Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Keuangan - Wajib dibaca

6 Biaya penunjang kuliah diluar biaya kuliah

8831

Kuliah memang memerlukan banyak biaya, selain biaya kuliah dan biaya hidup, ternyata masih ada biaya penunjang kuliah yang kadang lupa dianggarkan, atau ternyata melebihi perkiraan kita. Apa sajakah biaya penunjang kuliah itu? Mari kita simak lebih lanjut...

Buku Pelajaran

Setiap mata kuliah bisa saja memerlukan lebih dari satu buku pelajaran. Tertutama jika mata kuliah seperti sastra, mungkin Anda perlu membeli banyak novel. Tergantung negara dimana Anda kuliah, harga buku tentu saja berbeda-beda. Misalnya di Inggris, ada mahasiswa yang mengatakan bahwa memerlukan sekitar £100 setahun untuk biaya buku pelajaran politik dan sejarah. Harga buku juga tentunya berbeda-beda untuk tiap mata kuliah. Misalnya buku untuk mata kuliah hukum bisa lebih mahal dari buku mata pelajaran statistik. Untuk lebih jelas mengenai informasi tersebut, Anda bisa mengunjungi blog mahasiswa universitas pilihan Anda dan menanyakan kepada mereka.

Sebagai seorang mahasiswa tentunya tidak bisa mengikuti kuliah tanpa buku pelajaran. Jadi biaya ini tidak bisa ditiadakan. Kabar baiknya adalah biaya ini bisa dihemat. Anda bisa membeli buku bekas. Ada toko buku tertentu yang menjual buku bekas. Dan di papan pengumuman kampus juga ada pengumuman dari kakak kelas yang ingin menjual buku pelajaran yang tidak mereka pakai lagi.

Biasanya universitas akan mengadakan acara untuk menjual buku bekas. Acara ini bisa saja dikelola oleh perkumpulan mahasiswa. Jadi bagi yang ingin menjual buku-buku mereka bisa mengumpulkan buku tersebut dan mengisi data serta harga jual, setelah itu, perkumpulan mahasiswa akan menjual buku-buku tersebut. Begitu terjual, uang akan dikembalikan kepada pemilik buku tersebut. Jika Anda ingin membeli buku bekas, satu hal yang harus diperhatikan adalah edisi buku tersebut, jika edisinya terlalu jauh dengan buku yang direkomendasikan oleh dosen Anda, buku itu sudah tidak up to date lagi. Tetapi Anda bisa teteap membeli buku tersebut dan memfotokopi bagian yang tidak ada terdapat di buku edisi lama.

Solusi lainnya, Anda bisa meminjam buku pelajaran dari perpustakaan. Tetapi tentu saja ada batas waktunya, Anda tidak bisa meminjam sepanjang semester. Dan persediaan di perpustakaan terbatas, Anda harus berebutan dengan mahasiswa lain. Untuk buku pelajaran wajib tidak dianjurkan untuk meminjam di perpustakaan, sebaiknya Anda memiliki buku tersebut. Jika tidak tersedia buku bekas, Anda bisa membeli buku baru dan kemudian menjualnya begitu buku tersebut telah selesai dipakai.

Peralatan penunjang kuliah

Hal ini tergantung jurusan yang Anda ambil. Misalnya untuk jurusan Bisnis, Hukum dan yang bersifat teoritis lainnya, biasanya tidak diperlukan peralatan penunjang. Akan tetapi, untuk jurusan Desain, Tata Boga dan yang bersifat lebih praktikal, akan diperlukan biaya lebih untuk membeli peralatan yang dibutuhkan. Misalnya jurusan desain perlu membeli materi dan perkakas untuk membuat tugas (misalnya maket rumah untuk jurusan desain interior), jurusan tata boga perlu membeli peralatan memasak untuk praktek sewaktu pelajaran.

Mengenai kisaran biaya, Anda bisa menanyakan kepada pihak universitas, atau mengakses blog mahasiswa universitas tersebut dan bertanya kepada mereka. Kadang ada juga situs universitas yang menyediakan fasilitas chatting.

Biaya nge-print

Materi kuliah biasa disediakan secara online di jaringan komputer universitas. Anda perlu mencetak materi tersebut. File materi kuliah biasanya dalam format powerpoint. Anda bisa mengambil file tersebut di laboratorium komputer dan kemudian mencetaknya disana. Untuk mencetak dikenakan biaya. Jika di Malaysia biasanya dikenakan biaya 10 cent per halaman, di Inggris dikenakan biaya 5p per halaman untuk cetakan hitam putih.

Alternatif lainnya, Anda bisa menyimpan file tersebut dan mencetak sendiri di printer Anda. Biasanya para mahasiswa membeli printer sendiri, dikarenakan selain materi kulliah, mereka juga sering mencetak tugas, artikel, jurnal atau bahan lainnya.

Kunjungan Lapangan

Kadang ada pelajaran yang mengadakan kunjungan lapangan. Tergantung universitas, biaya ini kadang ditanggung kadang tidak.

Komputer

Universitas menyediakan fasilitas komputer beserta jaringan internet dan perangkat lunak. Akan tetapi akan lebih praktis jika memiliki komputer sendiri. Karena yang menggunakan komputer di laboratorium sangat banyak. Dan laboratorium komputer tidak buka 24 jam. Jika memiliki komputer sendiri tentunya akan lebih praktis.

Biaya Magang

Magang tidak selalu wajib, tapi kadang dijadikan sebagai persyaratan untuk menyelesaikan sebuah mata kuliah. Magang kadang dibayar, dan kadang tidak. Tergantung perusahaan tempat Anda magang.

Yang dimaksud dengan biaya magang adalah biaya transport dan biaya makan. Tempat magang tidak selalu berada di dekat tempat tinggal Anda. Selama magang berjalan, Anda tetap harus membayar uang sekolah. Akan tetapi ini tergantung juga dari perusahaan tempat Anda magang. Ada juga perusahaan yang menanggung biaya transport dan biaya makan Anda sewaktu magang.

Akan tetapi magang merupakan pengalaman kerja yang penting untuk Anda ambil. Hal ini akan menambah prospek kerja Anda setelah lulus nanti.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS