Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

TIPS UNTUK UNGGUL DALAM TOEFL IBT (SPEAKING SECTION)

3225

Bagian ‘Speaking’ dalam TOEFL iBT (Internet Based Test) menguji kemampuan berbicara. Terdapat 6 soal yang dibagi menjadi 2 bagian - independent speaking tasks (2 soal) dan integrated speaking tasks (4 soal).

Baik bagian manapun itu, berikut ini adalah tips untuk mendapatkan nilai yang bagus untuk bagian ‘Speaking’:

 

1. Jangan berhenti menambah kosakata

Kosakata adalah salah satu kunci utama dalam menguasai suatu bahasa. Jika tidak mengenal kosakata, bagaimana bisa berkomunikasi? Olehkarena itu selalu menambah koleksi kosakata Anda di setiap kesempatan. Menghafal bisa saja lupa. Cara terbaik adalah membuat beberapa kalimat dengan kosakata baru. Dengan demikian arti kosakata akan lebih melekat dalam ingatan.

 

2. Grammar itu penting

Selain kosakata, tata bahasa itu penting. Pelajarilah grammar sebaik mungkin. Mencatat ungkapan yang menarik dari film atau dari lirik lagu, kemudian mengingatnya akan sangat membantu. Tidak peduli dari mana sumbernya, berusahalah mencari kalimat yang menarik, yang bisa melekat di pikiran Anda.

 

3. Berpikir dalam Bahasa Inggris

Berlatih untuk berpikir dalam Bahasa Inggris, daripada menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, dengan demikian gaya bicara akan terdengar lebih tidak kaku. Caranya adalah mendengar sebanyak mungkin percakapan Bahasa Inggris, baik dari drama, film, atau lebih bagus lagi dari acara berita TV. Biasanya keahlian yang berkembang dulu adalah mendengarkan. Jadi mendengarlah sebanyak mungkin dan tanpa Anda sadari, Anda sudah lebih lancar berbicara dalam Bahasa Inggris

 

4. Speak, speak speak!

Setelah menguasai ketiga langkah diatas, saatnya untuk berlatih. Semakin banyak latihan tentunya akan semakin mahir. Jika tidak punya lawan bicara, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook atau lainnya untuk mencari teman yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Anda bisa mengajak mereka chatting via Skype atau aplikasi lainnya untuk memperlancar keahlian ‘speaking’ Anda. Semakin banyak berlatih, akan semakin terbiasa dan semakin percaya diri. Practice makes perfect!

 

5. Rekam isi percakapan Anda

Merekam percakapan Anda dan mendengarkan kembali berulang-ulang bertujuan untuk melihat apakah ada aksen yang aneh atau ada kesalahan. Jika terdapat kesalahan, ingat-ingatlah dan hindari membuat kesalahan yang sama pada saat ujian. Membandingkan rekaman terdahulu dan terbaru juga bisa memberitahu Anda sejauh mana perkembangan Anda.

 

6. Atur struktur penyampaian jawaban

Berlatih untuk bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan berlatih untuk unggul dalam tes TOEFL itu berbeda. Jika hanya untuk berkomunikasi, selama Anda bisa mengutarakan pikiran Anda dan lawan bicara mengerti Anda, tujuan sudah tercapai. Akan tetapi untuk TOEFL, Anda perlu berlatih lebih jauh. Setelah mendengarkan soal, Anda akan diberikan waktu 15 detik untuk berpikir. Manfaatkan waktu ini untuk menyusun apa yang ingin Anda sampaikan. Jangan lupa memperkuat pernyataan Anda dengan contoh nyata. Usahakan memberikan jawaban dengan alur yang lancar. Untuk berlatih, Anda bisa mencari contoh soal di internet, dan berlatih sendiri.

 

7. Mengatur waktu

Untuk setiap soal Anda akan diberikan waktu antara 45 hingga 60 detik untuk menjawab. Manfaatkan waktu seefisien dan seefektif mungkin. Sampaikan jawaban dengan singkat dan jelas, dan selalu sertakan contoh untuk mendukung pernyataan Anda. Akan tetapi perhatikan waktu, jangan sampai memberikan jawaban yang terlalu panjang atau terlalu singkat. Cara untuk berlatih mengatur waktu dengan baik adalah mencari sebanyak mungkin contoh soal terkini, mencoba menjawab dan merekam jawaban Anda untuk dievaluasi.

 

8. Gunakan kata sambung

Kalimat yang terlalu panjang akan membuat pendengar bingung. Gunakan kata sambung yang tepat untuk memperjelas jawaban Anda.

 

9. Santai

Bukankah Anda telah melakukan persiapan yang sebaik mungkin sebelum mengikuti ujian? Selanjutnya adalah tenang, dan menjawab sebaik mungkin. Panik hanya akan membuat usaha sebelumnya sia-sia. Cara untuk tenang adalah banyak berlatih dengan contoh soal. Semakin Anda sering berlatih, Anda akan terbiasa. Begitu terbiasa, Anda tidak akan merasa panik lagi.

 

Baca juga tips untuk bagian reading, writing dan listening.

TOEFL dan ujian Bahasa Inggris lainnya memerlukan dasar, sehingga perlu persiapan dari jauh-jauh hari. Ingin memperlancar keahlian Bahasa Inggris Anda sebelum mendaftar untuk kelas persiapan TOEFL? Baca 3 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris dan Cara menguasai Bahasa Inggris.

Belum yakin ujian Bahasa Inggris mana yang patut Anda ambil? Baca artikel TOEFL vs IELTS untuk mengetahui perbedaan dari kedua ujian tersebut.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS