Informasi penting
Study abroad: Kehidupan Pelajar

5 Trik Untuk Mendapat IPK Lebih Tinggi

2652

(Ditulis oleh Emily Southey)

 

Sekolah bukanlah tempat yang mudah bagi banyak orang, yang berarti kamu tidak akan selalu mendapat nilai yang kamu harapkan ketika kamu mengumpulkan tugas ataupun hasil tes. Sayangnya ini merupakan fakta kehidupan. Namun ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan IPK yang lebih tinggi.

Coba cek daftar berikut ini:

 

1. Temuilah professor/Asisten Dosen-mu setidaknya sekali dalam sebulan

Menemui mereka memang terkadang terasa sangat mengintimidasi, namun ada banyak sekali keuntungan dari ini! Terutama saat kamu masih merupakan mahasiswa baru di tahun pertamamu dan masih perlu mengambil banyak mata kuliah pengantar yang terkadang terasa sangatlah menakutkan; dengan berkonsultasi dengan mereka kamu akan membuat dirimu mencolok—pastikan professormu mengingat namamu (atau setidaknya mengenali wajahmu). Kamu pun memang sudah seharusnya menemui dosen atau asisten dosenmu saat kamu mendapat tugas, tapi cobalah sesekali mampir ke kantor mereka untuk mengobrol mengenai kelas-kelas mereka—tanyalah mengenai salah satu bacaanmu atau sekadar mengklarifikasi hal yang mereka terangkan di kelas.

Semakin familiar kamu dengan para staff, semakin besar kemungkinanmu untuk mendapatkan nilai bagus—bukan karena kamu mendapatkan jawaban dari orang-orang yang menilai esaimu, namun karena mereka melihat usaha dan niatmu dalam belajar. Di sisi lain, cobalah pikirkan upaya ini sebagai proses networking, yang mungkin akan sangatlah penting saat kamu perlu meminta surat referensi untuk pekerjaan, beasiswa, magang, atau studi lanjut di kemudian hari.

 

2. Dapatkan akses tak terbatas ke para tutormu!

Menurut statistic, hanya ⅓ dari jumlah keseluruhan rata-rata murid biasanya belajar dari tutor, namun hampir 80% seharusnya pun dapat memanfaatkan adanya tutor dalam program belajar mereka. Sekarang dengan adanya online tutoring, semua murid dapat memiliki akses ke para tutor dengan mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengecek online tutoring online mana yang bisa kamu dapatkan. Baik ketika kamu sedang mengalami kesulitan dengan mata kuliah tertentu, atau sekadar ingin mendongkrak nilai B-mu menjadi A, belajar dari tutor merupakan salah satu kesempatan yang tak boleh disia-siakan.

 

3. Mengikuti lokakarya di universitas

Kebanyakan universitas menawarkan sejumlah lokakarya untuk membantu para muridnya untuk meraih kesuksesan akademis. Dan semuanya ini biasanya gratis lho! Kurang apa lagi sih? Mulai dari menulis esai, mengkutip para ahli dan narasumber, sampai berlatih dengan kuis-kuis di bidang matematika dan sains, semuanya tersedia. Cobalah sesekali cek website perhimpunan mahasiswa di kampusmu, dan juga planning services akademis/karir di universitasmu untuk melihat lokakarya apa saja yang tersedia. Terkadang bahkan organisasi mahasiswa pun akan mengadakannya.

 

4. Pastikan kamu memiliki banyak waktu untuk belajar

Mungkin kamu memang sudah sering mendengar frase ‘manajemen waktu’ berulang-ulang, namun ini sangatlah penting kalau kamu memang ingin mendapat nilai bagus. MIsalnya, untuk dapat menulis esai yang bagus, kamu memerlukan cukup waktu untuk mengeditnya. Memang bisa saja kamu menulis esai dan menyelesaikannya dalam satu-dua hari, namun mengedit esai tersebut sama pentingnya dengan menyelesaikannya, dan terkadang mengedit justru memerlukanmu untuk benar-benar berlibur sehari dari pekerjaanmu agar kamu tidak penat dan dapat mengecek kembali esaimu dengan perspektif baru (atau bisa juga kamu meminta temanmu untuk mengeditnya). Namun berkutat penuh dengannya sama sekali tidak akan membantu. Terutama kalau kamu hobi menunda-nunda, cobalah untuk berusaha belajar satu minggu sebelum tes atau mulailah mengerjakan tugas sekitar satu minggu lebih awal dan lihatlah perbedaan hasilnya.

 

5. Belajarlah dari kesalahanmu

Acap kali aku mendapatkan nilai jelek, secara pribadi aku tidak suka melihat ada kritik dari para dosen, namun ini seringkali sungguh diperlukan. Satu-satunya cara untuk mendongkrak nilaimu adalah dengan menghindari melakukan kesalahan yang sama. Pastikan kamu justru membaca komentar dosen ataupun asisten dosenmu dengan saksama. Kalau ada yang tidak dimengerti, pergi dan bicaralah dengan mereka. Mereka akan menghargai usahamu untuk berusaha memperbaiki nilai dan keadaanmu. Menyimpan esai-esai lama juga bisa berguna di kemudian hari agar kamu bisa mencermati kesalahan-kesalahanmu yang lalu. Kalau ada kesamaan antara komentar satu dengan yang lain, kamu akan segera tahu apa yang perlu kamu perbaiki secara spesifik.

 

 

 

(Sumber: https://gradeslam.org/blog/5-tricks-to-hacking-a-higher-gpa)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.