Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

KULIAH TEKNIK DI LUAR NEGERI

1516

Apa saja yang dipelajari dalam bidang Teknik (Engineering)? Pelajari program apa yang bisa kamu tekuni di bidang ini dan lowongan karir yang tersedia...

 

Apa itu Teknik?

 

Teknik itu membahas semua tentang menyelesaikan masalah, membuat penemuan yang memudahkan hidup manusia. Misalnya dengan adanya komputer dan internet, sekarang kita bisa berbelanja tanpa meninggalkan rumah. Insinyur menggunakan ilmu yang dirumuskan oleh ilmuwan, kemudian membuat atau membangun sesuatu yang fungsional dan berguna (mulai dari sepeda hingga pesawat, handphone hingga smartphone, dan lain-lain).

 

 

Mengapa kuliah Teknik?

 

Teknik adalah salah satu bidang STEM, yang berarti adalah salah satu bidang yang vital untuk perkembangan berbagai sektor. Sehingga para lulusan teknik tidak akan kesusahan mencari kerja. Semua perusahaan besar memerlukan lulusan teknik untuk membuat produk baru, menyusun sistem operasional yang berjalan dengan baik dan lain sebagainya.  

 

Dunia selalu berubah, selalu berkembang, begitu juga pengetahuan di bidang Teknik. Kurikulum dan pendidikan teknik selalu menyesuaikan dengan perkembangan terbaru, ilmu dan teori baru selalu diciptakan untuk menyelesaikan masalah yang sedang ada, atau diprediksikan akan terjadi di masa depan.

 

Jika kamu ingin menetap di luar negeri setelah lulus kuliah, memiliki gelar teknik akan membantu. Pemerintah di Inggris, Amerika, Australia dan banyak negara lainnya memberikan kemudahan bagi para mahasiswa internasional yang memegang gelar bidang STEM, teknik adalah salah satunya.

 

 

Siapa yang cocok kuliah Teknik?

 

Diperlukan rasa antusias yang tinggi untuk dapat sukses di bidang ini. Teknik tidak terlepas dari problem solving (menyelesaikan masalah), sehingga dibutuhkan daya analitikal yang tinggi, supaya dapat terus berinovasi, dan terkadang harus berpikir dari banyak sudut pandang.

 

Walau terdengar teknikal, mahasiswa yang ingin berkecimpung di bidang teknik juga harus memiliki kreatifitas dan imajinasi yang kuat. Mereka perlu menciptakan ide sebelum merancang atau menghasilkan suatu produk.

 

Proyek teknik melibatkan banyak pihak, jadi juga diperlukan kemampuan untuk dapat bekerjasama dalam tim.

 

 

Kriteria untuk kuliah Teknik

 

Jika ingin pendaftaran diterima di fakultas teknik yang bagus di luar negeri, pendaftar perlu memiliki nilai yang bagus dalam mata pelajaran matematika dan sains. Ini adalah persyaratan umum, tergantung program yang kamu pilih, mungkin akan diminta persyaratan yang lebih spesifik.

 

Disarankan untuk selalu mengkonfirmasi dengan universitas mengenai syarat pendaftaran yang diminta.

 

 

Jurusan yang bisa kamu ambil

 

Aerospace Engineering

Biomedical Engineering

Chemical and Materials Engineering

Civil Engineering

Electrical Engineering

Electronic Engineering

Environmental Engineering

General Engineering and Technology

Manufacturing and Production

Marine Engineering

Mechanical Engineering

Metallurgy

Mining and Oil & Gas Operations

Power and Energy Engineering

Quality Control

Structural Engineering

Telecommunications

Vehicle Engineering

 

 

Lowongan kerja bagi lulusan Teknik

 

Kebanyakan lulusan teknik menjadi insinyur, sebagian lainnya juga bekerja di bagian desain, membuat dan mengetes produk sebelum dipasarkan.

 

Bidang non-teknik lainnya yang juga diisi oleh para lulusan teknik adalah logistik, manajemen operasional, supply chain dan lain-lain. Sesungguhnya lowongan kerja untuk teknik itu tidak terbatas, karena para lulusannya dibekali dengan transferable skill seperti keahlian untuk bekerja sama dalam tim, menganalisa, berpikir logis dan cepat.

 

Selain itu teknik masuk dalam bidang STEM, sehingga memudahkan kamu diterima bekerja di luar negeri.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS