Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH MUSIK DI EROPA: Q&A DENGAN BIMM

773

APAKAH ANDA PENGGEMAR MUSIK? APAKAH ANDA SERING MEMBAYANGKAN BETAPA MENYENANGKAN JIKA DAPAT BERKARIR DI BIDANG YANG ANDA GEMARI TERSEBUT? MARK CLAYDEN, MANAJER DARI BIMM – DAN SEORANG ROCK STAR BONAFIT YANG TELAH MENGADAKAN TUR BERSAMA BANYAK GRUP MUSIK TERKENAL SEPERTI METALLICA DAN OZZY OSBOURNE INGIN BERBAGI CERITA MENGENAI KULIAH MUSIK DI LUAR NEGERI...

 

Kuliah musik – Mengapa harus di Berlin?

‘Berlin adalah ‘Kota Musik’, yang menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat pertunjukan, studio rekaman, dan melalui koneksi industri dari BIMM, para mahasiswa kami dapat mengakses fasilitas-fasilitas luar biasa tersebut. Berlin telah memiliki sejarah panjang sebagai tempat pertunjukan bagi banyak artis dan pemusik seperti Iggy Pop, Nick Cave, Depeche Mode, U2 dan Bloc Party, yang mengadakan pertunjukan dan menjalankan proyek rekaman di kota musik tersebut. Salah satu hasil karya yang paling ternama, yang pernah dihasilkan di Berlin adalah album ‘Berlin Trilogy’ karya David Bowie: ‘Low’, ‘Heroes’ and ‘The Lodger’.

 

Berlin telah menjadi pusat musik sejak abad ke-18, dan terus memberikan pengaruh yang signifikan secara global. Kosmopolitan, kreatif, mewah, subversif dan berpikiran terbuka; Berlin adalah kota yang kaya akan sejarah dan tradisi musik.’

 

Selain menjadi pemusik profesional, karir apa saja yang dapat dijalani lulusan jurusan musik?Karir apasaja yang ditekuni para Lulusan BIMM?

‘Lulusan kami saat ini tersebar di industri musik sebagai artis, produser, manajer, booking agent, penulis lagu, jurnalis dan masih banyak lagi. Beberapa lulusan kami yang menjadi tokoh terkenal adalah George Ezra, Beth Rowley, The Other Tribe dan Ben Thompson (of Two Door Cinema Club).

 

Ben Thompson, live drummer dari Two Door Cinema Club:

" scrolling="yes" src="https://youtu.be/Wxu02vp_Vm0" width="545" wmode="opaque">

 

Alumni BIMM Bristol – George Ezra:

" scrolling="yes" src="https://youtu.be/VHrLPs3_1Fs" width="545" wmode="opaque">

 

Apasaja keahlian yang dipelajari mahasiswa musik selain musik itu sendiri? Apakah mereka hanya belajar memainkan instrumen musik setiap hari?

Setiap program mengajarkan serangkaian keahlian spesialis, dan tidak hanya sekedar memainkan instrumen musik. Program BA (Hons) Creative Musicianship (Gitar, Bass, Drum, Vokal) mengasah kemampuan mahasiswa untuk menciptakan dan mengekspresikan musik secara bebas, mengembangkan kemampuan untuk pertunjukan musik dan menulis lagu. Mahasiswa program BA (Hons) Songwriting akan mempelajari berbagai komponen integral penulisan lagu (lirik, chord, melodi dan aransemen), dengan memberikan mereka kesempatan praktek untuk menciptakan lagu. Sedangkan mahasiswa program BA (Hons) Music Business mempelajari semua aspek mengenai industri musik seperti manajemen, A&R, marketing, mengatur anggaran, hukum, pengoperasian label rekaman dan menjalankan perusahaan mereka sendiri. Program ini menekankan peran era digital dan bagaimana memanfaatkan teknologi untuk memajukan karir dalam industri musik.

Keunggulan dari progam-program gelar kami adalah semua mahasiswa BIMM Berlin memiliki kesempatan untuk menyelesaikan tahun kedua di BIMM London sister college – yang berada tepat di pusat industri musik global – sebelum kembali menyelesaikan tahun terakhir di BIMM Berlin.

Semua program gelar BIMM memadukan pembelajaran teori dan praktek, sehingga mahasiswa dapat mengerti faktor-faktor utama dalam sejarah musik dengan baik. BIMM mengajarkan mahasiswa keahlian-keahlian personal dan profesional yang dibutuhkan untuk dapat membina karir yang sukses dan berkepanjangan dalam bidang musik, jadi mahasiswa BIMM akan lulus dengan siap terjun langsung ke industri musik.’

 

Kampus baru BIMM di Berlin

‘BIMM Berlin, yang berada di gedung yang sama dengan partner kami – Noisy Academy,  berlokasi di distrik yang terkenal sangat kreatif, yaitu Friedrichshain-Kreuzberg. Kampus Berlin menyediakan beragam fasilitas profesional dan canggih, yang meliputi berbagai perlengkapan dan software yang digunakan oleh pembuat instrumen musik ternama di dunia. Kampus kami juga menyediakan banyak Mac suites dengan perlengkapan yang disponsori oleh Ableton, studio-studio latihan backline-fitted, dan sebuah studio rekaman independen milik BIMM yang dapat dipesan oleh mahasiswa BIMM dengan harga khusus mahasiswa.

 

Beberapa fasilitas dan perlengkapan yang tersedia di kampus baru BIMM di Berlin

Beberapa fasilitas dan perlengkapan yang tersedia di kampus baru BIMM di Berlin

 

Bangunan BIMM Berlin sendiri merupakan pusat industri musik yang menyediakan jasa sewa perlengkapan, stasiun radio, majalah musik yang terkenal di dunia, beberapa studio rekaman independen dan agen tiket online untuk berbagai acara. Dengan demikian para mahasiswa kami dapat terhubung secara langsung dengan komunitas musik dan komunitas lokal yang kreatif, serta banyak kesempatan untuk pengalaman kerja.’

 

Pelajari lebih lanjut mengenai BIMM dan program-program musik mereka

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS