Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Finance

1841

Untuk kalian yang berkeinginan untuk mengejar kualifikasi Sarjana di bidang Bisnis, mendapatkan gelar barulah permulaan. Yang harus kalian perhatikan setelahnya adalah melihat-lihat pilihan-pilihan karir yang ada, dan mencari-cari sektor industri mana yang paling memerlukan professional-professional baru di bidang yang telah kamu tekuni. Bidang finansial merupakan sektor yang memiliki banyak sisi yang berbeda-beda, dan seringkali menawarkan jabatan yang menyesuaikan dengan keterampilan dan minat yang berbeda-beda.

Jasa finansial memiliki sub-industri mencakup berbagai macam peluang menarik. Kunci dari kesuksesan di sektor finansial adalah dengan meriset, mencari, dan mendapatkan pekerjaan dengan kesesuaian antara keterampilan dan minatmu. Hal yang sama juga berlaku untuk mereka yang sudah bekerja dan sedang mencari bidang kerja baru dan ingin mencoba membanting setir.

Berikut adalah beberapa jenjang karir yang mungkin dapat kamu titi dalam industri jasa finansial:

 

 

Corporate finance

Pekerjaan ini mencakup bekerja di dalam sebuah perusahaan dan mencari serta mengatur modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha. Ini perlu dilakukan dengan memaksimalkan nilai-nilai perusahaan, dan pada saat yang bersamaan, meminimalisir resiko finansial.

 

Pekerjaan yang dapat kamu implementasikan di jabatan ini mencakup juga: mengatur dan mendirikan strategi finansial perusahaan secara keseluruhan; memprediksi keuntungan dan kerugian; menegosiasikan kredit-kredit yang ada; mempersiapkan financial statement dan berkoordinasi dengan para auditor dari luar perusahaan.

 

Beberapa pekerjaan korporat yang lebih canggih mungkin akan juga melibatkan merger dan akuisisi, seperti misalnya mengkalkulasikan nilai-nilai dari target akuisisi atau menentukan nilai dari sebuah divisi untuk spin-off yang ada.

 

Jabatan corporate finance ini banyak ada di perusahaan-perusahaan, baik yang besar maupun yang kecil, dari perusahaan multi-nasional sampai dengan start-up. Jabatan lainnya mencakup financial analyst, bendahara, dan auditor internal.

 

 

 

Commercial banking

Bank-bank komersial, mulai dari bank-bank besar sampai dengan bank-bank lokal, menawarkan jasa finansial yang beranekaragam, mulai dari rekening giro sampai dengan rekening tabungan, dan juga IRA dan pinjaman. Pilihan karir yang ada di bidang ini mencakup teller bank, kreditor, pengoperasian, marketing, dan juga manajer cabang. Eksekutif yang berbakat dapat naik jabatan dari bank lokal ke kantor pusat. Promosi semacam ini akan memberikan ekspose ke bidang-bidang lain, misalnya saja international finance.

 

 

 

Investment banking

Beberapa karir yang paling glamor dan juga intens adalah karir di bidang investasi. Pekerjaan ini mencakup fasilitasi pengisuan keamanan korporat dan membuatnya tersedia untuk dibeli oleh pra investor, dan di waktu bersamaan menjual-belikan sekuriti dan menyediakan konsultansi finansial untuk korporat dan juga para investor.

 

Biasanya perusahaan investment-banking memiliki divisi dan kelompok yang berbeda-beda dengan tujuan dan juga tanggung jawab yang beranekaragam. Bekerja dalam perusahaan semacam ini akan memberikanmu kesempatan untuk berinteraksi dengan eksekutif yang mengeluarkan sekuriti, merger dan akuisisi di ranah jual-beli, yang menjual-beli saham, bond, dan juga sekuriti lainnya di pasar yang ada.

 

 

 

Hedge funds

Hedge funds adalah dana investasi pribadi yang independen, yang dapat diperjualbelikan oleh para manajer atas aset-aset dan produk-produk finansial yang mereka miliki. Karena misteri yang menyelubungi entitas ini, profesi di bidang hedge-funds ini juga seringkali dianggap sebagai profesi yang glamor.

 

Tipikal jabatan yang berhubungan dengan hedge-funds mencakup:  Financial analyst, trader, regulatory compliance officer, quantitative analyst, marketing manager, dan portfolio manager.

 

 

 

Private equity and venture capital

Eksekutif yang berkutat di sektor private-equity membantu para perusahaan mencari modal untuk merambah bisnis baru maupun yang sedang berjalan. Mereka juga menyediakan biaya untuk transaksi bisnis di tingkat korporat, misanya mengatur buyout, dan juga re-organisasi.

 

Sewaktu-waktu, profesi di bidang ini mencakup juga bekerja sebagai eksekutif untuk sementara waktu di perusahaan yang sedang bergelut dalam mempertahankan bisnisnya, dan kesuksesanmu-lah yang akan menentukan nasib perusahaan tersebut.

 

Para eksekutif yang berkutat di bidang venture capital (VCs) menghabiskan banyak waktu mereka dengan perusahaan-perusahaan start-up atau juga perusahaan-perusahaan kecil yang sedang berkembang dengan pesat. Perusahaan-perusahaan ini mengevaluasi masukan yang ada dari para pendiri perusahaan dan juga para pemimpin yang ada untuk menentukan apakah perusahaan akan melakukan investasi.

 

Terkadang mereka dijuluki “vulture capitalist”—atau burung bangkai kaum kapitalis, dan mereka dikenal dengan spesialisasi mereka untuk merancang perjanjian yang menguntungkan para investor, bukannya perusahaan yang menerima modal. Harapan VC adalah agar perusahaan yang telah diberikan modal akan kemudian berkembang dan merambah ke ranah publik yang lebih luas. Venture capital merupakan sektor bisnis yang menantang dengan tingkat kegagalan yang cukup tinggi, namun apabila sukses, yang akan didapatkan pun akan sangat besar.

 

 

 

Financial planning

Para perencana finansial membantu para individu untuk mengembangkan rencana yang akan menjadi stabilitas finansial mereka di masa kini dan masa mendatang.

 

Pada umumnya, mereka akan mengulas kebutuhan finansial para klien. Perencanaan yang ada bisa berfokus pada usaha untuk menabung dan berinvestasi sesuai dengan kebutuhan para klien. Perencanaan ini bisa juga berfokus pada pengelolaan kekayaan jangka panjang dan pertumbuhan investasi, dan bisa juga mencakup perencanaan estate dan pajak.

 

Kebanyakan pekerja di bidang ini bekerja baik di perusahaan-perusahaan besar maupun kecil, baik di tingkat nasional ataupun lokal. Beberapa mungkin akan memasang tariff standar yang sama, dan beberapa akan memasang tariff dengan persentase aset yang dikelola, dan menerima komisi produk yang mereka jugal (misalnya mutual funds).

 

Pada umumnya, para financial planners yang memiliki sertifikasi biasanya paling sering dicari, karena mereka biasanya telah memiliki setidaknya pengalaman selama 3 tahun dan telah mengambil beberapa tes (termasuk tes studi kasus 10 jam selama 2 hari), dan telah memiliki kualifikasi pendidikan yang diperlukan.

 

 

 

Insurance

Profesi finansial di bidang asuransi mencakup jasa untuk membantu perusahaan dan para individu untuk mengantisipasi resiko yang berpotensi dan melindungi bisnis mereka dari kerugian yang ada. Kebanyakan lowongan ada di perusahaan asuransi. Kamu bisa mulai meniti karir ini dengan bekerja sebagai sales asuransi, atau di bidang customer service yang bekerja dengan klien yang ada, atau juga sebagai aktuaris yang menganalisa resiko dan rate premium seturut dengan kemungkinan-kemungkinan yang ada berdasarkan data-data di masa lampau dan data kuantitatif.

 

 

 

Public accounting

Bidang akuntansi publik sangatlah luas, dengan beraneka peluang. Akuntan public membantu perusahaan-perusahaan dan para individu untuk melacak keuangan mereka seturut dengan prinsip-prinsip akuntansi yang telah diterima (GAAP—Generally Accepted Accounting Principles). Akuntan publik mencatat transaksi bisnis yang ada, mempersiapkan laporan keuangan, mengaudit catatan finansial, menyiapkan slip pajak dan menyediakan jasa konsultasi terkait.

 

Akuntan biasanya bekerja dalam kemitraan, dan yang terbesar dikenal juga sebagai the Big Four (sebelumnya dikenal sebagai the Big Eight dan the Big Six), dan termasuk diantaranya: Deloitte Touche Tohmatsu, Ernst & Young, Pricewaterhouse Coopers dan KPMG. Namun banyak juga lowongan yang tersedia di perusahaan-perusahaan yang lebih kecil. Biasanya pegawai baru akan memulai kerja sebagai staff akuntan, kemudian naik pangkat sebagai manajer audit, manajer perpajakan, dan akhirnya, apabila mereka dapat beradaptasi dengan jadwal kerja yang menantang selama bertahun-tahun, mungkin akan menjadi salah satu mitra di dalam perusahaan tempat mereka bekerja.

 

 

 

Kita perlu mempertimbangkan kemana pasar sedang mengarah di hari-hari ini sebelum mulai mencari kerja di bidang finansial. Untuk mencari kerja dengan prospek terbaik, kita perlu mengukur seberapa penting jabatan tersebut di pasar pada masa itu.

 

Beberapa profesi akan memerlukan set keterampilan yang berbeda-beda dan memberikan lingkungan kerja yang juga beranekaragam, karenanya kita perlu untuk mencari kerja yang sesuai dengan minat dan keterampilan jangka panjang kita.

 

Seseorang yang memiliki keterampilan interpersonal yang solid, misalnya, mungkin akan menjadi financial adviser yang baik, sementara mereka yang menikmati berkutat dengan angka-angka mungkin akan menjadi akuntan publik yang lebih baik. Pastikan kamu meriset dulu sebelum mengambil keputusan.

 

Waktu yang dihabiskan untuk mencari pilihan-pilihan yang paling pas untukmu merupakan waktu yang lebih berharga dibandingkan harus membuang waktu nantinya melakukan pekerjaan yang tidak pas untukmu.

 

 

 

Berikut adalah informasi gaji dari beberapa peluang karir yang ada, meski ini bisa beranekaragam, tergantung pada jabatan yang kamu pegang dan juga pengalaman yang kamu miliki, namun berikut adalah gambaran kasar yang akan gaji rata-rata apabila kamu memiliki kualifikasi di bidang Finance:

  • Personal Financial Advisors: Rp863.603.125,00/tahun
  • Financial Managers: Rp1.385.899.625,00/tahun
  • Financial Analysts: Rp991.643.125,00/tahun
  • Financial Examiners: Rp999.512.250,00/tahun

 

(Sumber: http://www.forbes.com/2008/12/10/career-finance-banking-pf-ii-in_dk_1210careers_inl.html)

 

(Sumber: http://www.onlinefinancedegree.org/5-reasons-why-finance-is-a-good-major/)

 

Klik di sini untuk meliihat universitas-universitas yang menawarkan jurusan Finance!

Atau download brosur-brosurnya di sini! (GRATIS)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.