Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Prospek Kerja dan Gaji Manajemen Bisnis

8437

 

Lulusan Bisnis manajemen bisa bekerja sebagai manajer bisnis di perusahaan besar dan kecil, mulai dari bagian produksi sampai ke penyedia jasa. Manajer bisnis memainkan peran yang penting dalam kontribusinya terhadap keuntungan dan kelangsungan perusahaannya.

 

Peran manajer beranekaragam, tergantung pada jenis dan besar perusahaannya. Apabila ada perubahan dalam perusahaan, terkadang manajer perlu melakukan pekerjaan tambahan. Cakupan keterampilan yang dibutuhkan dalam profesi ini cukup luas, dan ini dapat didapatkan melalui kualifikasi sarjana dalam program administrasi bisnis (business administration) dengan spesialisasi di bidang manajemen.

 

 

Prospek kerja bagi para manajer bisnis

The U.S. Bureau of Labor Statistics (BLS) melaporkan bahwa permintaan untuk posisi manajer di tingkat umum dan pengoperasian diharapkan untuk bertahan jumlahnya di tahun-tahun yang mendatang. Jumlah lowongan dalam berbagai bidang yang berbeda kemungkinan akan bergantung pada pertumbuhan secara garis besar dalam industry tersebut, jadi peluang terbaik kemungkinan akan ada di bidang-bidang dengan prospek tinggi semacam kesehatan dan teknologi informasi. Prestise dan gaji para manajer bisnis seringkali menjadi alasan ketatnya persaingan yang ada. Para profesional dengan tingkat pendidikan yang tinggi serta pengalaman yang relevan cenderung mendapatkan peluang-peluang yang terbaik.

 

 

Tugas-tugas

Biasanya seorang manajer bisnis:

  • Membantu perusahaan mencapai gol dan tujuan yang berhubungan dengan penjualan, produktivitas, keuntungan, dan perluasan perusahaan, serta masih banyak lagi.
  • Mengawasi/membawahi sebuah departemen atau divisi
  • Mengarahkan garis besar operasi kerja dari perusahaan swasta, perusahaan pemerintah, dan institusi non-profit yang berkutat di cakupan bisnis yang luas.
  • Menganalisa data
  • Mengambil keputusan penting dalam bisnis
  • Mempekerjakan, melatih, dan mengevaluasi karyawan
  • Memastikan perusahaan mencapai gol-nya secara finansial
  • Mengembangkan dan mengimplementasikan anggaran
  • Mempersiapkan laporan untuk manajemen tingkat senior
  • Menjamin divisi atau departemen yang ada mematuhi kebijakan perusahaan
  • Memastikan adanya sumber daya atau fasilitas untuk para karyawan demi mencapai tujuan kerjanya
  • Mengevaluasi performa suatu departemen atau perusahaan sesuai dengan tujuan dan rencana yang ada
  • Menjalankan tugas staff hr (human resources) seperti misalnya mengevaluasi performa kerja, mempekerjakan dan mendisiplinkan karyawan
  • Memotivasi karyawan melalui insentif dan umpan balik yang positif

 

 

Mengapa jurusan manajemen bisnis diminati oleh perusahaan besar

Perusahaan-perusahaan besar, seperti Sears Holdings, Microsoft dan NBCUniversal, seringkali memerlukan manajer bisnis untuk membuat kebijakan, merencanakan sumber daya, mengarahkan bisnis secara keseluruhan dan mengimplementasikan strategi. Seorang manajer mungkin akan memimpin sebuah tim atau sekelompok pemimpin yang mengawasi jadwal dan produktifitas karyawan. Dalam skala yang lebih kecil, manajer akan menjalankan hal-hal tersebut. Seringkali mereka juga bertanggung jawab atas tugas sehari-hari semacam membeli, mempekerjakan, melatih, dan mengontrol kualitas kerja atau hasil kerja.

 

Artikel Terkait: 10 perusahaan-perusahaan besar yang mempekerjakan Manajer Bisnis

 

Manajer bisnis dapat memilih spesialisasi dalam berbagai bidang, termasuk diantaranya: finansial, akuntan, audit, perpajakan dan penganggaran; pembelian; pemberdayaan staff; penjualan, marketing, dan public relations; riset, analisa operasi kerja (operations analysis), pemrosesan data (data processing), matematika, statistika dan ekonomi; dan produksi.

