Informasi penting
Study abroad: Kehidupan Pelajar

8 Makanan yang Akan Meningkatkan Performa Otakmu Selama Masa-masa Ujian

354

Ditulis oleh Emily Southey

 

Selagi masa-masa ujian, jangan malahan minum kopi, roti dan fast food saja dong! Oke lah, makan sebagai pelampiasan stress sesekali memang nggak apa-apa, tapi tau nggak kalau sebenarnya justru ada makanan yang bisa membantumu untuk belajar dengan lebih efektif? Betul lho, 8 makanan berikut bisa membantu otakmu untuk fokus dengan lebih baik, menangkap informasi baru, dan tentunya membuatmu lebih produktif juga.

 

1. Blueberries

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Tufts University di tahun 2012, blueberries dapat meningkatkan kemampuan mengingatmu.

 

2. Dark chocolate

OK, diet yang ini seharusnya tidaklah sulit untuk dijalankan ya. Dark chocolate itu tidak hanya nikmat banget, namun makanan satu ini juga terkenal dapat memperlancar peredaran darah ke otak dan memberikan manfaat kesehatan seperti misalnya menurunkan tekanan darah dan meningkatkan antioksidan. Tapi hati-hati agar jangan makan terlalu banyak ya!

 

3. Blackcurrants

Vitamin C terkenal dapat meningkatkan ketahanan mental, dan blackcurrant merupakan sumber Vitamin C yang terbaik.

 

4. Bibit labu

Bibit labu penuh dengan zinc lho! Zinc akan membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir kritis, karenanya pastikan kamu mengkonsumsi ini tiap pagi.

 

5. Brokoli

Brokoli merupakan sumber Vitamin K dalam jumlah yang banyak—Vitamin ini meningkatkan fungsi kognitif otak dan juga daya tahan otak!

 

6. Telur

Telur bisa dimakan dengan berbagai cara tentunya, namun telur merupakan makanan yang sangat dapat membantumu belajar! Satu butir saja mengandung banyak antioksidan, nutrisi, 6 gram protein, dan kurang dari 100 kalori—dan ini merupakan makanan yang sangat mengenyangkan, jadi kamu pasti tidak akan kelaparan saat sedang belajar.

 

7. Peanut butter

Maksudku tentu saja bukan untuk memakan sebotol selai peanut butter, namun sedikit saja sudah mengandung banyak sekali lemak dan protein yang bermanfaat, dan ini akan sangat meningkatkan ketahanan otakmu lho!

 

8. Buah-buah yang dikeringkan

Asinan buah merupakan snack yang enak, dan ini penuh dengan vitamin dan juga energy (namun pastikan saja ini tidak mengandung banyak gula atau pemanis buatan).

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.