Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Cerita Mahasiswa: Kuliah Jurnalisme

2864

Nama: Rachel Nurse

Program: Jurnalisme (Internasional)

Tingkat: Master

Universitas: University of Westminster

Negara asal: Trinidad dan Tobago


T. Apa alasan Anda memilih program dan universitas di atas?

Menjadi seorang jurnalis adalah mimpi saya sejak kecil, dan niat saya semakin bulat saat mendapatkan kesempatan untuk magang di kantor BBC negara asal saya. Saya memilih Universitas Westminter karena reputasi mereka dalam penelitian dan pengkajian ilmu media, dan pengalaman pribadi saya tahun ini telah membuktikan bahwa saya mengambil keputusan yang benar.
 
T. Kenapa memilih Inggris sebagai tujuan kuliah Anda?

Pertama kali saya mengunjungi Inggris adalah tiga tahun yang lalu, dimana saya langsung jatuh cinta dengan negara ini. Saya senang dengan lingkungan di negara ini; bersih dan nyaman, juga iklim Inggris yang lebih sejuk dipandingkan Trinidad yang sangat panas. Selain itu, saudara saya juga tinggal di sini, jadi saya ada yang menemani.

T. Seperti apa struktur program Anda?

Cukup baik. Saya belajar banyak dari pengalaman turun ke lapangan dan menerima banyak peluang memproduksi dokumentasi karya pribadi. Program satu tahun memang cukup intens tapi saya berhasil melewatinya.  

T. Bagaimana cara Anda membiayai kuliah?

Ayah saya memberi dukungan keuangan. Saya sudah melamar untuk beasiswa tetapi tidak berhasil, dan sempat bingung dan sedih akan kehilangan kesempatan untuk kuliah di luar negeri. Saya sangat berterima kasih kepada ayah, karena tanpa beliau saya tidak akan mungkin bisa bisa datang ke Inggris.

T. Apa tantangan terbesar yang Anda hadapi pada tahun pertama kuliah?

Saya menyukai iklim di sini, tetapi menghadapi musim dingin untuk yang pertama kalinya merupakan tantangan terbesar bagi saya. Di samping itu, tugas kuliah kami cukup banyak dan seringkali tidak sempat melakukan hal-hal lain. Kecepatan belajarnya cukup tinggi.

T. Apa aspek terbaik dari program Anda?

Saya memilih jalur Penyiaran dan mendapatkan oportunitas untuk mewawancara di luar kampus dan membuat cerita saya sendiri. Kita juga bisa berkenalan dengan banyak orang melalui pekerjaan atau Facebook. Ini yang paling saya sukai karena akan lebih mudah untuk kita mendapatkan pekerjaan ketika lulus jika memiliki pengalaman sebelumnya. Rasanya sudah menjadi jurnalis nyata saat masih kuliah.

T. Apa rencana Anda setelah lulus?

Saya berhasil memiliki visa post-study-work yang mengizinkan saya untuk tinggal di Inggris selama dua tahun. Saya akan mencari pekerjaan tetap dan apabila mungkin, ingin memperpanjang izin tinggal saya karena sejujurnya, tidak ingin pulang ke Trinidad.  

T. Apa saran Anda untuk siswa internasional lainnya yang ingin / sedang kuliah di luar negeri?

Hadapilah tantangan apapun dan manfaatkan waktu kuliah kalian. Akan terkesan sangat sulit, tetapi denan bantuan para guru dan teman-teman, Anda pasti bisa melewatinya semua.

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

Coba lihat...