Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KELEBIHAN DARI PROGRAM ‘FOUNDATION’

11045
APA ITU FOUNDATION?
 
Foundation Studies (atau dikenal juga sebagai program jalur menuju perkuliahan sarjana) adalah program dari universitas yang ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk perkuliahan sarjana.
 
 
SIAPA YANG PERLU MENGAMBIL PROGRAM FOUNDATION?
 
Program fondasi ini ditujukan bagi mereka yang belum memenuhi persyaratan masuk universitas. Misalnya, nilai akhir yang belum memenuhi nilai minimal yang diminta universitas.
 
University of Otago Language Centre and Foundation Year (UOLCFY) di Dunedin, Selandia Baru adalah institusi pendidikan kelas dunia yang memberikan pendidikan persiapan (foundation) yang sempurna untuk pendidikan lanjutan/tinggi. Language Centre menawarkan lingkungan yang suportif, ramah dan aman, dimana pelajar dapat mengeluarkan potensi maksimal mereka, di bidang apapun yang mereka pilih.
 

 

 

UOLCFY menawarkan kualifikasi masuk universitas yang diakui oleh semua universitas Selandia Baru. Foundation Year mempersiapkan pelajar untuk semua gelar sarjana yang ditawarkan oleh University of Otago melalui empat divisi akademis – Bisnis, Ilmu Kesehatan, Sastra dan Sains.

 

Kelas-kelas diajarkan di kampus, dan pelajar menggunakan fasilitas yang sama dengan mahasiswa University of Otago. Pelajar juga dapat menikmati bangunan utama berkelas dunia dan mengesankan dengan berbagai fasilitas, pengajaran dan dukungan.

 

Para pelajar Foundation Year akan mempelajari satu dari beberapa bidang. Setiap bidang memberikan sepuluh tugas. Semua bidang terdiri dari dua tugas utama, Academic English I dan II. Saran dan Panduan akan diberikan oleh Dekan Akademis.

 

Bidang-bidang tersebut adalah:

  • Seni
  • Bisnis/Niaga
  • Ilmu Kesehatan (hanya dibuka bulan Februari dan Juni)
  • Sains

 

Persyaratan masuk umum:

  • Kualifikasi – SMU 3/ Minimal -70%
  • Kualifikasi – SMU 2/ Minimal -80%
 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Kebanyakan universitas juga merancang sendiri program fondasi mereka. Misalnya Monash University Malaysia memiliki program fondasi yang disebut dengan ‘Monash University Foundation Year’, dan Monash English Bridging (MEB) khusus untuk persiapan Bahasa Inggris.
 
 
MENGENAI FOUNDATION
 
Durasi program ini biasanya berlangsung selama satu tahun. Mata pelajaran yang dipilih adalah yang relevan dengan jurusan yang akan diambil saat perkuliahan sarjana nanti. Biasanya diminta untuk mengambil 6 hingga 8 mata pelajaran tergantung program fondasi tiap universitas.
 
Setelah menyelesaikan program ini dengan baik, mahasiswa dapat langsung diterima untuk perkulihan sarjana di universitas yang bersangkutan.   
 
 
KELEBIHAN PROGRAM FOUNDATION
 
Membantu memenuhi persyaratan masuk perkuliahan sarjana
 
Program fondasi ini menjembatani jarak dari sekolah menengah atas dengan kuliah, dimana pelajar diminta untuk lebih mandiri dalam mengikuti pembelajaran.
 
Dalam program fondasi, selain mengejar nilai, pelajar akan mempelajari keahlian yang dibutuhkan untuk mengikuti perkuliahan dengan baik. Misalnya membuat catatan dari penjelasan guru, mencari data atau artikel yang diperlukan untuk menyelesaikan makalah atau tugas, menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus dan lain sebagainya.
 
Intinya, program fondasi membantu pelajar untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan perkuliahan yang berbeda dengan sekolah menengah atas. 
 
 
Memperkuat Bahasa Inggris
 
Bahasa tentu saja sangat penting dalam mengikuti perkuliahan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mahasiswa harus dapat mengerti apa yang disampaikan dosen, mengerjakan tugas, memahami buku pelajaran, mempersiapkan ujian, berinteraksi dengan dosen dan mahasiswa, serta para staf universitas, dan lain sebagainya. Semua tidak terlepas dari komunikasi yang memerlukan tingkat kelancaran Bahasa Inggris yang baik.
 
 
Melatih kepercayaan diri
 
Dengan persiapan yang baik, pelajar tentunya akan lebih percaya diri pada saat memulai perkuliahan. Pelajar akan lebih terbiasa mendengar orang di sekeliling berbahasa Inggris, dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
 

LANGKAH SELANJUTNYA

Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia yang terkenal akan banyak pilihan program fondasi atau pre-university.
 
Baca lebih lanjut mengenai program pre-u yang tersedia di Malaysia beserta kisaran biaya program:
 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS