Informasi penting
Study abroad: Keuangan

MENCARI BEASISWA DENGAN CARA YANG TEPAT

4223

Ada begitu banyak beasiswa di database Hotcourses Indonesia. Tetapi, bagaimana cara menemukan beasiswa yang tepat dan mendaftarkan diri?

 

Mencari Beasiswa

Sebenarnya, banyak institusi pendidikan yang memberikan bantuan finansial bagi mahasiswa internasional – akan tetapi, karena banyak mahasiswa yang tidak mengetahuinya, bantuan finansial ini tersia-siakan. Sayang sekali bukan!

 

Mengapa universitas memberikan beasiswa? Pertama, tentu saja mereka ingin menarik mahasiswa berprestasi untuk berkuliah di tempat mereka. Alasan lainnya adalah untuk menambah diversitas populasi mahasiswa, dan juga membantu mahasiswa yang tidak mampu berkuliah ke luar negeri, sekaligus menambakan kesan bagus bagi reputasi universitas.  

 

Kebanyakan universitas akan mengumumkan bantuan finansial atau beasiswa di situs dan prospektus mereka. Anda dapat membaca beberapa jenis bantuan keuangan bagi mahasiswa (beasiswa, dermasiswa dan bantuan finansial lainnya).

 

Untuk mengetahui informasi mendetil mengenai universitas pilihan Anda, beserta informasi beasiswa yang ada, Anda bisa mengunduh prospektus resmi universitas di situs Hotcourses Indonesia. Caranya, Anda bisa meng-klik ‘UNDUH’ untuk mengunduh prospektus yang Anda inginkan.

 

 

 

 

 

Jika di dalam prospektus tidak tertera tentang informasi beasiswa, jangan kecewa dulu. Anda dapat menanyakan langsung ke institusi tersebut. Caranya adalah dengan meng-klik ‘MEMINTA INFROMASI’ seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini:

 

 

Jangan sungkan untuk menanyakan informasi kepada staf universitas. Ada banyak kelebihan jika Anda mengenal staf universitas. Mereka akan membantu Anda dengan senang hati, terutama jika Anda dapat menunjukkan keseriusan Anda.

 

 

Menanyakan beasiswa: Cara yang tepat

 

Setiap hari universitas menerima banyak pertanyaan dari mahasiswa internasional, terutama mengenai beasiswa – semua orang ingin kuliah ke luar negeri, terutama di institusi ternama. Sama halnya seperti perusahaan menyortir CV yang bagus dari yang tidak mereka inginkan sewaktu menyeleksi kandidat, universitas juga membedakan pertanyaan yang serius dengan yang tidak, dan memprioritaskan membalas pertanyaan dari kandidat yang lebih prospektif.

 

Terdapat beasiswa penuh bagi mahasiswa dari kalangan tidak mampu, tetapi berprestasi, dan bantuan finansial bagi mahasiswa dari kalangan ekonomi menengah, yang membutuhkan sedikit bantuan keuangan untuk dapat berkuliah ke luar negeri.

 

Jadi, bagaimana caranya supaya email Anda diperhatikan dan dibalas oleh staf universitas?

 

Jangan hanya menanyakan tentang beasiswa

Staf universitas akan mencari pertanyaan yang tidak hanya berfokus pada beasiswa. Ajukanlah pertanyaan yang lebih spesifik. Misalnya beasiswa untuk jurusan yang Anda minati. Tunjukkan Anda telah mencari informasi mengenai universitas tersebut dan berminat untuk kuliah di sana, akan tetapi memiliki beberapa pertanyaan. Misalnya tentang akomodasi, atau mengenai kurikulum jurusan (apakah ada program magang, jika ada berapa lama dan sebagainya). Sangat penting menunjukkan rasa antusias Anda (tetapi jangan berlebihan) bahwa Anda sangat ingin kuliah di bidang tertentu di universitas tersebut, tetapi sayangnya Anda memiliki kendala dalam masalah keuangan. Tapi sebelumnya pastikan prestasi yang Anda miliki layak untuk beasiswa.

 

Perhatikan nada bicara Anda

Gunakan bahasa yang halus dan sopan sewaktu berkomunikasi dengan staf universitas. Jangan meminta hal yang menyulitkan, seperti meminta universitas untuk mengirimkan informasi atau bahkan menelpon Anda. Hal ini tidak memungkinkan karena petugas universitas sangat sibuk. Pastikan juga Anda telah membaca prospektus atau situs universitas dengan seksama. Jangan tanyakan hal yang telah dicantumkan di prospektus atau di situs universitas. Hal ini akan membuat Anda terlihat tidak mandiri dan tidak profesional.

 

Jangan meminta belas kasihan

Benar, beasiswa ditujukan bagi mahasiswa dari kalangan yang membutuhkan bantuan keuangan. Tetapi semua itu membutuhkan proses, dan harus disesuaikan dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Jadi, beasiswa tetap tidak akan diberikan bagi mahasiswa yang tidak memenuhi syarat, walaupun keadaan mahasiswa itu sangat memprihatinkan. Lagipula meminta belas kasihan untuk mendapatkan beasiswa sangatlah tidak profesional. 

 

Sertakan informasi penting yang relevan

Beasiswa diberikan bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan keuangan dan berprestasi. Jadi, Anda perlu memberikan informasi mengenai prestasi yang Anda capai. Lampirkan juga transkrip nilai, sertifikat, penghargaan yang Anda terima. Pastikan semua itu relevan dengan jurusan yang Anda minati. Jangan memberikan dokumen yang tidak relevan. Staf pendaftaran universitas sangat sibuk. Menerima informasi yang tidak relevan bisa saja membuat mereka kesal.

 

Gunakan Bahasa Inggris yang baik

Yang menjadi kesan pertama dari email Anda tentunya adalah bahasa Inggris Anda. Jadi, pastikan Anda menggunakan grammar yang benar, hindari pengejaan yang salah, dan menjaga nada bahasa. Dan juga, tulislah email dengan singkat dan jelas. Hindari kalimat panjang dan bertele-tele.

 

Contoh email yang benar:

 

Hello, 
My name is Joe Brown. I am currently completing my undergraduate degree in Business at Full Sail University in the States.
I’m interested in studying the Human Resource Management and Business MSc with you at Aston University. I have a few questions about the module structure for the course, specifically which are mandatory and whether I would get to choose particular areas to focus on? Also how is the course assessed? Are there any specific scholarships for students from Middle Eastern countries?
Regards,
Joe Brown

 

Karakteristik:

  • Singkat dan jelas
  • Nada bicara formal tetapi ramah
  • Standar Bahasa Inggris yang bagus
  • Menyebutkan status mahasiswa internasional, sehingga staf universitas bisa mencarikan informasi beasiswa yang tepat
  • Pertanyaan spesifik dan jelas (struktur modul dan metode penilaian)
  • Pertanyaan beasiswa yang spesifik (mencantumkan negara asal dan jurusan yang diminati juga telah disebutkan sebelumnya)

 

 

Contoh email yang tidak benar:

My name Joe Brown. Pls send me all info about business course scholarships. I am very poor and need help.

 

Karakteristik:

  • Terlalu pendek
  • Informasi yang tidak mencukupi
  • Bahasa Inggris yang tidak tepat
  • Alasan yang meminta belas kasihan (‘I am very poor and need help’)
  • Bidang studi bisnis sangatlah luas, dan tidak mencantumkan secara spesifik jurusan apa yang diinginkan
  • Meminta staf untuk mencarikan informasi (‘Pls send me all info’), sehingga terkesan malas dan tidak menunjukkan keseriusan
  • Tidak ada salam penutup

 

 

Mencari beasiswa di Hotcourses Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunjungi halaman beasiswa kami dan pilih negara, jurusan dan jenjang pendidikan, seperti gambar di bawah ini:

 

 

Seperti gambar di bawah, Anda juga dapat melihat beasiswa berdasarkan jurusan, negara dan jenjang pendidikan:

 

 

Setelah meng-klik pilihan beasiswa, Anda akan dibawa ke halaman yang berisikan informasi ringkasan isi program, biaya kuliah, persyaratan masuk dan beasiswa yang tersedia, seperti gambar di bawah ini:

 

 

Siapa yang akan menjawab pertanyaan mengenai beasiswa? Lihat bagaimana international offices dapat membantu Anda:

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS