Informasi penting
Study abroad: Keuangan

BEASISWA FULBRIGHT BAGI MAHASISWA INTERNASIONAL

3105

Merencanakan perkuliahan ke luar negeri memakan banyak waktu. Mulai dari memilih jurusan, universitas, hingga mempertimbangkan anggaran untuk kuliah. Biaya kuliah dan biaya hidup di luar negeri bisa cukup memberatkan. Oleh karena itu Program Beasiswa Fulbright memberikan bantuan bagi mahasiswa internasional, supaya impian kuliah ke luar negeri tidak kandas karena masalah biaya.

 

 

Apa itu Fulbright?

Fulbright adalah badan pertukaran internasional yang disponsori oleh pemerintah Amerika, untuk membantu mahasiswa Amerika kuliah ke luar, dan mahasiswa internasional untuk kuliah ke Amerika. Fullbright dioperasikan di lebih dari 155 negara, memberikan hampir 8,000 beasiswa setiap tahunnya bagi mahasiswa internasional, untuk tingkatan studi pascasarjana hingga doktorat.

 

 

Apa itu Program Beasiswa Fulbright?

 

 

Setiap program pendanaan dinilai secara teliti, dengan persyaratan dan kriteria yang berbeda-beda. Informasi lengkap dan terkini dapat dilihat di situs US Bureau of Educational and Cultural Affairs.

 

Berikut ini adalah beasiswa-beasiswa utama dari Fulbright bagi mahasiswa internaisonal yang ingin berkuliah di Amerika:

 

 

Fulbright Foreign Student Programme

Beasiswa ini memberikan mahasiswa internasional untuk mengadakan penelitian dan kuliah di institusi Amerika selama 6 bulan hingga 1 tahun. Pendaftar harus telah menyelesaikan gelar sarjana. Persyaratan masuk lainnya tergantung negara asal yang dapat dilihat di sini. Beasiswa ini diberikan bagi sekitar 4,000 mahasiswa internasional setiap tahunnya.

 

 

Fulbright Foreign Language Teaching Assistant Programme

Para lulusan baru dari jurusan Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dapat mempraktekkan teknik mengajar mereka di kolese dan universitas Amerika yang terakreditasi. Untuk dapat mengikuti program ini, pendaftar harus telah memiliki gelar sarjana atau setara. Persyaratan spesifik lainnya dapat dibaca disini.

 

 

Beasiswa lainnya

Fulbright juga bekerjasama dengan banyak negara, termasuk Indonesia untuk mendatangkan mahasiswa Indonesia ke Amerika. Daftar beasiswa khusus mahasiswa Indonesia dapat dilihat disini.

 

 

 

Pendaftaran  

Persyaratan mendaftar spesifik berbeda-beda berdasarkan negara asal. Pada umumnya harus mengumpulkan proposal penelitian atau studi dan alasan mengapa Fullbright perlu mensponsori dana pendidikan pendaftar.   

 

Sekilas tentang proses seleksi Fulbright:

 

 

Dokumen-dokumen identitas diri juga perlu diserahkan sewaktu pendaftaran, beserta transkrip nilai yang relevan. Pendaftaran dapat dikirimkan langsung ke Fullbright. Selain itu pendaftaran ke universitas di Amerika perlu dilakukan secara terpisah. Program kuliah yang diinginkan dapat dipilih disini.

 

 

Baca juga:

Mau dapat Beasiswa! Gimana Caranya?

Mendaftar Beasiswa – DOs & DON’Ts

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS