Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

TIPS UNTUK UNGGUL DALAM TOEFL IBT (LISTENING SECTION)

2161

Bagian ‘Listening’ di TOEFL iBT akan diuji setelah bagian ‘reading’ selesai. Bagian ini menguji pemahaman Bahasa Inggris Anda berdasarkan pendengaran. Soal terdiri dari 1 percakapan panjang dan 2 ceramah sekitar 3-5 menit. Isi percakapan tiap soal hanya akan diperdengarkan sekali. Kemudian peserta akan diberikan 10 menit untuk menjawab pertanyaan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk unggul dalam bagian ‘Listening’:

 

1. Melatih pendengaran dalam Bahasa Inggris

Karena yang diuji adalah kemampuan mendengar, tentu saja harus banyak berlatih dengan mendengar percakapan dari berbagai sumber, baik itu televisi, radio, atau sumber lainnya. Isi percakapan juga penting, usahakan mendengar isi percakapan yang akademis (misalnya isi kuliah, ceramah dosen, berita) dan non akademis (misalnya percakapan singkat mengenai topik ringan). Semakin banyak mendengar, Anda akan semakin terbiasa dan menangkap isi percakapan. Tentu saja membina keahlian ini memerlukan waktu. Oleh karena itu mulailah dari sekarang.

 

2. Kosakata itu penting

Kosakata adalah salah satu kunci utama dalam menguasai suatu bahasa. Jika tidak mengenal kosakata, bagaimana bisa mengerti isi percakapan? Olehkarena itu selalu menambah koleksi kosakata Anda di setiap kesempatan. Menghafal bisa saja lupa. Cara terbaik adalah membuat beberapa kalimat dengan kosakata baru. Dengan demikian arti kosakata akan lebih melekat dalam ingatan.

 

3. Mendengarkan percakapan dari berbagai aksen

Bahasa Inggris memiliki beragam aksen. Perlu diingat, TOEFL lebih menekankan ‘American English’, jadi setidaknya Anda harus familiar dengan aksen Amerika.

 

4. Membuat catatan

Sewaktu mendengarkan, peserta diijinkan untuk membuat catatan. Berlatihlan untuk mencatat poin yang Anda anggap penting. Keahlian ini perlu banyak latihan. Carilah contoh soal sebanyak mungkin dan terus berlatih, supaya Anda terbiasa dengan mencatat sambil mendengar.

 

5. Cari poin utama

Carilah poin utama dari percakapan yang didengar. Kemungkinan itu adalah soal yang akan ditanyakan nanti. Biasanya, terutama jika isi percakapan adalah mengenai ceramah kuliah, poin utama akan disampaikan di awal percakapan. Lagi-lagi, untuk melatih keahlian ini, Anda harus berlatih dengan banyak contoh soal.

 

6. Jangan kosongkan jawaban

Jawaban yang salah tidak akan dikenakan penalti. Jika Anda sampai tidak tahu jawabannya, tebaklah jawaban yang menurut Anda benar, jangan sampai ada soal yang tidak diisi.

 

Baca juga tips untuk bagian reading, writing dan speaking.

 

TOEFL dan ujian Bahasa Inggris lainnya memerlukan dasar, sehingga perlu persiapan dari jauh-jauh hari. Ingin memperlancar keahlian Bahasa Inggris Anda sebelum mendaftar untuk kelas persiapan TOEFL? Baca 3 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris dan Cara menguasai Bahasa Inggris.

 

Belum yakin ujian Bahasa Inggris mana yang patut Anda ambil? Baca artikel TOEFL vs IELTS untuk mengetahui perbedaan dari kedua ujian tersebut.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS