Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

APA ITU ‘STEM FIELDS’?

1476

Bidang-bidang apa saja yang termasuk dalam ‘STEM Fields’? Mengapa lulusan dari bidang-bidang tersebut lebih dihargai dan dipermudah dalam ijin kerja dan ijin tinggal di luar negeri?

                       

Industri-industri Sains dan Teknologi sedang berkembang secara global, tetapi jumlah lulusan yang memenuhi syarat untuk bekerja di bidang ini semakin berkurang. Para lulusan bidang-bidang ini sangat digemari di  Amerika, Inggris dan Australia. Karena lulusan di bidang STEM (Science, Technology, Engineering  & Mathematics) memiliki transferrable skills yang sangat penting dan dibutuhkan oleh banyak sektor.

 

Yang dimaksud dengan transferable skills adalah kemampuan untuk mengtransfer kompetensi (pengetahuan, keterampilan teknis & perilaku) yang dimiliki sesuai dengan situasi dan kondisi. Pengertian yang lebih sederhana adalah memiliki keahlian (baik itu pengetahuan atau keahlian teknis) untuk menyesuaikan diri dengan berbagai keadaan.

 

 

STEM terdiri dari bidang apa saja?

 

STEM terdiri dari bidang Science, Technology, Engineering & Mathematics.

Daripada diajarkan sebagai mata kuliah yang berbeda, keempat area ini digabungkan dalam satu kurikulum yang berfokus pada pengajaran skill praktikal yang interdisipliner dengan penerapan ‘riil’. Cara ini sangat menguntungkan para lulusan bidang STEM. Di Australia, Inggris dan Amerika, populasi mahasiswa yang mendaftar untuk program kuliah bidang STEM semakin meningkat.

 

 

Mengapa kuliah di bidang STEM?

 

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kurikulum STEM adalah kurikulum interdisipliner, sehingga mempelajari banyak transferable skills. Ditambah lagi industri sains dan teknologi yang sedang berkembang pesat, maka sangat dibutuhkan para lulusan yang ahli dalam bidang-bidang ini. Selain itu transferable skills yang dimiliki para lulusan membuat mereka dapat bekerja di banyak bidang.

 

 

 

Prospek kerja bidang STEM

 

9 dari 10 organisasi di Inggris memperkerjakan lulusan STEM. Keahlian mereka dalam menghitung, menganalisa dan berpikir kritis dapat digunakan untuk berbagai posisi kerja di industri, dan juga dapat berspesialisasi di bidang Teknik Mekanik, Teknologi Komputer dan Programming, FisikaIlmu Pangan dan Software Publishing. Kebanyakan posisi kerja di bidang keuangan dan bisnis juga mencari lulusan STEM.  

 

Di Amerika, terdapat 2.1 juta lowongan baru untuk bidang STEM (2010-2020), terutama di bidang Komputer dan Ilmu Matematika, Sains, Teknik, Arsitektur dan Ilmu Sosial. Diprediksikan akan ada 4.2 juta lowongan untuk bidang Komputer dan Matematika sebelum tahun 2018.

 

Di Australia, lebih dari setengah pekerjaan yang kurang tenaga kerja berasal dari bidang STEM. Bidang kerja dengan peningkatan tertinggi adalah Desain, Teknik, dan Teknologi Informasi Komputer.

 

 

 

Kuliah di mana?

Yang perlu dipertimbangkan sewaktu memilih program kuliah adalah kesempatan praktikal yang ditawarkan dan kurikulum program yang relevan dengan industri.

 

Fakultas Sains dan Olahraga UWS menawarkan beragam pilihan studi berfokus pada karir dan memiliki jaringan erat dengan berbagai perusahaan.

 

 

Dengan pengalaman praktikal dan akademis sejak hari pertama, kesempatan penempatan kerja dengan pemain industri utama, dan akreditasi dari berbagai lembaga profesional, mahasiswa dapat mengubah dunia dengan kualifikasi sains UWS.

 

Program Sains UWS dikembangkan atas dasar kolaborasi bersama rekanan industri dan pendidikan – masukan ini, bersama penelitian ekstensif dan keahlian konsultasi, secara positif membantu membentuk pengalaman belajar.

 

 

Testimonial Mahasiswa

 

“Fakta bahwa gelar Ilmu Biomedis Terapan terdaftar dengan HCPC berarti, perusahaan yakin bahwa Lulusan UWS memiliki keahlian dan pengetahuan untuk menjadi peneliti biomedis yang efektif. Ini terlihat dari prospek penempatan kerja dan gaji awal mereka yang meningkat pesat dibanding dengan Lulusan yang tidak memiliki gelar Ilmu Biomedis Terapan.”

-Hugh McLelland, Manajer Sektor Laboratorium, Hematologi, South Glasglow

 

 

“Terdapat banyak kesempatan untuk bergabung dan mendapatkan pengalaman baru; bagi saya, salah satunya adalah Lead 2014, Olimpiade dan pengalaman manajemen acara umum. Keahlian-keahlian yang saya dapatkan dari program ini, digabungkan dengan pengalaman dunia kerja, tentunya akan sangat membantu saya untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan.”

-Preeti Jassal, mahasiswa Pengembangan Olahraga

 

 

“Metode pengajaran sangat luar biasa dan menggabungkan pengalaman praktikal dengan keahlian hidup. Masukan dari dosen telah membantu saya menjadi lebih baik secara akademis, dan saya menjadi lebih percaya diri serta memiliki banyak teman. Jika saya diminta memberikan nasihat bagi mahasiswa baru, maka saya akan menyarankan mereka untuk tidak melewatkan kesempatan yang diberikan, dan manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin di universitas.” 

– Linus Orie-Awah, mahasiswa Sains

 

 

“Program terakreditasi yang saya dapatkan dari UWS sangat penting karena memberikan saya landasan praktek yang kuat dan pengakuan profesional yang membantu saya mendapatkan posisi sebagai Ilmuwan Biomedis, serta menyiapkan saya dengan baik untuk karir masa depan saya.”

– Fraser Craig, Ilmuwan Biomedis Spesialis

 

 

“Sangatlah baik mengkombinasikan studi saya dengan sepak bola... Saya merasa ini sangat penting bagi profesional muda seperti saya untuk mengambil studi atau pendidikan dikarenakan karir profesional dapat berakhir setiap saat – sangatlah penting bersiap untuk masa depan.”

– Gavin Reilly, atlet Queen of the South FC dan mahasiswa Pengembangan Olahraga

 

 

 

Beasiswa Commonwealth Shared Scholarship Scheme 

UWS memberikan beasiswa penuh bagi mahasiswa internasional yang mencakup biaya kuliah dan biaya hidup serta perjalanan. 

 

Untuk dapat menerima beasiswa ini, mahasiswa haruslah diterima di program pascasarjana UWS. Beasiswa ini diprioritaskan bagi mereka yang mengambil jurusan bidang studi yang berhubungan dengan pengembangan ekonomi, sosial dan teknologi. Mahasiswa harus berkomitmen untuk kembali ke negara asal dan memberikan kontribusi sesuai dengan ilmu yang telah di pelajari di UWS.

 

Beberapa dari program kuliah yang diprioritaskan adalah Advanced Computer Systems Development; Alcohol and Drug Studies; Biotechnology; Broadcast Journalism; International Management; Logistics and Supply Chain Management; PGDE Primary Education; Quality Management and Waste & Clean Technologies.

 

Untuk informasi selengkapnya dan cara pengajuan beasiswa bisa langsung dilihat di situs universitas:

 

 

 

Terinspirasi untuk kuliah di bidang STEM? Cari program kuliah Ilmu Murni dan Terapan, Teknologi, Teknik dan Matematika sekarang juga!

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS