Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH SOCIAL STUDIES & MEDIA DI LUAR NEGERI

870

Apa itu Social Studies & Media?

Dewan Nasional Amerika mendefinisikan  ‘Social Studies’ sebagai ‘studi terintegrasi dari social sciences dan sastra untuk meningkatkan kompetensi suatu bangsa’. Singkatnya, Social Studies mempelajari masyarakat dan hubungannya dengan lingkungan sekitar.

 

Yang dimaksud dengan Media adalah televisi, film, musik, game, surat kabar, majalah, hingga internet. Peran media dalam suatu masyarakat sangat besar, bahkan dapat membentuk dan merubah pola pikir masyarakat.

 

 

Mengapa kuliah Social Studies & Media?

Social Studies & Media adalah salah satu bidang kuliah kontemporer, karena harus selalu mengikuti perkembangan jaman, terutama masa sekarang dimana teknologi berkembang pesat, sehingga memberikan kita lebih banyak fasilitas media. Mulai banyak orang terkenal karena upload video di Youtube, banyak milioner muda bermunculan berkat jualan di Facebook, toko online dan lain sebagainya.

 

Perkembangan media, terutama media sosial membuat bidang ini penting untuk dipelajari, baik itu untuk memajukan suatu usaha, ataupun memperbaiki kualitas suatu masyarakat (misalnya melalui klip singkat dari artis yang sedang populer untuk menghimbau masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas). Intinya, bidang ini mempelajari bagaimana mempengaruhi suatu komunitas atau masyarakat dengan menggunakan media.

 

Walau terdengar sederhana, ini adalah bidang yang cukup kompleks, karena suatu masyarakat dibedakan lagi menjadi beberapa kelompok. Contoh: menurut umur, latar belakang pendidikan, budaya, kepercayaan, dan aspek lainnya. Setiap kategori memiliki sifat dan perilaku yang berbeda, dan juga selalu berubah-ubah seiring waktu berjalan. Sehingga selalu butuh riset terbaru untuk mendapatkan data yang paling akurat.

 

Bidang ini juga menekankan keahlian-keahlian penting seperti menulis, presentasi dan analisa kritis, yang bisa dipakai di banyak sektor.

 

 

Siapa yang cocok kuliah Social Studies & Media?

Media tidak hanya berhubungan dengan TV dan berita. Jurusan ini juga harus mempelajari cara menginterpretasikan apa yang disampaikan media. Biasanya para lulusan Social Studies & Media memasuki industri kreatif yang inovatif, berpengaruh dan glamor. Karir di industri ini juga sangat kompetitif. Terkadang lebih penting siapa yang kamu kenal daripada apa yang kamu bisa. Jadi, koneksi sangat penting untuk menentukan kesuksesan karir di masa datang. Oleh karena itu, para kandidat yang ingin memilih bidang ini harus percaya diri dan nyaman bergaul dengan banyak orang, baik itu untuk mencari sumber inspirasi atau membangun koneksi. Selain itu juga harus jeli melihat dan memanfaatkan kesempatan.  Setiap momen bisa saja menjadi sorotan, menaikkan atau bahkan merusak popularitas.

 

Mereka yang tertarik akan bagaimana kita berperilaku sebagai suatu masyarakat akan menemukan banyak hal menarik di jurusan ini. Hal-hal serius seperti gender, ras menjadi patokan dari Social Studies. Mereka yang tidak segan terlibat dalam diskusi dan debat kontroversial akan menyukai bidang ini, dimana mereka bisa berbagi opini dan pendapat dengan orang-orang yang berminat sama.

 

 

Kriteria untuk kuliah Social Studies & Media di luar negeri

Sebenarnya Social Studies & Media adalah bidang yang luas. Persyaratan masuk ditentukan oleh jurusan spesifik yang kamu pilih. Akan tetapi semua jurusan akan meminta kelancaran Bahasa Inggris yang memadai, terutama untuk writing dan reading. Beberapa jurusan juga meminta persyaratan yang lebih khusus seperti hasil karya atau prestasi dalam fotografi.

 

Selalu konfirmasikan dengan universitas yang kamu minati mengenai persyaratan masuk, karena bisa saja berbeda-beda antara setiap jurusan, spesialisasi dan universitas.

 

 

Pilihan Jurusan

Antropologi

Ekonomi

Film & Televisi

Human Geography

Jurnalisme

Library Studies

Linguistik

Media

Fotografi

Politik

Social Sciences

Social Work

Sosiologi

Writing

 

 

Lowongan kerja bagi lulusan Social Studies & Media

Seperti yang tertulis di atas, bidang Social Studies & Media sangatlah luas, mulai dari ekonomi hingga politik, antropologi, sosiologi hingga fotografi dan media. Berikut ini hanyalah beberapa contoh karir bagi para lulusan Social Studies & Media:

 

Antropolog

Produser

Direktur film

Penulis naskah

Jurnalis

Pustakawan

Fotografer

Petugas Press

Politikus

Pegawai Negeri Sipil

 

Para lulusan bidang Social Studies & Media biasa dibekali dengan keahlian untuk bekerja sama dalam tim, dan memanfaatkan media (baik itu artikel majalah, berita koran, iklan dan media lainnya) untuk mempengaruhi suatu kelompok target. Sehingga bisa juga bekerja di bidang lainnya, seperti periklanan, relasi umum, komunikasi massa dan bidang lain yang bersangkutan. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS