Informasi penting
Study abroad: Keuangan

8 TIPS DARI SPONSOR BEASISWA

9523

Telah mengirimkan begitu banyak permohonan beasiswa tetapi belum mendapatkan jawaban yang diinginkan? Berikut ini adalah tips dari sponsor beasiswa... 

 

#1 Pastikan Anda memenuhi syarat sebelum mendaftar

Banyak mahasiswa yang berpikir semakin banyak permohonan beasiswa yang dikirimkan, semakin besar kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Sehingga, seringkali banyak mahasiswa yang tidak melihat persyaratan dengan seksama. Para sponsor akan langsung menolak atau mengabaikan permohonan beasiswa jika ada syarata yang tidak dipenuhi. Jadi daripada membuang waktu untuk permohonan yang pasti tidak disetujui, lebih baik menggunakan waktu untuk mencari beasiswa yang sesuai.

 

#2 Isi formulir dengan lengkap

Artinya, jangan melewatkan bagian manapun sewaktu mengisi formulir. Jika ada pertanyaan tidak relevan, cantumkan dengan jelas, jangan tinggalkan jawaban kosong. Pastikan untuk menyediakan semua dokumen pendukung yang diperlukan seperti transkrip nilai, surat rekomendasi, essai, dan lainnya. Sebuah kesalahan kecil bisa berakibat fatal.

 

#3 Ikuti petunjuk

Ikutilah petunjuk dengan seksama dan jangan menambahkan segala sesuatu yang tidak diperlukan.

 

#4 Rapi, ringkas dan relevan

Gunakan pena yang tintanya jelas.Tampilan dari pendaftaran Anda penting untuk memberikan kesan yang baik. Jwablah pertanyaan dengan relevan, tanpa berbelit-belit. Ada banyak sekali permohonan beasiswa yang diterima sponsor, jadi memberikan jawaban yang ringkas dan relevan akan membuat mereka merasa terbantu. Ingat, kesan yang baik itu sangat penting.

 

#5 Tuliskan personal statement yang berkesan

Buatlah personal statement Anda semenarik mungkin. Masukan detail yang konkrit dan mendukung tentang pengalaman Anda. Jujurlah dan tunjukkan bagaimana Anda dapat membantu masyarakat jika Anda meneruskan pendidikan Anda. Jangan pernah meniru essai orang lain. Ini adalah kesempatan terbaik untuk menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya!

Baca juga 9 tips menyusun personal statement dan 8 hal yang perlu dihindari sewaktu menulis personal statement.

 

#6 Perhatikan deadline

Pastikan Anda telah mengirimkan pendaftaran beasiswa sebelum batas akhir pendaftaran. Sponsor tidak akan menerima pendaftaran yang telat dengan alasan apapun.

 

#7 Kirimkan pendaftaran Anda dengan pengiriman tercatat

Kirimkan pendaftaran Anda dengan pengiriman tercatat. Akan sedikit lebih mahal tetapi akan lebih aman bagi Anda. Cantumkan nama dan nomor telepon Anda di semua halaman formulir pendaftaran. Hal ini untuk berjaga-jaga jika formulir Anda hilang, maka masih ada kemungkinan ada yang mengembalikan formulir Anda.

 

#8 Cek ulang

Bacalah berulang-ulang pendaftaran Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan di dalamnya. Mintalah bantuan orang lain untuk memastikan Anda tidak salah menulis sesuatu. Jika Anda memiliki masalah, tanyakan pembimbing Anda dan mintalah bantuan.

 

Mulailah mencari beasiswa Anda disini. Atau baca pengalaman langsung dari Siti: Kunci mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

 

Baca juga:

Beasiswa, dermasiswa dan bantuan finansial lainnya

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana
TENTANG PENULIS