Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Manakah Universitas Muda yang Terbaik di Dunia?

443

Meski ada banyak peringkat universitas yang tersedia, masing-masing dengan takaran yang berbeda-beda, kebanyakan peringkat ini cenderung memilih institusi tua yang memang sudah sangatlah mapan. Misalnya saja, dalam 3 peringkat teratas yang dikeluarkan oleh Times Higher Education, Caltech didirikan di tahun 1891 dan Harvard di tahun 1636. Oxford University tidak memiliki tanggal yang terdaftar, namun bukti-bukti menunjukkan sudah adanya pengajaran di abad ke-11.

 

Tentu saja ada banyak universitas yang jauh lebih baru namun juga sama bagusnya di penjuru dunia, namun manakah yang terbaik?

 

Dalam peringkat dunia yang dikeluarkan oleh Times Higher Education, ada juga kategori yang menilik universitas yang berusia kurang dari 50 tahun. Menggunakan indikator yang serupa dengan peringkat lain yang mereka keluarkan, namun ini dikalibrasikan ulang untuk menekankan karakteristik spesial dari banyak institusi muda: dengan reputasi yang sedikit kurang terkenal.

 

 

Di peringkat teratas ada École Polytechnique Fédérale de Lausanne di Swiss. Dua universitas termuda di peringkat ini—Hong Kong University of Science and Technology dan Nanyang Technological University—didirikan di tahun 1991.

 

University of California dan University of Warwick pun masuk di dalam peringkat ini—mereka berdua adalah satu-satunya wakil dari Amerika Serikat dan Britannia Raya.

 

 

Data ini diambil dari peringkat Times Higher Education 100 Universities under 50 yang menilai universitas melalui 13 indikator yang serupa, namun dengan bobot yang telah dimodifikasi.

 

Ditulis oleh Paul Muggeridge.

 

(Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2015/08/which-are-the-worlds-best-young-universities/)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.