Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Info Program Kuliah: Ilmu Sosial dan Komunikasi

5997

Tiap tahun minat pelajar untuk mengambil kuliah S1 di jurusan Ilmu Sosial dan Komunikasi terus bertambah. Ini bisa dilihat dari besarnya pendaftar di universitas, baik negeri maupun swasta di dalam negeri yang membludak. Keadaan ini didukung oleh faktor pertumbuhan media di dalam negeri. Agar dapat berkompetisi dengan lulusan lain saat mencari kerja, kuliah di luar negeri dapat menjadi pilihan paling tepat. Sebelumnya, mari kita kenali lebih baik deskripsi serta kualifikasi dari jurusan Ilmu Sosial dan Komunikasi di universitas di luar negeri.

Di jurusan ini kamu akan diberi materi kuliah yang menyangkut produksi media, studi media, media interaktif, media digital, media dan komunikasi dan praktek. Serta banyak lagi materi tentang produksi televisi, radio dan media digital. Ada juga mata kuliah yang mempelajari hubungan media dan politik, serta media dan bahasa Inggris. Dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi mahasiswa akan mendalami teori mengenai sejarah media massa dan pembentukan imej menggunakan media massa.

Saat ini pengetahuan mengenai ilmu sosial dan komunikasi sangat penting karena hampir semua bidang kehidupan menggunakan media sebagai alat komunikasi. Baik itu di dunia bisnis, politik, hiburan bahkan personal menggunakan media massa sebagai sarana branding atau pembentuk imej. Contohnya Barrack Obama yang menggunakan Facebook dan Twitter untuk menggalang dana dan simpati hingga berhasil meraih banyak suara dalam pemilihan Presiden AS.

Kuliah juga akan dibarengi oleh banyak mata kuliah praktek dan sebagian besar universitas akan mengarahkan kemampuan mahasiswa ke salah satu media. Mahasiswa  diberi pilihan untuk berfokus pada media televisi, radio atau cetak. Serta penjurusan yang lebih spesifik, seperti jurusan jurnalistik, public relation, film dan lainnya. Ini dimaksudkan agar mahasiswa nantinya dapat bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Kuliah jurusan Ilmu Sosial dan Komunikasi di universitas-universitas di Amerika biasanya membutuhkan waktu empat tahun dan ketika lulus akan mendapat gelar B.A. (Bachelor of Arts). Sedangkan kuliah di Inggris untuk jurusan yang sama akan memakan waktu selama tiga tahun, bila lulus akan bergelar B.A. atau BSc untuk jurusan yang mengarah ke teknologi seperti internet dan multimedia.

Umumnya mahasiswa jurusan ini menggunakan masa kuliah dan juga liburan dengan bekerja di koran atau radio kampus. Sebelum lulus, pihak kampus akan menyalurkan mahasiswa untuk bekerja magang di media massa local sebagai persiapan sebelum kelulusan. Kegiatan ini sangat menguntungkan mahasiswa, karena selain bertambahnya pengalaman, ada kemungkinan pula mahasiswa dapat langsung bekerja setelah lulus. Dengan catatan, kinerja kerja selama magang dipandang memuaskan oleh pihak perusahaan.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Coba lihat...