Informasi penting
Study abroad: Info Jurusan

Yakin Mau Kuliah TI? Baca Ini Dulu Sebelum Kamu Mendaftar!

227

Jadi kamu berencana ambil jurusan TI atau Computer Science? Menurut Budy K, seorang software developer dan seorang yang antusias dalam bidang teknik dan sains, ada 6 hal yang perlu kamu simak, sebelum membuat keputusan final untuk kuliah jurusan TI dan Ilmu Komputer…

 

 

1. Tujuan kamu memilih jurusan TI

 

Tidak masalah jika kamu memang bercita-cita untuk berkarir sebagai Software Engineer, Network Engineer, Database Engineer, Games Engineer, atau profesi yang berhubungan dengan TI lainnya. Tapi, jika kamu memilih jurusan ini karena ikut-ikutan teman, disuruh orang tua, atau hanya sekedar pengen terlihat keren, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi.  

 

Jika tidak punya passion dengan angka dan logika, sangat tidak disarankan untuk memilih jurusan ini. Mengapa? Karena Matematika (Aljabar, Kalkulus, Statistik, Diskrit dsb), Algoritma dan tentu saja Koding akan menjadi makanan sehari-hari. 

 

“Banyak orang terjebak disini dan akhirnya susah lulus dan nilai pas-pas an. Hati-hati masih banyak perusahaan yang meminta transkrip Nilai :D .Tapi juga tak perlu ditakutkan. Jika niat kamu sudah bulat milih jurusan ini, niscaya kamu mampu dan lulus dengan senyum :D”, komentar Budy.

 

 

 

2. Koding, Koding, dan Koding

 

Koding adalah aktifitas rutin dan bahkan bisa dibilang secara tidak langsung diwajibkan walau kamu nanti mau pilih peminatan yang gak banyak Koding-nya seperti Database, Network dll.

 

Koding bukan hanya soal menguasai suatu bahasa pemrograman, tapi Esensinya lebih ke melatih Otak, Hati dan Jiwa dalam menyelesaikan masalah. 

 

Jadi, jika kamu tidak memiliki passion yang kuat, pasti akan susah melewati tantangan yang satu ini.

 

 

 

3. Fasilitas Kampus

 

Namanya juga teknologi, kuliah di kampus denga fasilitas lengkap, muktahir dan terbaru tentunya akan mempengaruhi skill dan wawasan kamu. Jadi, sewaktu memilih kampus, pertimbangkan juga fasilitas yang ditawarkan.

 

Selain fasilitas, menurut Budy K, partner juga tidak kalah penting. Disarankan untuk mengenal dan bergabung dengan para geek, mahasiswa dan komunitas TI di kampus lain. Dengan demikian, kemungkinan besar hidup kamu menjadi lebih mudah nantinya. Tapi jangan terlalu pusing soal kampus. Sebenarnya dimanapun asal kamu sungguh-sungguh pasti bisa.

 

 

 

4. Rencana untuk melanjutkan ke S2

 

Jika kamu hanya berencana untuk kuliah S1 saja, berarti kamu harus memaksimalkan Output atau skill yang kamu dapat selama kuliah S1 jika ingin diterima kerja ditempat yang bagus dan sesuai kapabilitas kamu (kecuali jika kamu mau Entrepreneur atau melamar PNS atau bidang lain setelah lulus).

 

Jika berencana langsung lanjut S2 setelah lulus dari S1, kamu ‘mungkin’ tidak perlu habis-habisan ngejar Skill di S1 karena toh nanti langsung lanjut S2, gak langsung cari kerja.

 

Saran dari banyak pihak sih begini urutannya : S1 - kerja - S2 . kalo S1 - S2 - kerja , kamu belum punya pengalaman kerja, jadi kemungkinan sama saja dengan S1 (kecuali kamu langsung lamar PNS).

 

 

 

5. Sebelum masuk TI harus (minimal) bisa Program/Koding dulu ?

 

Kamu tidak perlu bisa programming dahulu sebelumnya (di SMA/SMK) untuk bisa berhasil di kuliah TI. Kamu bisa belajar nanti di kuliah. Pada umumnya, dibutuhkan waktu setidaknya 2 tahun untuk menguasai sebuah bahasa pemrograman dan familiar dengan Software Development. Jadi cukup lah kalo kuliah saja 3-4 tahun. Namun perlu diingat, rata-rata para Jagoan Koding mahir nya karena belajar dirumah, baca sana sini di internet, coba-coba sendiri. Adapun dari kampus hanya materi dasar saja. 

 

 

 

6. Negara mana saja penghasil orang IT Top dunia ?

 

Saat ini yang paling menonjol adalah Amerika karena banyak kampus Top untuk Computer Science disana seperti Stanford, MIT dan Harvard. Lalu negara lain adalah India, Tiongkok dan Kanada. Tak heran bahwa mahasiswa asal India, Tiongkok dan Kanada banyak kuliah di Amerika. Kamu pun berpeluang besar bisa seperti mereka kalo kuliahnya di Amerika.

 

Harus di akui memang USA saat ini masih menjadi pemimpin IT dunia. banyak perusahaan-perusahaan IT baru asal Amerika bermunculan dan meraih sukses dalam skala internasional.

Tetapi, jangan heran juga jika kamu mencari informasi Tutorial tentang programming, Blog atau tentang TI lainnya di internet maka kemungkinan besar kamu akan mendapati Website-website dan Blog dari India

 

 

 

Sebagai masukan, menurut peringkat QS 2016, berikut adalah 10 universitas dengan jurusan TI terbaik di dunia:

 

2. Stanford University (Amerika)
4. Harvard University (Amerika)
8. ETH Zurich (Swiss)
10. Princeton University (Amerika)

 

Sudah yakin mau ambil jurusan TI? Cari program kuliah TI di luar negeri.

Mau belajar dari yang terbaik? Cari program kuliah TI di Amerika.

 

Sumber: http://teknosains.com/i/mau-kuliah-teknik-informatika-baca-ini-dulu

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS