Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

TIPS UNTUK UNGGUL DALAM TOEFL IBT (WRITING SECTION)

1957

Bagian ‘writing’ TOEFL iBT terdiri dari 2 soal– Independent Writing dan Integrated Writing.

Untuk soal Independent Writing, peserta akan diminta untuk menulis essai sesuai dengan tema umum yang diberikan. Soal ini akan menguji kemampuan peserta untuk mengekspresikan opini mereka dalam Bahasa Inggris. Peserta harus menyertakan contoh untuk mendukung pernyataan mereka. Jawaban harus selesai dituliskan dalam 30 menit, dengan panjang sekitar 300 kata.

Pada bagian Integrated Writing, peseta harus menunjukkan bahwa mereka telah memahami materi dari berbagai sumber dan mengkombinasikannya dalam tulisan yang koheren dan terkoordinasi, serta memberikan kesimpulan yang jelas. Peserta akan diberikan 3 menit untuk membaca bacaan dan 2 menit untuk mendengarkan ceramah mengenai bacaan. Peserta diijinkan untuk membuat catatan sewaktu membaca dan mendengarkan. Peserta diberikan waktu 20 menit untuk menjawab, dan panjang jawaban haruslah sekitar 150 hingga 225 kata.

 

Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan skor yang memuaskan di bagian ‘writing’?

 

1. Latih kemampuan mengetik

TOEFL iBT adalah ujian yang dijawab dengan menggunakan komputer. Berlatih mengetik cepat dalam Bahasa Inggris dengan tepat akan sangat membantu.

 

2. Menambah kosakata dan pelajari grammar

Tanpa kosakata yang banyak, akan membatasi kemampuan Anda untuk menyampaikan opini dalam Bahasa Inggris. Gunakan grammar yang tepat untuk essai Anda.

 

3. Mempelajari struktur essai

Untuk bagian ‘writting’, struktur essai akan dinilai. Berlatihlah menulis essai dengan struktur yang jelas – pengenalan, isi dan kesimpulan.

 

4. Kuasai kata hubung

Kata hubung seperti in addition, for instance, to sum up, first dan lainnya, selain membuat essai Anda terlihat lebih profesional akan membuat essai Anda lebih enak dibaca dan memperjelas jawaban yang ingin Anda sampaikan.

 

5. Perhatikan waktu

Ingatlah akan batasan waktu. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk 1 bagian. Jangan menulis terlalu panjang dan membuat penambahan yang tidak perlu. Jika Anda memiliki kelebihan waktu, gunakan untuk mengecek ulang jawaban Anda.

 

Baca juga tips untuk bagian reading, listening dan speaking.

 

TOEFL dan ujian Bahasa Inggris lainnya memerlukan dasar, sehingga perlu persiapan dari jauh-jauh hari. Ingin memperlancar keahlian Bahasa Inggris Anda sebelum mendaftar untuk kelas persiapan TOEFL? Baca 3 cara menarik untuk memperlancar Bahasa Inggris dan Cara menguasai Bahasa Inggris.

 

Belum yakin ujian Bahasa Inggris mana yang patut Anda ambil? Baca artikel TOEFL vs IELTS untuk mengetahui perbedaan dari kedua ujian tersebut.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS