Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Keuangan - Wajib dibaca

BERHEMAT SEWAKTU KULIAH DI LUAR NEGERI

2411

Kuliah di luar negeri sudah pasti banyak manfaatnya. Selain mendapatkan pengalaman internasional, menambah wawasan, juga mempelajari banyak ilmu dan keahlian. Akan tetapi semua yang baik pasti perlu pengorbanan. Salah satunya adalah biaya yang cukup tinggi, apalagi jika dirupiahkan. Walau demikian, jangan jadikan faktor finansial menghalangi mimpi Anda untuk ke luar negeri. Berikut ini Hotcourses menuliskan beberapa tips untuk berhemat di luar negeri:

 

Berjalan kaki

 

 

Ketimbang menggunakan taksi, berjalan kaki bisa jauh lebih hemat; ini juga adalah cara paling mudah untuk mengenal kota dan mungkin kamu dapat menjumpai toko yang unik sepanjang perjalanan. Ditambah lagi, berjalan kaki sekurangnya 10,000 langkah setiap harinya adalah cara mudah untuk tetap sehat, tentunya ini memperkuat alasan untuk berjalan kaki.

 

Menggunakan alternatif lain untuk menelpon

 

 

Panggilan internasional sangatlah mahal, tetapi jangan jadikan biaya sebagai penghalang komunikasi antara kamu dan keluarga plus teman-teman di tanah air. Untuk mengemat biaya, manfaatkan kecanggihan teknologi dan internet untuk menelpon. Cobalah Skype untuk video call dan voice call murah, bahkan gratis! Jika orang tua belum terbiasa dengan teknologi, jangan lupa ajarkan mereka cara menggunakannya sebelum kamu berangkat kuliah ke luar negeri. 

 

Gunakan Kartu Diskon Pelajar

 

 

Bawalah terus International Student Identity Card (ISIC) karena kartu tersebut digunakan di lebih dari 120 negara di seluruh dunia dan menyediakan beragam diskon untuk bepergian, internet hot spot dan lain sebagainya.

 

Memasak sendiri

 

Makan diluar terkadang bisa mahal jadi cobalah belajar untuk memasak sendiri untuk berhermat.

 

Bertanya pada teman lokal 

 

 

Bertanya pada teman lokal dalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi dimana tempat untuk makan atau belanja yang termurah.

 

Catat pengeluaran 

 

 

Untuk mengatur pengeluaran setiap bulan, cobalah buat batas harian yang bisa belanjakan per harinya. Catatlah pengeluaran supaya kamu punya gambaran dan dapat menghitung apa yang bisa dihemat untuk bulan berikutnya. Ingat, gunakan uang dengan cermat. 

 

Acara gratis

 

 

Terkadang ada acara atau festival gratis yang dapat dikunjungi. Cobalah cari tahu jadwal acara atau festival yang diadakan dekat dengan lokasi tempat tinggal kamu.

 

Biaya hidup di luar negeri memang bisa lebih tinggi daripada di tanah air, apalagi banyak godaan seperti makanan, tempat belanja, hiburan, dan lain sebagainya. Asalkan kamu belajar mengendalikan diri, menghemat apa yang perlu dihemat, mengatur pengeluaran dengan cermat, masalah biaya bisa diatasi.

Butuh lebih banyak masukan? Baca juga Tips Berhemat: Kuliah ke Luar Negeri (Infografis) dan Tips Menghemat Pengeluaran dan Mencari Penghasilan Tambahan Sewaktu Kuliah. Jangan lupa, ada juga bantuan finansial bagi mahasiswa internasional seperti beasiswa dan dermasiswa

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana
TENTANG PENULIS