Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH COMPUTER SCIENCE DAN TI DI LUAR NEGERI

1135

Apa saja yang dipelajari dalam bidang Computer Science dan TI? Pelajari program apa yang bisa kamu tekuni di bidang ini dan lowongan karir yang tersedia...

 

 

Apa itu Computer Science dan TI?

 

Computer Science dan TI mempelajari semua tentang komputer dan data. Tujuannya adalah mengurangi pekerjaan manual dan memungkinkan hasil yang lebih akurat, efisien dan efektif. Teknologi komputer digunakan dalam banyak hal, baik untuk hal fungsional hingga hiburan.   

 

 

Mengapa kuliah Computer Science dan TI?

 

Saat ini dunia telah memasuki era digital, dimana banyak hal tergantung dengan komputer. Dunia komputer dan TI terus dipelajari, supaya manusia bisa lebih maju peradabannya. Bandingkan jaman sekarang dengan 10 tahun yang lalu, berkat teknologi, banyak hal dipermudah. Efek-efek visual di film dan game semakin hidup, mereka yang berbakat menyanyi atau menari mendadak terkenal karena upload video di youtube, remaja yang jadi miliyarder karena bisnis online dan lain-lain. Semua itu tidak dapat terlepas dari peran komputer dan TI. Menguasai komputer dan TI berarti satu langkah lebih maju dari yang lain.

 

Sekarang susah menemukan perusahaan yang tidak menggunakan dukungan teknologi. Dri hari ke hari, teknologi telah menjadi bagian dari bisnis, sehingga memperluas lingkup kerja lulusan dari bidang komputer dan TI.

 

Keahlian komputer dasar, seperti coding dan programming juga banyak diminta untuk posisi digital marketing. 

 

 

Siapa yang cocok kuliah di bidang Computer Science dan TI?

 

Apakah kamu adalah seorang computer-geek dengan rasa ingin tahu yang tinggi, senang menyelesaikan soal logika, dan menikmati mengutak-atik komputer? Jika demikian, ini  mungkin bidang yang cocok untuk kamu.

 

Perkuliahan bidang Computer Science dan TI mengharuskan kontak yang lama dengan komputer, berdepan dengan kode yang panjang dan rumit. Proyek bisa berupa proyek individual dan juga kelompok, jadi mahasiswa akan belajar untuk bekerja dalam tim.

 

Setelah lulus dan bekerja, kamu mungkin akan bekerja dengan orang-orang yang tidak mahir dengan komputer dan teknologi (terutama jika kamu bekerja di departemen dukungan teknis untuk bisnis). Jadi ada kalanya rekan sekerja akan meminta bantuan untuk menyelesaikan masalah teknis, dan kamu perlu menjelaskan kepada mereka dengan cara yang gampang dimengerti oleh orang yang tidak memiliki latar belakang teknologi atau komputer.

 

 

Kriteria untuk kuliah Computer Science dan TI

Kamu diharapkan untuk memiliki pengetahuan dasar mengenai komputer, misalnya sistem komputer, programmin & coding dan lain-lain. Nilai yang bagus dalam pelajaran matematika dan fisika juga akan membantu pendaftaran kamu.

 

Jika kamu pernah terlibat dalam pembuatan software, aplikasi, website dan sejenisnya, jangan lupa menuliskannya di personal statement kamu sewaktu mendaftar ke universitas. Ini akan menjadi kelebihan kamu dibandingkan dengan kandidat lain yang mendaftar.

 

Disarankan untuk selalu mengkonfirmasi dengan universitas mengenai syarat pendaftaran yang diminta.

 

 

Jurusan yang bisa kamu ambil

Computer Science

Komputasi

TI

Multimedia

Software

 

 

Lowongan kerja bagi lulusan Computer Science dan TI

Setiap perusahaan memerlukan dukungan TI untuk menjalankan usaha mereka. Para sales memerlukan laptop untuk mempresentasikan proposal mereka; para desainer memerlukan software untuk mempresentasikan ide mereka, bagian logistik memerlukan software untuk membantu mereka memerika stok dan lain sebagainya. Oleh karena itu terdapat banyak lowongan kerja bagi lulusan Computer Science dan TI, terutama di kota-kota besar.

 

Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan di bidang Computer Science dan TI:

App developer (pengembang aplikasi)

Games developer (pembuat game)

Software tester

Information security

Search Engine Optimisation (SEO)

Technology officer (petugas teknologi)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS