Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH ILMU TERAPAN DAN ILMU MURNI DI LUAR NEGERI

826

Apa saja yang dipelajari dalam Ilmu Murni dan Terapan? Pelajari program apa yang bisa kamu tekuni di bidang ini dan lowongan karir yang tersedia...

 

Apa itu Ilmu Murni dan Terapan?

 

Ilmu Murni (Pure Science) adalah pengembangan teori dan prediksi ilmiah seperti dalam Kimia, Biologi atau Fisika. Dikenal juga sebagai  ‘Basic Science’ atau ‘Natural Science’. Ilmu Murni adalah penelitian yang tidak memperhitungkan bagaimana teori-teori dapat diterapkan, tetapi menggunakannya untuk menjawab pertanyaan atau fenomena. Pekerjaan ilmu ini seringkali dijalankan di dalam laboratorium.

 

Ilmu terapan (Applied Science) adalah penerapan dari teori dan prediksi tersebut ke dalam problem-problem praktikal seperti Teknologi atau Teknik (biasanya dalam Penelitian & Pengembangan, atau dikenal sebagai R&D). Ilmu ini dipraktekkan di luar laboratorium.

 

 

Mengapa kuliah Ilmu Murni dan Terapan?

Sebagai suatu spesies, kita harus sering menantang apa yang kita ketahui, supaya kita bisa menemukan pengetahuan dan teknologi baru, demi kemajuan peradaban manusia.

 

Tanpa kemajuan dari teori-teori ilmiah, kita tidak dapat mengenal lingkungan sekitar, dan berakibat pada kita tidak bisa menyelesaikan masalah-masalah yang timbul (misalnya sumber daya yang semakin menipis, perubahan iklim, dan lain-lain).

 

Ilmu Murni dan Terapan adalah bidang-bidang yang termasuk dalam STEM fields yang banyak diminati perusahaan di seluruh dunia.  Banyak negara yang mempermudah mahasiswa internasional lulusan bidang STEM, baik itu untuk ijin kerja maupun ijin tinggal. Jadi jika kamu tidak ingin kembali ke negara asal setelah lulus kuliah, bidang ini patut dipertimbangkan.

 

 

Siapa yang cocok kuliah di bidang Ilmu Murni dan Terapan?

Untuk dapat bertahan di bidang ini dibutuhkan karakter yang memiliki rasa ingin tahu yang besar dan tekad yang kuat. Karena selama penelitian, bisa saja menguji berbagai teori, atau teori yang sama berulang-ulang dan kemudian membandingkan hasilnya. Jadi dibutuhkan antusiasme yang tinggi, kemampuan untuk berpikir kritis dan keahlian analitikal yang tinggi supaya dapat menikmati pekerjaan di bidang ini.

 

 

Kriteria untuk kuliah bidang Ilmu Murni dan Terapan?

Bagi yang ingin mendaftar untuk bidang ini perlu memiliki satu atau beberapa kualifikasi dari pelajaran biologi, kimia, atau fisika.  Selain itu kualifikasi dalam bidang matematika dan atau teknologi juga dapat mendukung pendaftaran kamu.  

 

Disarankan untuk selalu mengkonfirmasi dengan universitas mengenai syarat pendaftaran yang diminta.

 

 

Jurusan apa yang bisa kamu ambil?

Astronomi

Biologi

Biomedical Sciences (Sains Biomedis)

Kimia

Earth Sciences (Ilmu Bumi)

Environmental Sciences (Ilmu Lingkungan)

Food Science and Technology (Ilmu dan Teknologi Pangan)

General Sciences (Ilmu Umum)

Physical Geography (Geografi Fisik)

Life Sciences

Materials Sciences (Ilmu Materi)

Matematika

Fisika

Sports Science (Ilmu Olahraga)

 

 

Lowongan kerja bagi lulusan Ilmu Murni dan Terapan

 

Tergantung jurusan yang diambil, mereka yang memiliki gelar dari Ilmu Murni dapat bekerja sebagai ilmuwan, peneliti atau dosen. Sedangkan yang lulus dari bidang Ilmu Terapan dapat berkarir di bidang praktikal seperti insinyur atau mengisi posisi di bagian R&D (research & development). Gaji awalnya lumayan tinggi, sekitar $ 42,400- 42,600 per tahun.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS