Informasi penting
Study abroad: Keuangan

KERJA SAMBIL KULIAH DI LUAR NEGERI

19125

INGGRIS

 

 

Untuk dapat bekerja di Inggris, Anda harus memiliki visa Tier 4, bukan Student Visitor Visa. Mahasiswa diijinkan untuk bekerja 20 jam per minggu sewaktu semester berjalan, dan bisa bekerja tanpa batas pada saat liburan.

 

Pasar kerja di Inggris cukup fleksibel dan banyak lowongan kerja, jadi mahasiswa internasional tidak akan susah menemukan pekerjaan. Menurut peraturan imigrasi Inggris, Anda bisa bekerja dengan mematuhi peraturan di bawah ini:

 

  • Maksimum 20 jam (baik berbayar atau sukarela) per minggu pada saat semester berjalan (masa disertasi 12 bulan untuk mahasiswa MSc juga dihitung sebagai masa semester)
  • Bekerja penuh waktu pada saat liburan
  • Anda tidak dapat menerima kontrak kerja permanen hingga Anda telah mengajukan permohonan ijin kerja (work permit), misalnya Tier 2.
  • Anda tidak diijinkan untuk menjalankan usaha sendiri (baik itu freelance, atau jasa konsultasi, dan membangun bisnis sendiri)
  • Anda tidak diijinkan untuk bekerja sebagai atlet profesional atau sebagai entertainer

 

Mencari kerja sambilan sebagai mahasiswa di Inggris

 

Terdapat ribuan kerja sambilan untuk mahasiswa di Inggris. Banyak universitas memiliki pusat karir dan penempatan kerja yang dapat membantu Anda menemukan pekerjaan.

 

Prospektus universitas akan menerakan fasilitas dan dukungan yang mereka sediakan bagi mahasiswa internasional. Anda dapat mengunduh prospektus universitas-universitas Amerika di sini:

 

 

Anda juga dapat mencari online di:

Student Jobs 4U 

Employment 4 students

StudentJob

Foreign Students

The Student Room

The Big Choice

Indeed UK

Fish4Jobs

Gum Tree

 

 

AUSTRALIA

 

 

Sama halnya dengan Inggris, visa pelajar Australia juga mengijinkan mahasiswa internasional untuk bekerja hingga 20 jam per minggu pada masa semester berlangsung, dan bekerja tanpa batas pada saat liburan. Jika Anda membawa keluarga, keluarga Anda juga dapat bekerja hingga 20 jam per minggu jika mendapatkan ijin kerja.

 

Ada beberapa cara untuk menemukan pekerjaan paruh waktu. Anda bisa memulai dari Student Employment Offices di college atau universitas Anda. Anda juga dapat memanfaatkan surat kabar harian. Lowongan kerja biasanya banyak diumumkan pada hari Rabu dan Sabtu. Surat kabar lokal juga memberitakan lowongan kerja di daerah tersebut.

 

Akan tetapi, cara paling populer untuk mencari kerja adalah melalui situs online. Anda dapat mencari informasi lengkap mengenai universitas-universitas Australia di sini

 

 

Atau, Anda dapat mencari pekerjaan melalui beberapa situs di bawah ini:

Gradcareers

Seek

Career One

Job Net

Jora

Byron

Career FAQs

Student Edge

 

 

SELANDIA BARU

 

 

Jika memiliki visa pelajar, mahasiswa dapat bekerja sambilan hingga 20 jam per minggu pada saat kuliah dan bekerja tanpa batas pada saat liburan. Periksalah visa Anda – visa Anda akan menerakan apakah Anda diijinkan untuk bekerja sambil kuliah di Selandia Baru.

 

Bekerja pada saat semester berjalan

 

Untuk dapat bekerja hingga 20 jam per minggu, Anda harus memenuhi salah satu dari tujuh persyaratan. Berikut ini adalah persyaratan umum:

  • Program kuliah Anda berdurasi minimal 2 tahun.
  • Perkuliahan tersebut bersangkutan dengan kualifikasi Selandia Baru yang termasuk dalam Kategori Migran Ahli.
  • Anda sedang mengikuti program Bahasa Inggris yang memenuhi persyaratan yang ditentukan Imigrasi Selandia baru.

 

Untuk informasi selanjutnya mengenai ketentuan untuk bekerja sambil kuliah, silahkan kunjungi situs Imigrasi Selandia Baru. Tergantung kondisi, mahasiswa bisa saja diijinkan untuk bekerja lebih dari 20 jam per minggu.

 

Bekerja bisa saja termasuk bagian dari perkuliahan Anda. Misalnya, program kuliah Anda termasuk beberapa jam pengalaman kerja, maka jam kerja ini adalah di luar dari batas 20 jam kerja per minggu.

 

Mahasiswa program master jalur penelitian atau program gelar doktor di institusi Selandia Baru dapat bekerja penuh waktu pada masa kuliah.

 

Bekerja pada masa liburan

 

Pada hari libur, mahasiswa dapat bekerja penuh waktu, jika program Anda berdurasi minimal 1 tahun akademis, dan bernilai 120 kredit atau lebih. Jika program kuliah Anda berdurasi 1 tahun akademis, tetapi kurang dari 120 kredit, maka Anda mungkin hanya bisa bekerja penuh waktu pada saat liburan Natal dan Tahun Baru.

 

Visa pelajar Anda akan menerakan ijin kerja (jika ada). Anda juga mungkin mendapatkan surat dari Imigrasi Selandia Baru yang menerakan bahwa Anda diijinkan untuk bekerja.

 

Jika Anda melanggar peraturan visa, penaltinya bisa saja berupa deportasi. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai hak-hak Anda, tanyakan langsung ke petugas imigrasi Selandia Baru, atau penasihat imigrasi berizin.

 

Universitas juga dapat membantu Anda untuk mencari informasi. Anda bisa melihat informasi lengkap dari universitas Selandia Baru di sini

 

 

 

AMERIKA

 

 

Selain mencari bantuan finansial dan beasiswa, salah satu cara untuk membiayai kuliah di Amerika adalah dengan bekerja sambil kuliah. Beberapa warga Amerika tidak dapat menyelesaikan perkuliahan mereka tanpa bekerja sambilan untuk menutupi biaya kuliah. Sayangnya, mahasiswa internasional tidak dapat langsung bekerja di Amerika, walau mereka memiliki visa pelajar. Akan tetapi Anda tidak perlu kecewa. Mahasiswa internasional dapat bekerja di dalam kampus sebelum mendapatkan ijin kerja di luar kampus.

 

Bekerja di kampus
 

Bekerja di kampus tidak memerlukan ijin kerja (work permit), sekalipun Anda adalah mahasiswa internasional. Selama memiliki visa pelajar yang sah, mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja di dalam kampus.

 

Pekerjaan dalam kampus meliputi membantu pekerjaan di meja penerima tamu. Bekerja di perpustakaan, atau merapikan taman kampus dan lain sebagainya. Bayaran untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut relatif rendah, tetapi cukup berarti untuk membantu Anda untuk membeli buku, atau makan makanan yang lebih bergizi.

 

Mahasiswa internsional diijinkan untuk bekerja 20 jam per minggu, baik di dalam maupun di luar kampus. Pekerjaan di luar kampus membutuhkan ijin kerja khusus mahasiswa. Ijin kerja ini dapat diperoleh setelah Anda menyelesaikan tahun akademis pertama.
 

Bekerja di luar kampus

 

Setelah menyelesaikan tahun akademis pertama, mahasiswa internasional dapat bekerja di luar kampus, jika mereka telah mendapatkan ijin kerja, di area yang berhubungan dengan bidang studi.

 

Caranya adalah, mahasiswa perlu mendatangi International Students Office di universitas, atau School’s Registrar’s Office, dan mereka akan memberikan formulir yang perlu diisi, serta memberikan penjelasan bagaimana mengajukan ijin kerja di luar kampus. Untuk mendapatkan ijin kerja, Anda memerlukan ijin dari universitas dan U.S. Citizenship and Immigration Services (USCIS).

 

Setelah mendapatkan ijin kerja, mahasiswa internasional juga dibatasi dengan 20 jam kerja per minggu pada saat semester berjalan, dan dapat bekerja penuh waktu pada saat liburan. Bekerja pada saat musim panas tidak hanya memberikan pemasukan yang lumayan, tetapi juga merupakan kesempatan bagus untuk mendapatkan pengalaman kerja.

 

Untuk informasi lengkap mengenai universitas di Amerika, silahkan unduh prospektus universitas di sini. Disana Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai dukungan dan fasilitas yang mereka sediakan bagi mahasiswa internasional, termasuk bantuan karir.

 

Dan untuk peraturan selengkapnya beserta formulir visa pelajar mahasiwa untuk college dan universitas di Amerika bisa Anda lihat di sini .

 

 

Malaysia

 

 

Mahasiswa internasional yang memasuki Malaysia dengan visa pelajar berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan berbayar.

 

Mahasiswa internasional hanya diijinkan untuk bekerja selama 20 jam per minggu, dan hanya untuk jenis pekerjaan tertentu pada saat liburan panjang. Jika Anda ingin bekerja sambil kuliah, Anda bisa berkonsultasi dengan petugas visa pelajar (Student Visa Officer) di International Office universitas.

 

Jika Anda melanggar aturan, misalnya bekerja tanpa ijin, visa pelajar Anda bisa dicabut. Mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja paruh waktu, dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Maksimal 20 jam per minggu, untuk pekerjaan paruh waktu pada saat:
  • Liburan semester (semester break)
  • Hari raya (tanggal merah)
  • Hari libur yang melebihi 7 hari

 

Mahasiswa internasional dapat bekerja di:

  • Restoran
  • Pom bensin
  • Mini market
  • Hotel

 

Mahasiswa internasional tidak diijinkan bekerja sebagai:

  • Kasir
  • Penyanyi
  • Pemusik
  • Tukang pijit
  • Petugas penerima tamu
  • Perbuatan imoral lainnya

 

Untuk dapat bekerja paruh waktu, mahasiswa internasional di Malaysia harus mengumpulkan:

  • Fotokopi paspor (halaman data dan Student Pass)
  • Alamat, nomor telepon dan surat dari pemberi kerja
  • RM 120.00 (biaya administrasi, tidak dapat dikembalikan)

 

Prosedur pengajuan ijin kerja adalah sebagai berikut:

  • Pengajuan ijin kerja harus disampaikan oleh Institusi Pendidikan yang mewakili mahasiswa, kepada Departemen Imigrasi Pusat Malaysia. Universitas harus melampirkan surat yang mengijinkan mahasiswa tersebut untuk bekerja, dan menyertakan tanggal libur.
  • Mahasiswa akan diwawancara sebelum pengajuan ijin kerja diterima/ditolak.
  • Paspor mahasiswa akan disahkan berdasarkan hasil yang diputuskan petugas imigrasi.
  • Direktur Jendral di Imigrasi Malaysia berhak menerima atau menolak pengajuan ijin kerja mahasiswa internasional, sesuai dengan bagian 9 (1) (a) Immigration Act 1959/1963 Amendment 2002.

 

Universitas adalah pihak yang sangat penting dalam membantu Anda untuk mendapatkan ijin kerja. Untuk mengetahui fasilitas dan dukungan universitas, unduh prospektus universitas-universitas di Malaysia dan lihat apakah mereka memberikan dukungan karir bagi mahasiswa internasional.

 

 

Butuh panduan lebih menyeluruh? 

 
Berikut ini adalah E-book gratis dari Hotcourses yang akan memberikan Anda semua informasi penting yang perlu diketahui (misalnya: budaya, pendaftaran universitas, visa pelajar, dan lain-lain). Anda dapat mengunduh langsung dengan meng-klik setiap gambar di bawah ini:
 

 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS