Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Kuliah Psikologi di Luar Negeri

20004

Kuliah untuk gelar Psikologi dapat bermanfaat dan memperluas pikiran dan pengalaman. Disiplin ilmu ini mengajarkan Anda sejumlah keterampilan dan mendorong tingkat pemikiran independen dan analitis yang dicari dalam banyak profesi. Artikel kali ini editor mahasiswa Hotcourses, Cansu Alemdar, memberikan informasi pilihan program psikologi yang tersedia untuk membantu Anda dalam menentukan program kuliah.

Psikologi adalah jurusan yang berakar dari kegiatan penelitian, dan seperti program ilmiah lainnya, bidang ini mengutamakan untuk berpikir kreatif dan mempunyai minat dalam temuan-temuan baru. Mahasiswa diharapkan untuk meneliti dan mempelajari fakta-fakta yang tersedia dan kemudian menggunakan inisiatif mereka sendiri untuk menghubungkan ide-ide hipotetis dengan kehidupan nyata. Meskipun gelar sarjana psikologi sangat diminati, Anda perlu memiliki master atau dokter untuk menjadi seorang psikolog klinis.
 

Manfaat kuliah di luar negeri

Salah satu keuntungan utama dari kuliah di Amerika Serikat atau Inggris adalah Anda akan berada di lokasi-lokasi pusat pemikiran psikologis. Banyak makalah dan teori-teori kontemporer diterbitkan di Inggris, dan institusi-institusi terkemuka juga akan mengharapkan tingkat kemampuan berbahasa Inggris tertentu dari para pendaftar. Sebagai bidang akademis yang sangat dinamis, penting bagi para mahasiswa untuk belajar dari sumbernya secara langsung.

Keuntungan besar lain dari kuliah di luar negeri adalah Anda akan mendapatkan perspektif yang luas terhadap perilaku manusia; Anda akan memiliki kesempatan untuk tinggal dalam budaya berbeda serta belajar dengan orang-orang dari seluruh dunia. Berbagai pengalaman, budaya dan adat istiadat akan memberikan Anda pemahaman yang luas yang dapat dikaitkan dengan prinsip-prinsip kunci filsafat.


Jenis program Psikologi luar negeri

  • Program Kejuruan – Jika dibandingkan dengan program penuh, program ini memiliki jumlah mata kuliah yang lebih sedikit dan berdurasi lebih pendek (biasanya kurang dari satu tahun). Persyaratan masuk, Anda harus menyediakan ijazah SMA dan nilai hasil tes TOEFL Anda.
  • Program Persiapan Sarjana (foundation) – Pada umumnya ditawarkan di perguruan tinggi swasta, pilihan ini memberikan siswa internasional kesempatan untuk transfer ke satu dari berbagai universitas setelah selesai mengikuti program selama satu tahun. Mata pembelajaran berbentuk mendasar dari penelitian selanjutnya; cara yang ideal untuk memperkenalkan diri dengan program kuliah tanpa harus belajar di tempat yang sama selama 4 tahun. Pendaftar harus lulus SMA dengan nilai TOEFL / IELTS yang memuaskan.  Surat referensi juga mungkin diperlukan.
     
  • Program Sarjana (S1) – Untuk mendaftar sebuah program sarjana Anda akan memerlukan nilai rata-rata 3.00 atau di atas. Tes ACT dan TOEFL / IELTS juga perlu Anda ambil sebelumnya. Struktur dan ruang lingkup program kuliah S1 Psikologi berbeda-beda. Beberapa program S1 Psikologi terpopulaer berupa psikologi terapan, terapi perilaku, psikologi anak, psikologi klinis, psikologi perkembangan, psikologi organisasi dan psikologi sosial.
     
  • Program Pascasarjana (S2 / S3) - Untuk gelar master, Anda akan perlu memiliki ijazah S1 dengan IPK 3 atau di atas. Anda perlu memberikan nilai GRE dan TOEFL / IELTS. Untuk Gelas Doktor, Anda perlu menyelesaikan master dalam Psikologi. Nilai GRE, TOEFL / IELTS juga akan diperlukan, bersama dengan pengalaman kerja yang bisa sangat menguntungkan Anda pada proses seleksi mahasiswa. 


Persyaratan Pendaftaran Umum untuk program kuliah Psikologi

Yang diperlukan:

  • Setidaknya beberapa pengalaman psikologi, statistik dan penelitian. 
  • Pernyataan pribadi (personal statement) yang menjelaskan keahlian Anda, tujuan, pengalaman dll 
  • Nilai rata-rata yang baik, setidaknya 3 dari 4 
  • Surat referensi dari guru atau tempat kerja Anda
  • Ujian GRE. Ujian ini terdiri dari 3 bagian dengan 205 pertanyaan. Bagian pertama adalah seputar ilmu pengetahuan yang membentuk 40 persen dari ujian. Ini termasuk pertanyaan  untuk menguji belajar, bahasa, memori, berpikir, dll. Bagian kedua didasarkan pada ilmu pengetahuan sosial dan membentuk 43 persen dari ujian. Bagian ini berfokus pada psikologi sosial dan kepribadian. Bagian terakhir adalah umum dan dihitung sebagai 17 persen dari ujian. Bagian ini memiliki pertanyaan tentang sejarah psikologi, metode penelitian dan statistik. Informasi lebih lanjut tersedia di situs GRE.
  • Pengalaman magang atau kerja Anda perlu disediakan 
  • Ketersediaan Anda saat dipanggil untuk wawancara dari institusi pendidikan pilihan Anda 

Kuliah di luar negeri merupakan pilihan terbaik bagi siswa yang ingin unggul dalam Psikologi. Tergantung pada negara tujuan, jenjang pendidikan dan bidang spesifik yang Anda pilih, Anda dapat mempersempit daftar universitas dan memutuskan program nama yang tepat untuk Anda di situs kami.

Jangan lupa untuk melihat peluang beasiswa yang tersedia bagi siswa internasional. Informasi lebih lanjut tentang beasiswa dapat Anda temukan di halaman beasiswa Hotcourses Indonesia. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

digital marketer for Hotcourses Turkey

Coba lihat...