Informasi penting
Study abroad: Keuangan

10 Beasiswa Unggulan Mahasiswa Internasional

4064

Kamu sedang mencari informasi beasiswa untuk kuliah ke luar negeri? Coba lihat 10 beasiswa unggulan ini dan cara pendaftarannya…

 

1. Fulbright Foreign Student Programme, Amerika

 

Beasiswa Fulbright mengikat perjanjian dengan lebih dari 155 negara di dunia. Beasiswa ini menanggung biaya penuh – biaya kuliah, tiket penerbangan, buku pelajaran, asuransi kesehatan dan biaya hidup.  

 

 

Tujuan dari beasiswa ini adalah mendorong mahasiswa internasional untuk kuliah pascasarjana di Amerika, dan untuk membantu mereka mendapatkan kesempatan pendidikan dan budaya di tahun pertama perkuliahan dan seterusnya.

Berhasil menjadi seorang Fulbrighter juga sudah pasti meningkatkan prospek karir mahasiswa internasional di masa depan. Mengapa? Karena proses seleksi Beasiswa Fulbright ini sangatlah ketat, dan hanya mahasiswa terbaik yang bisa mendapatkan beasiswa ini!

 

Cara mendaftar: Kunjungi situs resmi dan pilih negara asal kamu. Tanggungan beasiswa dan prosedur pendaftaran berbeda-beda untuk setiap negara. Biasanya, para pendaftar diminta untuk mengumpulkan personal statement, transkrip nilai pendidikan sebelumnya, ataupun nilai ujian bahasa Inggris. Beasiswa Fulbright ini sangat populer dan menarik banyak pendaftar. Walau demikian kamu tidak perlu terlalu pesimis, karena tersedia sekitar 4,000 beasiswa setiap tahun.

 

 

2. Rotary Peace Fellowship

 

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang ingin mengejar gelar master (S2) dalam bidang-bidang studi yang berhubungan dengan kedamaian, pencegahan dan penyelesaian konflik.

 

 

Beasiswa ini menanggung biaya kuliah, akomodasi dan biaya perjalanan. Beberapa universitas yang turut berpartisipasi dalam beasiswa ini adalah:

 

Cara Mendaftar: Kamu bisa mendaftar situs resmi Rotary Peace Fellowship. Dokumen-dokumen yang perlu disertakan adalah: CV, personal statement, transkrip nilai, surat rekomendasi, dan nilai ujian lainnya. Kamu juga harus telah memiliki gelar sarjana (bachelor) tiga tahun, dengan pengalaman kerja yang relevan (baik berbayar atau tidak berbayar). Selain itu, kamu juga perlu membuktikan keahlian kepemimpinan kamu. Jika kamu menguasai bahasa asing lainnya, itu akan lebih bagus lagi.

 

 

3. Chevening Scholarships, Inggris

 

Beasiswa Chevening dikelola oleh pemerintah Inggris, dan merupakan salah satu beasiswa yang paling bergengsi. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa yang berprestasi dan memiliki potensi kepemimpinan. Beasiswa ini menanggung biaya kuliah master satu tahun, biaya hidup, dan tiket pulang pergi ke Inggris, serta biaya lainnya.

 

 

Sekitar 700 beasiswa diberikan bagi para mahasiswa internasional asal 110 negara setiap tahunnya. Jumlah beasiswa yang diberikan berbeda-beda di setiap negara. India dan Cina adalah penerima utama dari beasiswa ini, dengan lebih dari 30 beasiswa untuk kedua negara ini.

 

Cara Mendaftar: Kunjungi situs resmi Chevening dan ikuti proses pendaftarannya. Ada banyak persyaratan yang perlu dipenuhi; pendaftar harus memiliki gelar sarjana, paling sedikit dua tahun pengalaman kerja di bidang studi pilihan mereka, dan menguasai bahasa Inggris dengan baik. Mahasiswa juga diminta untuk kembali ke negara asal untuk minimal dua tahun setelahnya. Terdapat sekitar 1,500 Beasiswa Chevening diberikan setiap tahun, di 144 negara.

 

 

4. Rhodes Scholarships, Inggris

 

Beasiswa Rhodes adalah salah satu beasiswa tertua di dunia (dan juga merupakan salah satu yang terbaik). Beasiswa ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk kuliah pascasarjana di universitas yang ternama di dunia - University of Oxford.

 

 

Beasiswa ini tersedia bagi para mahasiswa asal: Australia, Bermuda, Kanada, Jerman, Hong Kong, India, Jamaica & Persemakmuran Karibia, Kenya, Selandia Baru, Pakistan, Afrika Selatan, Amerika, Zambia dan Zimbabwe. Beasiswa ini menanggung biaya kuliah penuh, serta biaya hidup dan tiket penerbangan pulang pergi kelas ekonomi.

 

Cara Mendaftar: Setiap negara memiliki halaman pendaftaran khusus di situs resmi Rhodes. Pendaftar diseleksi berdasarkan keunggulan akademik, prestasi ekstrakurikuler, dan bukti dalam keahlian kepemimpinan dan kemanusiaan. Hanya 95 beasiswa diberikan setiap tahunnya, sehingga persaingan antara para pendaftar cukup sengit.

 

 

5. Endeavour Postgraduate Awards, Australia

 

Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa paling bergengsi dari Australia. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa internasional asal Amerika, Eropa, Karibia, Timur Tengah, Asia dan Pasifik, untuk mengambil gelar master atau PhD di semua jurusan di universitas di Australia.

 

 

Yang ditanggung oleh beasiswa ini adalah biaya kuliah penuh, biaya perjalanan, asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan (menanggung hingga $272,500 untuk biaya kuliah, $3000 per bulan untuk biaya hidup dan hingga $7000 untuk biaya perjalanan awal dan akomodasi).

 

Cara Mendaftar: Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi Endeavour Postgraduate Awards. Sewaktu pendaftaran beasiswa, pendaftar perlu menyertakan surat penerimaan dari universitas Australia. Kuota beasiswa per tahun tidak ditentukan. Akan tetapi, sejak tahun 2007, telah ada 4,306 orang mahasiwa yang berhasil mendapatkan beasiswa ini.

 

 

 

6. Australian Awards Scholarships, Australia

 

Beasiswa bergengsi lainnya dari Australia - Australian Awards Scholarships diberikan bagi mahasiswa yang ingin mengikuti perkuliahan tingkat sarjana maupun pascasarjana. Beasiswa ini menanggung biaya kuliah penuh, biaya perjalanan pulang pergi, biaya hidup dan asuransi kesehatan.  

 

 

Cara Mendaftar: Kunjungi situs resmi untuk informasi terbaru. Pendaftar haruslah berasal dari Asia, Pasifik, Timur Tengah atau Afrika (lihat daftar lengkap negara yang diterima di situs). Setelah kelulusan, mahasiswa internasional penerima beasiswa harus kembali ke negara asal.

 

 

7. Eiffel Excellence Scholarship Programme, Perancis

 

Eiffel Excellence Scholarship adalah beasiswa yang diberikan bagi para mahasiswa internasional yang ingin meraih gelar master atau PhD di universitas-universitas tertentu. Berbeda dengan beasiswa penuh lainnya, beasiswa ini tidak menanggung biaya kuliah, tetapi memberikan tunjangan bulanan (€1,181 untuk mahasiswa master dan €1,400 untuk mahasiswa PhD) dan menanggung biaya lainnya seperti biaya perjalanan dan asuransi kesehatan.

 

 

 

Cara Mendaftar: Kamu bisa mendaftar di situs Campus France. Beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi bidang studi: ilmu teknik/sains; ekonomi dan manajemen; serta hukum dan ilmu politik.

 

 

8. Swiss Excellence Scholarships, Swiss

 

Dikelola oleh pemerintah Swiss, beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa internasional dari lebih dari 180 negara, supaya mereka dapat mengenyam pendidikan pascasarjana di semua jurusan di universitas Swiss.

 

 

Beasiswa ini menanggung biaya kuliah, asuransi kesehatan, tiket pesawat dan biaya hidup bulanan.

 

 

Cara Mendaftar: Pilih halaman negara asal kamu di situs pendaftaran resmi. Jenis beasiswa dapat berbeda-beda tergantung negara asal pendaftar, begitu juga dengan persyaratan dan proses pendaftaran.

 

 

9. DAAD Scholarships, Jerman

 

Skema beasiswa paling bergengsi di Jerman – German Academic Exchange Service (DAAD) tersedia untuk mahasiswa internasional yang ingin meraih gelar pascasarjana. Beasiswa ini menanggung biaya hidup, biaya perjalanan dan kesehatan, serta biaya hidup setiap bulan, tergantung jenis beasiswa.

 

 

 

Cara Mendaftar: kunjungi database DAAD untuk melihat jenis beasiswa yang tersedia. Kamu juga dapat menyeleksi berdasarkan negara asal, jurusan dan tingkatan studi untuk menemukan pilihan yang cocok. Persyaratan dan proses pendaftaran tergantung jenis beasiswa yang ingin kamu daftar. Karena tersedia beragam jenis beasiswa, kesempatan untuk diterima juga lebih besar. Hingga saat ini, telah ada 50,000 mahasiswa internasional yang berhasil mendapatkan beasiswa ini.

 

 

10. Great Wall Programme, Cina

 

Great Wall Programme adalah beasiswa untuk mahasiswa internasional dari negara-negara yang sedang berkembang untuk kuliah ke Cina selama satu tahun, untuk semua tingkatan studi. Beasiswa ini menanggung biaya kuliah, akomodasi, biaya hidup bulanan, asuransi kesehatan dan biaya perjalanan internasional.

 

 

Cara Mendaftar: Kamu bisa mendaftar di Komisi Nasional UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation) di Indonesia

 

 

Beasiswa lainnya yang bisa kamu pertimbangkan…

 

 

Pengen dapat beasiswa tetapi masih bingung harus mulai darimana? Coba cek artikel-artikel ini:

Panduan paling lengkap meraih beasiswa

 

Checklist siap dapat beasiswa

 

15 pertanyaan beasiswa yang wajib kamu jawab

 

5 mental berbahaya penyebab gagal beasiswa

 

Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel tentang beasiswa kuliah ke luar negeri di sini.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS