Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Info Jurusan - Wajib dibaca

Cerita Mahasiswa: Tes IELTS

6570

Hotcourses berbicara dengan Wenting Wang, web editor yang sudah bekerja di Inggris selama tiga tahun, tentang pengalamannya mengikuti tes bahasa Inggris IELTS.

“Saya berfikir untuk mendaftar pada sebuah program master di Inggris dan paham bahwa Universitas Inggris menerima IELTS. Karena pentingnya memiliki bukti kemahiran berbahasa Inggris saat membuat aplikasi internasional, saya mencari tahu lebih lanjut.

Yang saya temukan adalah, untuk mengambil gelar master, saya perlu mendapatkan skor keseluruhan setidaknya 6.5, dengan tidak ada bagian dengan nilai dibawah 6. Ternyata untuk mengikuti master, saya memerlukan skor IELTS yang tinggi.

Saya dengar dari beberapa teman bahwa  IELTS lebih mudah dibandingkan dengan TOEFL, yang juga diterima oleh institusi di Inggris, tetapi lebih bermanfaat jika saya hendak melamar ke universitas di Amerika.

Di Cina, ada banyak sekolah yang membantu Anda mempersiapkan diri untuk tes bahasa Inggris semacam ini – saya menemukan satu yang fokus kepada persiapan IELTS dan mengikuti kelas setiap akhir pekan selama dua bulan. Kelas ini membantu saya membiasakan diri dengan tes yang waktu itu akan saya hadapi, melalui melatih berkomunikasi dan juga ulangan-ulangan kecil.

Guru saya profesional dalam IELTS dan mengajarkan kami sejumlah tips – bukan untuk menyontek, tetapi untuk mendapatkan nilai tinggi saat kita dihadapkan dengan pertanyaan yang sangat sulit. Ajaran beliau memberikan kami rasa percaya diri sebelum menghadapi tes yang sebenarnya.

Menurut saya tes Mendengar dan Membaca lebih mudah dibandingkan dua jenis lainnya dan saya mendapat nilai tinggi untuk bagian ini. Menulis juga oke-oke saja, tetapi memang lebih sulit; saya ingat ketika kami sedang melatih diri untuk menulis laporan analitis sambil membaca graf dan tabel hasil penjualan. Ini mempersiapkan Anda untuk menulis secara akademis, suatu hal yang paling penting untuk program master di Inggris.

Tes Berbicara juga cukup sulit, karena kami tidak terlalu banyak diberi kesempatan untuk melatih berbincang dengan bahasa Inggris – ini sangat sulit bagi kebanyakan siswa Cina. Sebelum masuk ruangan tes saya tidak mengetahui pertanyaan yang akan diajukan kepada saya, jadi tidak bisa mempersiapkan apapun. Penguji IELTS meminta saya untuk menjelaskan ‘karakter favorit saya dalam sejarah’! Saran saya adalah untuk baca sebanyak mungkin sebelum tes dan persiapkan diri untuk pertanyaan-pertanyaan abstrak!

Saya menerima hasil skor saya dan sertifikat tersebut saya gunakan untuk mendaftar program kuliah master di Inggris. Pengalaman ini membantu saya memperbaiki keterampilan berbahasa Inggris, lisan maupun tertulis, yang pada akhirnya saya temukan manfaatnya yang sangat besar saat mulai program kuliah di Inggris.”
 

Baca lebih banyak lagi...

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

Coba lihat...