Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

TIPS UNTUK UNGGUL DALAM TOEFL IBT (READING SECTION)

1668

Bagian pertama dari ujian TOEFL iBT adalah bagian ‘Reading’ yang menilai kemampuan pemahaman bacaan Anda dalam Bahasa Inggris.  

Bagian ini terdiri dari 3 hingga 5 bacaan dengan panjang masing-masing bacaan sekitar 700 kata. Setiap bacaan disertai dengan 12-14 soal mengenai isi bacaan. Bacaan pertama akan memberikan waktu 20 menit bagi peserta untuk menjawab soal, dan bacaan ke-2 dan ke-3 memberikan waktu 40 menit untuk menjawab pertanyaan.

Berikut ini adalah tips untuk mendapatkan nilai yang bagus untuk bagian ‘Reading’:

 

1. Sering membaca

Banyaklah membaca dalam berbagai konteks, baik itu adalah bacaan mengenai sains, bisnis, seni, sejarah, ekonomi dan lainnya. Semakin banyak jenis konteks bacaan yang Anda baca semakin Anda akan terlatih untuk memahami bacaan dengan cepat.

 

2. Menambah kosakata

Salah satu dari tujuan untuk membaca banyak konteks adalah untuk mempelajari kosakata dari masing-masing konteks bacaan. Kosakata sangat penting untuk membantu Anda memahami arti dari suatu bacaan.

 

3. Temukan pokok bacaan

Akan lebih mudah mengerti suatu bacaan jika kita tahu apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Biasanya bisa ditemukan di awal paragraf. Penulis umumnya akan menuliskan apa yang ingin dia jelaskan pada awal bacaan.

 

4. Membuat catatan

700 kata sebenarnya bukan bacaan yang panjang. Masalahnya adalah batas waktu yang ditentukan tidak memungkinkan Anda untuk membaca dengan santai. Buatlah catatan atau garis bawahi bagian yang menurut Anda penting.

 

5. Belajar menebak

Sebanyak apapun kosakata yang Anda hafal, pasti akan muncul kosakata yang asing. Olehkarena itu belajarlah menebak arti kosakata tersebut. Atau Anda bisa sering berlatih membaca dan jangan jadikan kosakata asing penghalang Anda menjawab soal. Jangan terlalu memikirkan kosakata yang tidak Anda mengerti, yang penting adalah memahami konteks dan isi bacaan.

 

6. Belajar membaca cepat

Karena keterbatasan waktu, Anda harus melatih kecepatan membaca dan memahami isi bacaan dengan cepat. Kuncinya adalah banyak berlatih dengan contoh soal.

 

Baca juga tips untuk bagian listening, writing dan speaking.

 

TOEFL dan ujian Bahasa Inggris lainnya memerlukan dasar, sehingga perlu persiapan dari jauh-jauh hari. Ingin memperlancar keahlian Bahasa Inggris Anda sebelum mendaftar untuk kelas persiapan TOEFL? Baca 3 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris dan Cara menguasai Bahasa Inggris.

 

Belum yakin ujian Bahasa Inggris mana yang patut Anda ambil? Baca artikel TOEFL vs IELTS untuk mengetahui perbedaan dari kedua ujian tersebut.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS