Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Syarat-syarat untuk menjadi seorang Insinyur Sipil (Civil Engineer)

1487

Salah satu mitos yang sering muncul adalah banyaknya kebingungan dalam perbedaan antara kinerja dan tanggung jawab seorang insinyur sipil dan arsitek.

Meski dua-duanya sama-sama berkutat dalam hal pembangunan gedung atau rumah, arsitektur biasanya lebih fokus dalam menangani denah, desain dan bentuk sebuah gedung, sementara insinyur sipil-lah yang akan berurusan dengan materi-materi yang akan digunakan dalam pembangunan gedung tersebut, seperti misalnya infrastruktur dan kerangka dari gedung yang akan dibangun tersebut untuk memastikan kekokohannya, karenanya seorang insinyur sipil memerlukan banyak pelatihan dan sertifikasi.

 

 

Untuk kebanyakan pekerjaan yang berhubungan dengan teknik sipil:

  • Setidaknya kamu memerlukan kualifikasi S1. Kalian yang ingin menjadi insinyur sipil dapat juga mengecek Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) di www.abet.org untuk melihat program-program yang telah terakreditasi.
  • Kalian yang masih di bangku SMA dapat mulai mempertimbangkan kursus-kursus Matematika tingkat mahir, seperti misalnya Kalkulus dan Trigonometri sebelum memulai kuliah.

 

 

Mata Kuliah Dasar

Perkuliahan di bidang teknik sipil biasanya dimulai dengan mengambil mata kuliah di bidang kimia, fisika, dan matematika tingkat mahir—karenanya pastikan nilai-nilaimu di mata pelajaran tersebut cukup bagus ya, tiap-tiap universitas memiliki standar nilai minimum yang berbeda-beda. Beberapa program mungkin juga mengikutsertakan kelas-kelas Computer-Aided Design (CAD) dalam mata kuliah wajib mereka. Para murid juga dapat mengambil mata kuliah Statitiska Teknik untuk mengembangkan kemampuan komputer mereka.

Kursus-kursus pengantar dapat juga meliput prinsip-prinsip dan konsep-konsep dasar ilmu teknik.

 

 

Syarat-syarat

Setelah menyelesaikan mata kuliah wajib, para mahasiswa/i biasanya perlu mengambil mata kuliah yang meliputi topik-topik yang lebih sulit, seperti misalnya thermodynamics dan structural analysis. Mata kuliah yang ada mungkin juga akan mencakup sebuah proyek desain, yang mana para murid perlu menilai dan menganalisa integritas struktur dari sebuah materi, dan melakukan ini terkadang perlu disertai dengan program CAD agar mereka dapat menguji desain mereka.

Kebanyakan program biasanya mensyaratkan para murid untuk menyelesaikan mata kuliah praktik yang mengharuskan mereka menganalisa zat-zat bervariasi, mulai dari tanah sampai semen. Mata kuliah ini akan mengajar para mahasiswa/i untuk mengenali bahan-bahan dasar sebuah materi, termasuk juga masalah yang akan timbul saat menggunakannya.

 

Menurut U.S. Bureau of Labor Statistics (BLS), para insinyur teknik yang bekerja di sektor publik di Amerika perlu mengambil tes perizinan di negara bagian tempat ia bekerja.

Persyaratan yang ada cukup bervariasi, namun secara umum biasanya ini memerlukan pengalaman kerja selama 4 tahun dan melewati dua ujian yang diadakan oleh National Council of Examiners for Engineers and Surveyors (www.ncees.org).

 

 

Jenjang Karir dan Info Gaji

Menurut BLS, kebanyakan negara bagian telah mengimplementasikan persyaratan wajib mengikuti continuing education, atau pendidikan dan sertifikasi lanjut untuk dapat memperoleh perizinan dan sertifikasi kerja. Dengan menghadiri seminar, lokakarya, dan mengambil kelas-kelas online, kamu bisa menuntaskan program ini. Setelahnya, menurut BLS, civil engineers bisa jadi mendapatkan 20% kenaikan gaji, mencapai kurang lebih Rp 845.939.160,-/tahunnya.

 

 

Insinyur sipil memiliki cakupan bidang kerja yang cukup luas, terutama di bidang konstruksi dalam pembangunan berbagai macam gedung, infrastruktur transportasi dan juga komunikasi. Termasuk diantaranya pembangunan jembatan, jalan-jalan, kanal, dan megastruktur lainnya. Insinyur sipil juga biasanya dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan atau kontraktor yang terlibat dalam produksi, penyimpanan dan juga pendistribusian listrik, gas dan air.

 

Insinyur sipil biasanya dicari oleh para kontraktor dan konsultan dan juga dalam perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional. Ada banyak lowongan di sektor publik, baik di tingkat daerah, pemerintahan nasional dan juga organisasi lingkungan yang melibatkan insinyur sipil untuk mengatur spesifikasi suatu proyek dan menulis draft untuk tender.

 

Banyak juga lowongan di perusahaan-perusahaan di luar negeri, misalnya saja URS Corporation, HDR Inc., AECOM Technology Corporation, dan juga Jacobs Engineering Group.

 

 

 
 
(Sumber: http://study.com/articles/Civil_Engineering_Requirements_for_Becoming_a_Civil_Engineer.html)
 

Klik di sini untuk melihat lebih lanjut mengenai Progdi Civil Engineering!

 

Yuk cek universitas-universitas dengan progdi Civil Engineering yang direkomendasikan hotcourses:

- Malaysia: INTI International University Malaysia
- Amerika Serikat: Florida Southwestern State College
- Australia: La Trobe University
- Inggris: Liverpool John Mores University
- Hong Kong: The Hong Kong Polytechnic University

 

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.