 

Kebanyakan manajer bisnis bekerja di sebuah kantor yang nyaman dan seringkali memiliki asisten. Mereka yang dipekerjakan oleh perusahaan yang memiliki banyak lokasi mungkin terkadang perlu mengunjungi berbagai kantor lokal, daerah, atau bahkan internasional, dan banyak manajer bisnis yang berkeliling untuk menghadiri konferensi dan rapat. Beberapa bahkan akan ditawari kesempatan untuk dimutasi secara sementara atau permanen ke kantor lain di berbagai penjuru negeri atau ke luar negeri.

 

 

Kebanyakan pekerja dengan peranan serupa setidaknya bekerja sekitar 40 jam per minggu. Mereka seringkali memerlukan jam kerja yang fleksible serta juga jam lembur demi mencapai tuntutan yang ada, namun sebagai gantinya, mereka seringkali mendapatkan gaji dan tunjangan dalam jumlah besar.

 

Prospek gaji

Menurut U.S. Bureau of Labor Statistics (BLS), peluang kerja dalam bidang ini akan bertumbuh secara stabil sampai ke tahun 2024. Para lulusan baru biasanya akan memulai dari tingkat dasar; mereka yang memiliki pengalaman dan pendidikan lebih dapat juga memperoleh posisi di tingkat eksekutif dengan gaji terbesar.

Umumnya, beberapa faktor akan mempengaruhi prospek kerja serta gaji, termasuk diantaranya kondisi pasar saat itu, termasuk juga lama pengalaman dan tingkat pendidikan terakhir.

 

Pendidikan dan pelatihan

Kebanyakan manajer bisnis memiliki setidaknya kualifikasi Sarjana di jurusan Administrasi Bisnis (Business Administration), namun syarat pendidikan terakhir yang diminta oleh perusahaan bisa bermacam-macam, tergantung pada besar dan jenis bisnis tersebut. Perusahaan yang lebih kecil memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mencari kandidat yang baru lulus dan memberikan peluang bagi mereka untuk bekerja keras menaiki hierarki jabatan di dalam perusahaan tersebut, sementara perusahaan nasional dan internasional mungkin akan mensyaratkan adanya kualifikasi setidaknya S1, seperti misalnya kualifikasi MBA, atau mensyaratkan adanya pengalaman di tingkat manajemen.

 

Cara menjadi manajer bisnis

Langkah awal untuk menjadi manajer bisnis adalah dengan memiliki kualifikasi tingkat sarjana di bidang administrasi bisnis dengan spesialisasi di bidang manajemen. Kelas-kelas yang diambil dapat mencakup dasar-dasar akuntasi (principles of accounting), metode pengambilan keputusan bisnis (applied decision methods for business), finansial tingkat manajer (finance for managers), serta etika bisnis (business ethics).

Perusahaan akan tenang apabila para lulusan dari program administrasi bisnis dengan spesialisasi di bidang manajemen mampu:

  • Mengaplikasikan teori organisasi untuk mengatasi berbagai masalah bisnis
  • Mempraktekkan ilmu pengambilan keputusan yang solid
  • Mengidentifikasi dan menghindari masalah yang mungkin terjadi menggunakan teknik kuantitatif
  • Mendemonstrasikan keterampilan manajemen semacam kepemimpinan, perencanaan dan pengorganisasian
  • Memiliki pengaruh dan pengetahuan yang menyeluruh sebagai manajer bisnis yang sukses

Banyak perusahaan yang menawarkan peluang untuk studi lanjut. Karenanya kita bisa saja memulai karir kita di level dasar hanya dengan kualifikasi sarjana dan meminta bantuan finansial dari perusahaan untuk melanjutkan studi S2.

 

Menapaki karir manajer bisnis

Apakah kamu termasuk pemimpin yang suka mengatasi masalah-masalah yang sulit. Mungkin kamu cocok dengan jalan karir sebagai manajer bisnis. Kamu akan memerlukan kemampuan untuk bekerja secara independen dan berpikir kritis, serta memahami data finansial yang kompleks, termasuk juga kemampuan untuk menulis dan berkomunikasi yang sangat bagus. Kalau kamu memiliki atribut-atribut penting ini, ambilah jurusan administrasi bisnis untuk kuliahmu nanti dengan spesialisasi di bidang manajemen yang akan membuka jalanmu ke bidang karir manajemen bisnis.

 

 

 

Artikel Terkait lainnya dengan program Manajemen Bisnis

Universitas-universitas yang menawarkan program Manajemen Bisnis

Download brosur program Manajemen Bisnis Gratis di sini

 

(Sumber: http://www.floridatechonline.com/resources/management/business-manager-career-job-outlook/)

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.

Coba lihat...