Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Keuangan - Wajib dibaca

BEASISWA, DERMASISWA DAN BANTUAN FINANSIAL LAINNYA

11566

Terdapat banyak jenis bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Salah satu yang paling umum adalah beasiswa. Selain itu juga terdapat banyak jenis bantuan keuangan lainnya yang akan dibahas di bawah ini...

 

Beasiswa Akademis

Beasiswa bisa menanggung hanya sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Banyak basis yang digunakan untuk memberikan beasiswa, misalnya yang paling umum adalah prestasi akademis, atau kontribusi yang telah diberikan pelajar terhadap komunitas lokal.

 

Sport scholarship

Atau disebut dengan ‘athletic scholarship’, diberikan bagi mereka yang memiliki keahlian atletik yang luar biasa. Di Amerika, beasiswa ini sangat umum, dimana olahraga universitas sangatlah popular dan dapat menjadi sumber penghasilan yang sangat besar melalui penjualan tiket, suvenir dan lain-lain.

Walau dinamakan sebagai sport scholarship, tidak berarti penerima beasiswa hanya perlu jago dalam bidang olahraga, mereka juga harus mempertahankan nilai akademis mereka. Jika tidak, maka beasiswa dapat saja dihentikan.

 

Dermasiswa

Dermasiswa atau bursary adalah bantuan keuangan yang diberikan oleh institusi atau kelompok akademis lain untuk membantu pendidikan mahasiswa. Di Inggris, sebutan ‘bursary’ lebih sering digunakan daripada ‘scholarship’.

Beda beasiswa dengan dermasiswa adalah, beasiswa seringkali diberikan berdasarkan prestasi akademis, sedangkan dermasiswa diberikan berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Jadi yang dipertimbangkan oleh insititusi pemberi dermasiswa adalah latar belakang finansial kandidat yang mengajukan permohonan dermasiswa. 

 

Fellowship

Pada jaman dulu, ‘fellowship’ adalah sebutan yang digunakan untuk mendeskripsikan kelompok individual yang diberikan kesempatan untuk bekerja sebagai rekanan untuk mengejar ilmu atau studi khusus.

Di banyak negara berbahasa Inggris, sebutan ini digunakan untuk menyebut mereka yang telah mencapai tingkat pendidikan tertentu, misalnya PhD.

Dalam bentuk bantuan finansial, Fellowship adalah bantuan dana bagi mahasiswa berprestasi untuk melakukan penelitian di suatu institusi. Untuk mendapatkan fellowship ini, mahasiswa harus mengajukan thesis mereka, apa yang ingin mereka pelajari dan mengapa penelitian tersebut berguna bagi bidang studi tersebut.

 

Grant

Yang membedakan ‘Grant’ dari beasiswa, dermasiswa dan fellowship adalah, grant diberikan oleh badan pemerintahan, baik itu adalah perusahaan negeri atau organisasi kepemerintahan.

Di Amerika, nilai grant ini akan dibayarkan kembali oleh mahasiswa penerima kepada badan yang memberikan begitu mereka lulus kuliah. Akan tetapi tidak semua grant harus dibayarkan kembali setelah lulus kuliah. Banyak juga grant yang diberikan secara cuma-cuma.

Grant dapat juga diberikan oleh perusahaan, yang mengharapkan mahasiswa tersebut akan bergabung dengan mereka setelah lulus kuliah.

 

Pinjaman

Pinjaman atau ‘loan’ untuk membantu mendanai kuliah sangat umum di luar negeri, misalnya di Amerika atau Inggris. Akan tetapi pinjaman tidak selalu dapat diberikan bagi mahasiswa internasional. Sama seperti pinjaman bank biasa, pinjaman ini harus dikembalikan dengan cara dicicil beserta bunga pada saat lulus kuliah.   

 

Hotcourses menyediakan halaman untuk pencarian Beasiswa. Mulai cari beasiswa di Hotcourses Indonesia sekarang juga!

 

Baca juga: 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS