Informasi penting
Study abroad: Keuangan

Tips dan Trik Berhemat di Luar Negeri

693

Kita semua tahu betapa mahalnya biaya kuliah, terutama untuk mahasiswa/i internasional. Salah satu sumber dana yang paling diandalkan selain tabungan keluarga adalah dana pinjaman untuk pelajar untuk membayar biaya kuliah dan biaya hidup.

Pemerintah UK menyediakan banyak pilihan pinjaman dana untuk mahasiswa/i lokal, namun para mahasiswa/i dari negara-negara Eropa lainnya hanya bisa mengajukan pinjaman dana untuk melunasi biaya kuliah, sementara mahasiswa/i dari belahan dunia sisanya bahkan tidak bisa mengajukan pinjaman sama sekali kepada pemerintah Inggris.

Sebenarnya ada banyak alternatif sumber dana untuk para murid ini, dan tujuan dari posting kali ini adalah untuk membahas tips dan trik yang dapat digunakan oleh murid dari mancanegara merencanakan budget mereka tanpa menginterupsi pengalaman belajar mereka di luar negeri!

1. Makan Malam Internasional
Salah satu hal terbaik mengenai belajar di luar negeri adalah bertemu dan berteman dengan orang-orang dari berbagai negara, dan cara terbaik untuk berkenalan dengan mereka adalah dengan makan malam bersama (mungkin bisa ditambah jus anggur ya). Makan di sebuah restoran memang terasa mewah, tapi memasak bersama teman-teman dan mencicipi berbagai menu yang berbeda akan terasa jauh lebih asyik lagi. Ajaklah beberapa teman untuk berkumpul dan buatlah acara makan malam dengan tema-tema tertentu. Anda tidak hanya akan menghemat uang, tapi juga:

- Melibatkan diri sendiri dalam infusi budaya yang berbeda-beda

- Bersenang-senang dengan teman-teman Anda

- Membuat keluarga Anda terkesan nantinya akan pengetahuan dan kemampuan Anda memasak berbagai macam makanan dari belahan negara yang berbeda-beda

 

2. Kartu SIM Lokal
Berganti menggunakan kartu SIM lokal kelihatannya merupakan hal yang wajar, namun kenyatannya banyak mahasiswa/i yang justru melewatkan kesempatan ini. Cari saja kartu SIM pra-bayar untuk berkomunikasi dengan teman-teman Anda di UK. Coba gunakan servis-servis gratis seperti WhatsApp atau Skype—Anda perlu menggunakan koneksi internet, tapi kemungkinan besar Anda akan mendapatkan akses ke koneksi wifi di kampus dan di apartemen Anda. Dengan pelayanan yang tersedia ini, Anda dapat menghemat dan memangkas tagihan telepon Anda, asal jangan sampai Anda lupa mematikan Data Roaming Anda saat berpergian!

3. Jalan-jalan dengan Tiket Murah!
Banyak mahasiswa/i dari mancanegara yang ingin berjalan-jalan keliling Eropa selagi belajar di UK. Benua Eropa sangatlah beragam dan ia memiliki banyak hal yang menarik. Namun berkeliling Eropa tidaklah murah, karenanya ada baiknya mahasiswa/i menghindari musim-musim liburan. Anda tidak yakin ingin mengunjungi negara mana dulu? Harga tiket temurah bisa menjadi faktor penentu! Anda dapat menggunakan aplikasi, misalnya Skyscanner ataupun Traveloka; pilihlah tanggal dan bandara keberangkatan, dan Anda akan mendapatkan daftar penerbangan murah ke berbagai lokasi. Untuk akomodasi, pastikan Anda membandingkan terlebih dahulu harga-harga yang ada dan bukannya sekadar membooking hostel pertama, B&B atau hotel yang Anda lihat di internet. Jalan-jalan dengan budget mahasiswa/i bukanlah sesuatu yang mustahil, asalkan Anda merencanakannya dengan lihai.

4. Harga Diskon untuk Pelajar
Ini pun bukan sesuatu yang baru, namun banyak orang terkadang terlalu malu untuk menanyakan diskon pelajar. Ingat: Sekadar bertanya nggak merugikan kok! Tanyalah teman-teman Anda di kampus soal diskon untuk pelajar dan juga lihatkah situs-situs diskon untuk pelajar semacam StudentBeans. Bergabunglah ke dalam forum-forum online seperti the StudentRoom; Anda akan mendapatkan banyak diskusi menarik dan mungkin bahkan akan mendapat ide-ide untuk menghemat lainnya.

5. Pikir Dua Kali Kalau Mau Menjadi Member di Gym
Menjaga pola hidup sehat merupakan sesuatu yang bagus, termasuk apabila Anda sedang belajar di UK, namun untuk bergabung menjadi member di suatu gym tidaklah murah. Lagipula, ada banyak cara lain yang dapat Anda praktikkan untuk menjaga pola hidup sehat. Coba cek kalau-kalau universitas Anda menawarkan kelas atau kursus-kursus olahraga, atau bahkan memiliki gym tak brtbayar; bergabunglah dengan tim olahraga lokal atau buatlah tim sendiri dengan teman-teman Anda. Salah satu metode yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencarinya di Facebook, ataupun di situs forum mahasiswa/i. Anda tidak hanya dapat membangun pertemanan dengan orang-orang baru tapi juga menyelamatkan isi dompet Anda!

Cara-cara di atas hanyalah beberapa hal yang dapat membantu Anda berhemat dengan dana pinjaman selagi belajar di luar negeri, namun sekecil apapun usaha yang Anda tempuh, masing-masing dapat membantu Anda berhemat. Yang terpenting adalah memanfaatkan sebaik-baiknya pengalaman belajar di luar negeri yang Anda dapatkan, baik dari sisi akademis maupun dari sudut pandang budaya.

 

(Sumber: https://www.futurefinance.com/uk/blog/international-student-how-to-survive-on-a-student-loan-budget/)

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.

Coba lihat...