Informasi penting
Study abroad: Keuangan

MENDANAI BIAYA KULIAH KE LUAR NEGERI

927

Biaya kuliah ke luar negeri bisa saja sangat mahal, mulai dari biaya kuliah, akomodasi, visa pelajar dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa opsi untuk mendanai biaya kuliah kamu...

 

 

Keluarga

Berbeda dengan mahasiswa lokal Amerika, Inggris dan negara lainnya yang harus mencari pendanaan untuk perkuliahan mereka, kebanyakan mahasiswa internasional didanai oleh orang tua. Tentu saja ini tergantung pada keuangan keluarga. Tetapi jika berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi, tidak perlu cepat menyerah. Mungkin jika mengkomunikasikan niat kuliah ke luar negeri seawal mungkin, keluarga bisa menyesuaikan anggaran, supaya terdapat tabungan yang cukup untuk membiayai perkuliahanmu nanti.

 

Orang tua tidak menyetujui keputusanmu untuk kuliah ke luar negeri? Baca 4 tips untuk meyakinkan orang tua agar diperbolehkan untuk kuliah ke luar negeri.

 

 

Pemerintah

Pedidikan itu penting untuk memajukan suatu bangsa, sehingga biasanya negara mengalokasikan dana untuk membantu pelajar berprestasi menimba ilmu ke luar negeri, kemudian membawa ilmu tersebut kembali untuk diterapkan di negara asal. Selain itu juga banyak kesempatan pertukaran pelajar sebagai bentuk kerjasama antar negara untuk membina hubungan yang baik.

 

Sumber informasi yang bisa diakses bisa dicari di Google. Salah satu contohnya adalah Dikti, Dikbud, dan badan pemerintahan lainnya.

 

 

Pemerintah di luar negeri juga banyak memberikan beasiswa. Selain bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik antar negara, mereka juga ingin menarik para mahasiswa berprestasi untuk kuliah di negaranya. Banyaknya jumlah mahasiswa internasional yang kuliah di suatu negara meningkatkan popularitas negara tersebut sebagai destinasi kuliah. Ini merupakan pemasukan yang signifikan buat suatu negara, baik itu dari biaya kuliah, biaya makan, transportasi dan akomodasi yang dikeluarkan oleh mahasiswa internasional, selama 3 hingga 4 tahun.

 

Salah satu contoh yang populer adalah Program Fulbright dari pemerintah Amerika yang bertujuan untuk menarik mahasiswa internasional agar berkuliah di Amerika. Program ini membantu sekitar 8,000 mahasiswa internasional untuk dapat berkuliah di Amerika setiap tahunnya.

 

Jerman bahkan menghapus biaya kuliah bagi mahasiswa internasional. 8 institusi Jerman juga menawarkan bantuan keuangan bagi mahasiswa internasional.

 

Finlandia menanggung biaya kuliah mahasiswa internasional, tetapi tidak untuk biaya hidup. Informasi kuliah gratis ke negara Eropa lainnya dapat dibaca di sini.

 

 

Universitas

Universitas luar negeri juga banyak memberikan beasiswa bagi mahasiswa internasional. Setelah pendaftaran kamu diterima, kamu bisa menanyakan kepada universitas apakah ada beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa internasional. Terkadang pendaftaran masuk langsung dinilai kelayakan untuk beasiswa. Tetapi ada juga universitas yang mengharuskan pendaftaran terpisah untuk beasiswa. Lihat di sini untuk daftar lengkap beasiswa dari universitas di luar negeri.

 

 

Perusahaan

Jika kamu telah bekerja di suatu perusahaan atau organisasi, kamu dapat mencari informasi apakah mereka memberikan bantuan keuangan bagi karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Perusahaan-perusahaan tertentu mengirim karyawan mereka untuk kuliah di luar negeri setelah menandatangani perjanjian kerja selama waktu yang ditentukan.

 

 

Cara lainnya

Sekarang adalah jaman kreatif dan inovatif. Mungkin terdengar aneh, tetapi banyak mahasiswa membuat video atau situs untuk menarik perhatian supaya ada pihak yang tergerak hatinya untuk mendanai perkuliahan mereka ke luar negeri. Salah satu contohnya adalah video di bawah ini:

 

 

 

Baca juga:

Tips untuk meringankan beban finansial saat kuliah di luar negeri

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS