Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH KESEHATAN DAN KEDOKTERAN DI LUAR NEGERI

2326

Mengapa harus kuliah Kesehatan dan Kedokteran di luar negeri? Pelajari semua yang perlu kamu ketahui mengenai salah satu bidang yang paling populer bagi mahasiswa internasional...

 

 

Apa itu Kesehatan dan Kedokteran?

 

Kesehatan dan Kedokteran mempelajari diagnosa, perawatan, rehabilitasi dan pencegahan penyakit atau kondisi yang berpengaruh buruk pada kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.

 

 

Mengapa kuliah Kesehatan dan Kedokteran?

 

Adalah sesuatu yang mulia dan bermakna jika dapat membantu orang lain di saat mereka lemah dan rapuh. Terlebih lagi jika berhasil meningkatkan kualitas hidup manusia, maka akan menjadi suatu kontribusi yang sangat bermanfaat.

 

Penyakit adalah salah satu kelemahan tubuh manusia. Semua orang bisa sakit, dan jenis penyakit selalu bertambah, atau berubah, sehingga permintaan untuk tenaga medis yang ahli tidak pernah berkurang. Selalu ada lowongan kerja yang terbuka dan tentu saja dengan bayaran yang tidak sedikit.

 

 

Siapa yang cocok kuliah Kesehatan dan Kedokteran?

 

Badan manusia adalah sistem yang sangat rumit, diperlukan pengetahuan mendalam dan penelitian yang berkelanjutan untuk mempelajarinya. Selain itu badan manusia bereaksi terhadap lingkungan (asupan makanan, iklim, dll) yang juga selalu berubah, sehingga ilmu medis tidak pernah ada ujungnya. Dibutuhkan antusiasme dan rasa ingin tahu yang tinggi untuk dapat bertahan di bidang ini, menyelesaikan masalah yang telah ada dan masalah baru yang akan timbul

 

Karir di bidang medis menuntut dedikasi, berpikir kritis, efisien dan efektif, kesabaran, serta terus mengikuti perkembangan terbaru. Memotivasi dan menyemangati pasien yang sedang sakit juga sangat penting. Keahlian-keahlian ini akan ditanamkan dan diasah semasa kuliah. Rasa tanggung jawab yang besar juga sangat penting karena nyawa pasien tergantung pada dokter atau ahli medis yang menangani mereka.

 

Walau kedokteran identik dengan banyak teori dan rumus, praktek juga sangat dipentingkan. Semasa kuliah mahasiswa akan diberikan banyak kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kasus praktikal. Bekerja di bawah tekanan juga akan dilatih, terutama mahasiswa yang berspesialisasi dalam ilmu bedah atau penanganan kritis.

 

Bekerja sebagai tenaga medis juga terkadang harus mengikuti jam kerja yang panjang, atau dipanggil di luar jam kerja, untuk menangani keadaan darurat, misalnya pada saat tengah malam atau libur. Ini juga harus dipertimbangkan sebelum memutuskan menekuni jurusan ini.

 

Kamu juga bisa mencoba tes MBTI untuk melihat apakah kamu cocok untuk mengambil jurusan kedokteran. Coba tes MBTI gratis, dalam bahasa Indonesia dengan mengklik gambar ini:

 

 

 

Kriteria yang dibutuhkan untuk kuliah Kesehatan dan Kedokteran di Luar Negeri

 

Biasanya nilai yang bagus dalam mata pelajaran Biologi di transkrip nilai sekolah menengah atas akan membantu pendaftaran kamu. Tergantung universitas, kamu mungkin akan diminta untuk mengikuti tes masuk khusus jurusan kedokteran seperti BMAT atau UKCAT.

 

Selalu konfirmasikan dengan universitas yang kamu minati mengenai persyaratan masuk, karena bisa saja berbeda-beda antara setiap jurusan, spesialisasi dan universitas.

 

 

Jurusan yang dapat diambil

 

Complementary Health

Konseling

Kedokteran Gigi

Ilmu Kesehatan

Kesehahan dan Keamanan

Kedokteran

Kebidanan

Keperawatan

Nutrisi dan Kesehatan

Oftalmologi

Ilmu Farmasi

Fisiologi

Fisioterapi

Psikologi

Kesehatan Publik

 

 

Lowongan kerja bagi lulusan Kesehatan dan Kedokteran

 

Tergantung jurusan pilihan kamu, berikut ini adalah beberapa lowongan yang tersedia bagi para lulusan kesehatan dan kedokteran:

Dokter

Ahli Bedah

Konsultan

Ahli Fisioterapi

Perawat

Bidan

Ahli Nutrisi

Apoteker

Psikolog

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS