Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH HUKUM DI LUAR NEGERI

2389

Mengapa Hukum adalah salah satu jurusan yang paling populer dan kompetitif di luar negeri? Pelajari semua yang perlu diketahui untuk kuliah hukum di luar negeri...

 

Apa itu Hukum?

Hukum berhadapan dengan apa yang dianggap benar dan salah oleh masyarakat, supaya dapat hidup aman dan teratur. Hukum juga menyusun hukuman dan penalti bagi mereka yang tidak mematuhi aturan. Hukum berbeda-beda di setiap negara, dan juga berubah-ubah sesuai dengan kemajuan jaman. Hukum mencoba menyelesaikan konflik antara pihak-pihak yang bersangkutan dan memberikan jalan tengah yang bisa diterima semua pihak.

 

 

Mengapa Kuliah Hukum?

Hukum dianggap sebagai salah satu bidang penting, berprestise dan menjanjikan penghasilan yang memuaskan. Para lulusan hukum biasanya dipandang sebagai kaum intelek yang berpengetahuan dan berwibawa.

 

Hukum menentukan banyak hal, mulai dari cara kita memperkerjakan karyawan, menjalankan usaha, hingga membayar pajak. Sehingga banyak juga yang ingin mempelajari hukum bukan karena ingin menjadi pengacara, tetapi supaya dapat menjalankan usaha tanpa melanggar hukum (yang terkadang tidak kita ketahui atau di luar dugaan).

 

Selain itu hukum juga terbagi menjadi banyak bidang yang lebih spesifik seperti hukum media, estate, kriminal, perusahaan, imigrasi, perpajakan dan lain sebagainya, sehingga dapt disesuaikan dengan minat masing-masing. 

Kuliah hukum tidak hanya menghafal teori, tetapi juga belajar menyelesaikan studi-studi kasus, sehingga melatih kemampuan untuk berargumentasi, menyampaikan alasan dan sudut pandang dengan jelas dan efektif. Hukum banyak mempelajari kasus, sehingga secara tidak langsung melatih kemampuan riset, meneliti dan menganalisa. Berpikir tajam dan jeli juga merupakan keahlian berharga yang dipelajari di bidang ini. Semua transferable skills ini menjadikan para lulusan jurusan hukum dapat bekerja di banyak bidang di luar hukum.

 

Salah satu kelebihan dari kuliah hukum di negara seperti Inggris atau Amerika adalah sistem hukum mereka telah dijadikan sebagai dasar bagi hukum-hukum di negara lain. Jadi setelah lulus, kamu bisa menerapkan apa yang kamu pelajari di banyak negara.

 

 

 

Siapa yang cocok untuk kuliah Hukum?

Kuliah hukum butuh dedikasi yang besar, butuh waktu berjam-jam untuk membaca, meneliti setiap kasus, hingga turun ke lapangan untuk riset. Dibutuhkan daya ingat yang bagus untuk mengingat banyak detail seperti nama, tanggal, petunjuk-petunjuk penting lainnya. Tetap fokus dan jeli, berpikir cepat di bawah tekanan juga sangat penting untuk dapat sukses di bidang ini.

 

Selain itu juga diperlukan kemampuan writing yang baik, untuk menyusun argumen tertulis sewaktu mewakili klien di persidangan, mediasi, atau pengadilan. Karir di bidang hukum juga mengharuskan berbicara dengan percaya diri di depan umum, mengatur waktu dengan baik, terutama sedang menerima lebih dari satu kasus yang bisa berlangsung berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

 

 

Kriteria yang dibutuhkan untuk kuliah Hukum ke luar negeri

Panitia penerimaan biasanya ingin melihat kemampuan writing dan pemahaman bacaanmu dalam Bahasa Inggris. Nilai ujian Bahasa Inggris yang diminta biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan jurusan lain (misalnya jurusan bisnis meminta IELTS band 6, hukum akan meminta IETLS band 6.5). Hal ini karena panitia mau memastikan mahasiswa dapat mengikuti isi perkuliahan yang cenderung lebih kompleks.

 

Selalu konfirmasikan dengan universitas yang kamu minati mengenai persyaratan masuk, karena bisa saja berbeda-beda antara setiap jurusan, spesialisasi dan universitas.

 

 

Pilihan Jurusan 

Hukum Sipil

Hukum Kriminal

Hukum Internasional

Legal Advice

Legal Studies

Public Law

 

 

Lowongan kerja bagi para lulusan Hukum

Kebanyakan yang memilih jurusan hukum memiliki tujuan untuk bekerja sebagai pengacara. Banyak yang bekerjasama dengan beberapa perusahaan menjadi penasihat hukum, sebagian juga menjadi hakim.  

 

Sejumlah transferable skills yang dimiliki para lulusan hukum juga sering membuat mereka diterima di lowongan lain yang tidak berhubungan dengan hukum. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS