Informasi penting
Study abroad: Keuangan

Mengatur anggaran saat kuliah

1190
Walau kita semua tahu bahwa kuliah memerlukan biaya yang tidak kecil, mungkin ada sebagian mahasiswa baru yang masih tidak terlalu jelas mengenai biaya apa saja yang harus dikeluarkan sehari-hari. Berikut ini kami membuat daftar biaya yang perlu dikeluarkan sehari-hari untuk membantu Anda membuat estimasi anggaran Anda.
 
1. Materi kuliah
 
Materi kuliah bisa berupa buku-buku pelajaran, bahan-bahan untuk membuat proyek (jika Anda mengambil jurusan desain dan sejenisnya), atau peralatan-peralatan penunjang kuliah (misalnya stetoskop untuk mahasiswa kedokteran), biaya untuk fotokopi, membeli printer dan lain-lain. Banyak mahasiswa yang menyatakan bahwa mereka menghabiskan lebih banyak daripada yang diperkirakan untuk materi kuliah. Untuk menghemat biaya ini, Anda bisa mempertimbangkan membeli buku atau peralatan bekas.
 
2. Transportasi
 
Anda membutuhkan transportasi untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya. Tergantung negara tempat Anda kuliah, terdapat banyak opsi untuk menghemat biaya transportasi. Misalnya di Hongkong terdapat Octopus Card dan Inggris terdapat Oyster Card yang bisa membuat perjalanan Anda lebih praktis dan murah. Ada juga negara yang memberikan diskon khusus bagi para pelajar. Anda bisa mendapatkan informasi ini di universitas Anda atau di agen perjalanan terdekat. Kadang ada juga bank yang memberikan fasilitas kartu diskon transportasi bagi nasabah mereka.
 
3. Makan
 
Untuk makan kenyang dan sehat tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal. Kantin-kantin di kampus biasanya menyediakan makanan dengan variasi yang cukup banyak dan dengan harga terjangkau. Akan lebih baik dan hemat lagi jika Anda bisa memasak sendiri. Tentunya agak repot jika hanya memasak 1 porsi. Tetapi jika Anda bisa memasak bersama teman dan menikmati ramai2, maka biaya makan Anda bisa jauh lebih murah daripada makan di luar.
 
4. Hiburan
 
Kuliah tidak selalu hanya belajar dan belajar, Anda perlu meluangkan waktu untuk memanjakan diri dan menghilangkan stress. Anda bisa melakukan banyak hal dengan teman-teman, misalnya menonton, menghadiri acara kampus dan lain-lain. Kadang ada tempat hiburan tertentu seperti bar dan bioskop yang memberikan diskon khusus bagi pelajar.
 
5. Biaya-biaya
 
Jika Anda tinggal di asrama sekolah, biaya gas, listrik, internet dan air biasanya sudah termasuk dalam biaya sewa Anda. Tetapi tidak demikian jika Anda tinggal di flat atau apartemen, sehingga Anda perlu menganggarkan lebih untuk biaya-biaya tersebut di luar biaya sewa.
 
6. Telepon
 
Walau Anda bisa berhubungan dengan keluarga melalui media sosial (seperti facebook, skype, twitter), Anda tetap membutuhkan kartu sim untuk telepon selular. Jika keluarga Anda lebih terbiasa dengan telepon daripada media sosial, mungkin bisa lebih murah jika Anda menelpon dengan menggunakan kartu telepon jarak jauh dibanding menggunakan telepon selular Anda.
 
7. Asuransi
 
Tergantung negara tempat Anda kuliah, Anda perlu membuat anggaran untuk asuransi (misalnya asuransi kepemilikan atau kesehatan). Beberapa universitas di Amerika mewajibkan mahasiswa mereka untuk memiliki asuransi kesehatan.
 
8. Keperluan lain-lain
 
Yang dimaksud dengan kebutuhan lain-lain adalah barang yang Anda pakai sehari-hari misalnya perlengkapan mandi, baju, aksesoris dan lain-lain. Seberapa besar biaya ini tentu saja tergantung dari gaya hidup masing-masing.
 
 
Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS