Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Keuangan - Wajib dibaca

Tips menghemat pengeluaran dan mencari penghasilan tambahan sewaktu kuliah

5778
Biaya hidup semasa kuliah tidaklah kecil. Banyak sekali pengeluaran yang tidak bisa dihindari. Misalnya biaya transportasi, berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket, hiburan dan lain-lain. Akan tetapi Anda bisa menghemat pengeluaran Anda dengan mengatur anggaran Anda sebaik mungkin. Ikuti tips-tips yang kami berikan di bawah ini...
 
Milikilah kartu transportasi mahasiswa
 
Kartu diskon untuk transportasi bisa membantu Anda menghemat banyak. Terutama jika Anda tinggal di luar kampus. Atau Anda seing berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Tergantung negara tempat Anda kuliah, diskon yang diberikan bagi mahasiswa bisa berbeda-beda. Anda bisa mencari informasi dengan menanyakan ke pihak universitas, atau mengakses portal mahasiswa di kota destinasi kuliah Anda.
 
Selalu membawa kartu mahasiswa
 
Biasanya ada toko-toko atau supermarket tertentu yang memberikan diskon khusus bagi mahasiswa. Anda bisa menanyakannya kepada pelayan toko.
 
Beli buku bekas
 
Buku pelajaran bisa saja sangat mahal, dan terkadang satu mata kuliah bisa saja memerlukan lebih dari satu buku pelajaran. Cara untuk menghemat adalah dengan membeli buku bekas. Anda bisa mengunjungi toko yang menjual buku bekas, atau membaca pengumuman di kampus, siapa tahu ada senior yang ingin menjual buku mereka. Kadang di kampus juga akan menggelar acara penjualan buku bekas. Biasanya acara ini diadakan oleh perkumpulan mahasiswa.
 
Pasar malam
 
Anda bisa mendapatkan barang yang bagus dan murah di pasar malam lokal. Pasar malam ini biasanya tidak diadakan setiap hari. Anda bisa menanyakan kepada warga setempat mengenai tempat dan waktu pasar malam diadakan. Pasar malam merupakan tempat yang menarik untuk mendapatkan jajanan setempat yang unik dan murah.
 
Tergantung negara kuliah Anda, ada juga beberapa supermarket atau mini market yang memberikan diskon separuh harga bagi bekal atau roti setelah jam-jam tertentu, misalnya setelah jam 7 malam. Tujuannya adalah mereka ingin menjaga kesegaran makanan yang mereka jual. Jika disimpan keesokan harinya, makanan tersebut bisa saja sudah tidak segar atau berubah rasa. Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berhemat.
 
Mengikuti acara khusus mahasiswa
 
Biasanya ada restoran-restoran atau kafe-kafe setempat yang menentukan satu hari untuk memberikan diskon kepada mahasiswa. Bawalah kartu mahasiswa Anda dan tunjukkan kepada pelayan, dan Anda bisa menikmati makanan dan minuman dengan harga spesial khusus bagi mahasiswa.
 
Mengikuti survei
 
Anda bisa mengisi survei secara online dan mendapatkan bayaran. Anda hanya tinggal memberikan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan kemudian Anda akan menerima bayaran. Tidak semua bayaran berupa uang tunai, kadang bisa berupa voucher diskon untuk pusat-pusat perbelanjaan atau merek atau toko tertentu.
 
Mengikuti kerja sambilan di kampus
 
Biasanya kampus mencari mahasiswa untuk mengerjakan perkerjaan sambilan seperti melipat brosur, memasukkan majalah kampus ke amplop, menempelkan alamat atau pekerjaan tidak tetap lainnya. Pekerjaan ini akan dibayar per jam. Informasi ini tidak akan disebarkan secara luas, biasanya hanya akan disebarkan dalam perkumpulan mahasiswa atau mahasiswa-mahasiswa yang dekat dengan staf administrasi.
 
Kerjaan sambilan tetap di kampus juga tersedia. Misalnya bekerja sebagai staf di kafe, asisten staf perpustakaan dan lain-lain. Akan tetapi biasanya lowongan ini terbatas. Jika Anda aktif dalam perkumpulan mahasiswa, kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan seperti ini akan lebih tinggi.
 
Selain itu ada juga pekerjaan sebagai asisten dosen, atau staf laboratorium, tetapi pekerjaan ini biasanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang berprestasi.
 
Bersepeda
 
Tergantung lokasi tempat tinggal Anda, membeli sepeda bisa jadi investasi yang menguntungkan. Di negara-negara tertentu disediakan jalur khusus untuk pengguna sepeda, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan berlalu lintas. Bersepeda selain tidak menyebabkan polusi, membantu Anda untuk berolahraga, juga bisa menghemat biaya transportasi Anda.
 
Memasak sendiri
 
Jika Anda tinggal di asrama atau akomodasi tanpa layanan katering, memasak sendiri tentu saja lebih sehat dan murah. Apalagi jika Anda memasak dan menikmati bersama teman. Kegiatan ini bisa jadi sangat menyenangkan, karena kalian bisa saling bertukar dan berbagi pengalaman. Membeli bahan memasak di supermarket dan berbagi dengan teman bisa jauh lebih murah daripada makan di luar.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS