memberi suasana hangat dan suportif.

Glenys Nadia Sarwana, mahasiswa Fashion Institute of Technology di New York, Amerika Serikat menceritakan pengalamannya di asrama FIT. “Saya memang ingin tinggal di akomodasi kampus selama tahun pertama kuliah, karena menurut saya itu adalah suatu pengalaman unik dan penting bagi mahasiswa internasional. Saya bertemu dengan banyak teman-teman, dan setiap minggu asrama saya pasti mengadakan kegiatan ramai yang menyenangkan,” ujarnya.

Selain itu, fasilitas asrama terletak di dalam kampus universitas atau sangat dekat dengan kampus. Ini menjadi pertimbangan yang baik bagi kamu yang sering telat bangun untuk kelas! Akses cepat ke perpustakaan juga akan memudahkan sistem belajar kamu saat ujian. Satu faktor penting lainnya adalah sistem keamanan canggih yang diterapkan oleh universitas di akomodasi kampus mereka, yang membuat pelajar merasa lebih aman.

Namun, tinggal di asrama juga memiliki kekurangan juga. Glenys menambahkan, “Tinggal sekamar dengan roommate dari budaya yang sangat berbeda juga terkadang kurang nyaman. Standar kebersihan kalian belum tentu sama. Satu hal yang saya kurang suka dari asrama universitas adalah perabot rumah yang diberi seperti kasur, meja belajar dan lemari yang kecil dan kurang baik.” Kamar asrama memang cenderung kurang luas, dengan perabot seperlunya saja.

Monica Lauwrence, mahasiswa University of Edinburgh di Scotland, Inggris berkata, “Roommate asrama saya sangat menyenangkan, namun terkadang dapat menganggu fokus saya selama belajar.” Monica sempat tinggal sendiri di apartemen studio sebelumnya, dan berkata bahwa tinggal sendiri membuatnya merasa kesepian. Saat pindah ke asrama universitas, ia berkomentar bahwa teman-teman seasramanya selalu membantunya dan membuat suasana meriah.

Keuntungan dan kekurangan tinggal di asrama yang diceritakan oleh mahasiswa di atas belum tentu berlaku untuk pengalaman kuliah kamu karena setiap orang mempunyai gaya hidup dan belajar yang berbeda. Cobalah pertimbangkan apakah kamu akan merasa cocok tinggal di asrama. Pengalaman yang menarik ini dapat menjadi faktor besar dalam kepuasanmu kuliah di luar negeri, lho!

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC