Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH SASTRA DI LUAR NEGERI

1981

Apa yang dipelajari di jurusan sastra? Lihat bagaimana bidang ini mengajarkan kita mengenai ‘cerita’ manusia sebagai suatu spesies hingga peradaban, dan masih banyak lagi...

 

Apa itu Sastra?

Sastra mempelajari manusia sebagai suatu spesies dan bagaimana manusia mencatat/mendokumentasikan pengalaman mereka. Sastra atau Humanities sebenarnya adalah istilah luas yang mencakup literatur, filsafat, seni dan religi/kepercayaan, serta semua tentang bagaimana manusia mengekspresikan dan menginterpretasikan hubungannya dengan dunia sekitar, dari waktu ke waktu, jaman dulu hingga jaman moderen sekarang dan akan datang.

 

 

Mengapa kuliah Sastra?

Tidak ada jawaban yang benar atau salah di dunia sastra, semua tergantung dari sudut pandang dan interpretasi masing-masing. Dari sastra, manusia mempelajari cara pikir dan sudut pandang suatu bangsa, suatu jaman, yang kemudian dibedakan lagi menjadi kelompok tertentu. Semua itu tergantung dari lingkungan jaman tersebut, misalnya sedang jaman perang, revolusi, liberal dan lain-lain.

 

Sastra adalah bidang yang sangat luas, abstrak sekaligus unik, yang seringkali membuka banyak diskusi dan perdebatan. Sastra mempelajari banyak ilmu. Kadang untuk mengerti suatu karya (lirik lagu, puisi, novel, dan lain-lain), kamu juga perlu mempelajari Sosiologi, Filsafat, Psikologi dan lain-lain.

 

Sastra adalah bidang yang penting untuk mempelajari manusia, leluhur kita, dan salah satu tujuannya adalah supaya manusia menjadi lebih baik, belajar dari kesalahan dan meneladani kebijaksanaan leluhur terdahulu.

 

Lulusan sastra biasanya sangat mengerti arti tersembunyi di suatu percakapan, cerita ataupun omongan. Karena sastra mempelajari banyak ilmu, dan mengerti pikiran manusia, maka mempelajari banyak transferable skill, sehingga pilihan kerja setelah lulus tidak terbatas dalam bidang sastra seperti penulis, penerjemah, atau pengajar. Sastra juga adalah salah satu hiburan bagi manusia, baik itu berupa bacaan seperti novel, lagu, atau film-film yang diangkat dari suatu jaman sejarah, atau latar belakang. Semua itu tidak akan ada tanpa sastra.

 

 

Siapa yang cocok kuliah Sastra?

Jika kamu adalah seorang pemikir, sering bertanya-tanya atau menyukai topik seperti ‘Apa arti kehidupan?’, ‘Apa yang membuat seseorang menjadi “jahat”?, atau ‘Apa itu seni yang sebenarnya?’, maka kamu boleh mempertimbangkan kuliah sastra.

 

Jika kamu memiliki passion yang tinggi terhadap sastra, kuliah jurusan ini di luar negeri akan sangat menarik, karena akan banyak kesempatan untuk mengekspresikan pemikiranmu, mendiskusikan topik-topik favorit dengan teman-teman yang berminat sama. Selain itu jika kamu senang menulis atau mengarang, akan menjadi suatu kelebihan.

 

Salah satu kelebihan dari mahasiswa sastra adalah kemampuan untuk melihat suatu hal dari beberapa sudut pandang, mengekspresikan pemikiran dengan baik, yang juga merupakan transferable skills yang sangat berharga, yang dapat digunakan untuk setiap bidang kerja, baik yang di luar sastra.

 

 

Kriteria yang dibutuhkan untuk kuliah Sastra di luar negeri

Hal ini akan tergantung dari jurusan yang kamu pilih. Jika kamu memilih Studi Religi, maka nilai tinggi dalam pelajaran agama sangatlah penting. Kemampuan untuk menulis argumentatif dalam Bahasa Inggris juga sangat penting, karena jurusan sastra akan memberikan banyak tugas menulis/mengarang, dan kamu harus pintar berargumen. Prinsipnya adalah tidak ada yang benar atau salah dalam sastra, yang penting adalah bagaimana kamu meyakinkan orang lain untuk menerima pemikiranmu.

 

Selalu konfirmasikan dengan universitas yang kamu minati mengenai persyaratan masuk, karena bisa saja berbeda-beda antara setiap jurusan, spesialisasi dan universitas.

 

 

Jurusan yang dapat diambil

Arkeologi

Classics

Cultural Studies

English Studies

General Studies

Sejarah

Bahasa

Literatur

Museum Studies

Filsafat

Regional Studies

 

 

Lowongan kerja bagi para lulusan Sastra

Karena jurusan sastra mempelajari banyak ilmu, dan sejumlah transferable skills, ada banyak pekerjaan yang bisa ditekuni setelah lulus, baik di luar bidang sastra. Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan bidang sastra:

 

Ahli Sejarah

Arkeolog

Antropolog

Kurator

Dosen

Professor

Peneliti

Sumber Daya Manusia

Periklanan

 

Beberapa keahlian yang kamu pelajari dari jurusan sastra seperti menulis argumen, menyeimbangkan beberapa sudut pandang, melakukan penelitian dan lainnya dapat dialihkan ke sejumlah pekerjaan lain seperti politik, mengajar dan jurnalisme. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS