Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

PANDUAN MEMILIH PROGRAM KULIAH DESAIN INTERIOR

1205

Program desain interior paling popular saat ini adalah program Interior DesignInterior Architecture atau Spatial Design. Pada umumnya setiap program kuliah tersebut memerlukan waktu 3 tahun.

 

Selain program 3 tahun juga tersedia berbagai program singkat untuk menyesuaikan dengan keperluan tiap individu. Yang perlu diperhatikan adalah, pastikan Anda memilih program yang telah terakreditasi. Untuk mengetahui apakah program pilihan Anda terakreditasi atau tidak, Anda bisa menanyakannya ke institusi pilihan Anda.

 

Program desain interior terbagi menjadi:

 

1. Program Gelar (Sarjana/Pascasarjana)

Ini adalah program tiga tahun, BA penuh waktu (sarjana) dalam bidang desain interior dan spesial desain. Mahasiswa dapat memperoleh bantuan keuangan dari beberapa universitas.

 

Yang menarik adalah, beberapa universitas mengijinkan mahasiswa mereka untuk menggabungkan gelar desain mereka bersama dengan bidang spesialisasi lain, sehingga memperluas propek kerja mahasiswa. University of Derby menawarkan mahasiswa untuk mengambil BA Architectural Design dan Theatre Studies, menggabungkan kemampuan kreatifitas dan arsitektur, menggunakan teknologi bantuan komputer desain dengan pekerjaan teknis teater dan produksi.

 

2. Program Fondasi Desain Interior

Jenis gelar vokasional baru yang berdurasi dua tahun penuh waktu dan termasuk pengalaman kerja selama 16 minggu. Beberapa penyedia program memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk langsung masuk ke tahun ke tiga program BA (sarjana S1).

 

3. Program HND in Interior Design

Program praktek vokasional yang berdurasi dua hingga tiga tahun, termasuk pengalaman kerja.

 

4. Program Diploma in Interior Design and Decoration

Biasanya program ini berupa program vokasional intensif yang hanya berdurasi 1 tahun.

 

Swinburne University of Technology, Australia, menawarkan program Graduate Diploma of Interior Design dimana mahasiswa mendesain proyek yang meliputi pembuatan ruang 3D, perawatan permukaan, material, pencahayaan, akustik, desain kostum dan furnitur. Mahasiswa dipersiapkan untuk mendapatkan pekerjaan dalam bidang desain interior dan pertunjukan, desain hotel dan retail, desain teater, desain museum, desain dengan bantuan komputer dan manajemen desain.

 

Bagaimana Memilih Program Kuliah Desain Interior?

Ketika memilih program desain interior atau universitas, pastikan untuk mengetahui detail program dan berbicara pada dosen dan mahasiswa lain. Beberapa program desain interior yang baik haruslah mencakup:

  • Desain fundamental (filosofi, sosiologi, estetika dan teori desain).
  • Riset virtual seperti warna, cahaya, bentuk dan tekstur, serta pengetahuan dasar material.
  • Sejarah seni dan arsitektur, interior dan furnitur.
  • Pekerjaan kreatif dengan metodologi proyek.
  • Interpretasi dan skema proyek dan studi teknik yang terkait dengan lingkungan buatan          
  • Biaya dan estimasi, detail material dan spesifikasi dan fitting.
  • Mempersiapkan Anda untuk praktek profesional seperti hukum terkait desainer.
  • Penempatan kerja desain interior.

 

Sudah memutuskan bahwa desain interior adalah bidang yang cocok untuk Anda? Mulai cari program kuliah desain interior di luar negeri disini.  

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS