Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

10 LANGKAH MENDAFTAR S2 LUAR NEGERI

4702

Teman-teman yang berencana kuliah S2 di luar negeri, baik sekarang masih S1 atau sedang bekerja, seringkali kebingungan. Apa saja tahap pendaftaran S2 luar negeri? Dari mana memulainya? Kapan dapat pengumuman pendaftarannya?

 

Di bawah ini akan dijelaskan step-by-step pendaftaran S2 luar negeri supaya kamu bisa mencapai cita-citamu!

 

1. Tentukan bidang peminatan

Kita harus tahu apa yang kita inginkan secara akademik, cita-cita karir, ataupun personal. Misalnya, “Saya ingin program MBA yang fokus di bidang kewirausahaan”, atau “Saya suka bidang studi pembangunan dengan pendekatan urban, bukan ekonomi.” Dari situ kita bisa mendapat pegangan program S2 apa yang kita cari.

INFO PENTING:

DAFTAR JURUSAN LENGKAP LUAR NEGERI

 

2. Cari tahu program S2 yang tersedia

Cari tahu negara atau kampus tertentu yang unggul bidang peminatan kita. Kita bisa mengecek reputasi ranking kampus secara global atau secara subjek di publikasi QS University Ranking atau Times Higher Education. Namun, itu bukan satu-satunya rujukan. Informasi seputar reputasi, mahzab keilmuan, sama ulasan personal perlu juga dikonsultasikan ke dosen terkait, mahasiswa yang sedang atau pernah kuliah di negara, kampus, atau bidang tersebut seperti yang tersedia di situs Hotcourses. Buat daftar Top 5 program yang kita minati.

INFO PENTING:

DAFTAR LENGKAP PROGRAM S2 LUAR NEGERI

 

 

 

 

3. Cek program yang diminati

Cek kurikulum, klaster riset, dosen pembimbing potensial, publikasi tim pengajar (sangat dianjurkan!), prospek kerja, sampai jaringan alumni. Jika ingin berusaha lebih jauh, kita bisa menghubungi dosen dengan riset sebidang untuk menunjukkan ketertarikan kita atau bertanya tentang subjek riset atau perkuliahan di jurusan terkait. Jika ada pertanyaan, bisa hubungi langsung alamat kontak yang tersedia di website tersebut.

ARTIKEL PENTING:

20 JURUSAN ANEH TAPI BERGAJI TINGGI NANTINYA

7 TANDA KAMU SALAH JURUSAN

4 TIPS SUPAYA TIDAK SALAH JURUSAN

 

4. Cek persyaratan program

Untuk informasi terbaru dan paling akurat, kita harus cek website resmi program. Cek persyaratan kualifikasi akademik, syarakat IPK, sertifikasi Bahasa Asing, surat rekomendasi, esai, portofolio, atau sertifikasi tertentu jika ada (seperti GMAT, GRE dan lain-lain). Hampir pasti kita diminta ijazah dan transkrip dalam Bahasa Inggris atau bahasa asing negara tersebut. Jadi kita harus menyiapkan terjemahan dokumen itu lebih awal dari kampus sebelumnya atau ke penerjemah tersumpah karena akan memakan waktu.

ARTIKEL PENTING:

PERSYARATAN MASUK UMUM S1 LUAR NEGERI

 

 

5. Cek batas akhir pendaftaran

Sebagian besar batas akhir pendaftaran kampus-kampus di Amerika dan Kanada bulan Januari, untuk Inggris dan Eropa bulan Juli. Petunjuk umumnya, daftar sedini mungkin karena banyak kampus yang membuka pendaftaran secara rolling basis, artinya mereka akan review aplikasi yang datang lebih dahulu dan memberi tahu hasilnya ke pendaftar lebih dahulu juga, tanpa menunggu batas akhir pendaftaran. Hal ini umum untuk kampus-kampus di Inggris.

 

6. Kontak dosen/atasan untuk surat rekomendasi

Yang paling umum adalah dosen pembimbing kita waktu S1, Ketua Departemen/Fakultas, Pusat Kajian, atau atasan bagi yang sedang bekerja. Surat rekomendasi yang bagus adalah yang bisa memberikan penilaian akademik secara mendalam tentang kita, tidak generik karena surat tersebut bernilai seperti dukungan ke program bahwa kita memenuhi ekspektasi dan tantangan akademik S2. Surat rekomendasi seringkali tidak berupa “surat” tetapi link daftar pertanyaan atau isian yang akan dikirim langsung oleh kampus ke email pemberi rekomendasi.

ARTIKEL PENTING:

TATA CARA MENGHUBUNGI DOSEN UNTUK SURAT REKOMENDASI

 

7. Buat akun pendaftaran

Hampir semua pendaftaran kampus luar negeri itu secara online. Di akun tersebut, kita akan diminta mengisi data diri, mengunggah dokumen persyaratan, dan esai atau proposal riset. Kita juga diminta nama, alamat, email, dan kontak pemberi rekomendasi (referee). Pastikan mereka bersedia sebelum kita memasukan data mereka. Surat rekomendasi bisa diminta dalam bentuk dokumen yang diunggah (jadi kita meminta ke pemberi rokumendasi untuk mengetik dokumen, ditandatangan, lalu scan) atau link yang dikirim langsung oleh sistem ke email pemberi rekomendasi. Jadi, silakan cek dulu di akun ini sebelum meminta dosen/atasan untuk membuat rekomendasi dalam bentuk dokumen fisik. Data akun ini selalu bisa disimpan untuk diperbarui bertahap.

 

 

8.Siapkan personal statement/letter

Secara umum personal statement atau personal statement bersisi tentang minat riset kita, apa yang membuat kita tertarik dengan kampus/program/riset tersebut, mengapa kita layak masuk kampus/program tersebut. Seperti halnya surat rekomendasi, dokumen ini bisa diminta dalam bentuk dokumen fisik ataupun form pertanyaan yang kita isi, yang akan kita ketahui saat kita bikin akun pendaftaran. Disarankan, kita mempersiapkan esai ini sejak di Step 1, karena membutuhkan waktu lama untuk mencari ide, meminta orang lain untuk memberikan masukan dan mengecek grammar. Intinya esai ini bisa kita pakai untuk pendaftaran beberapa program, tinggal diubah sedikit sesuai program tujuan. Jadi, saat kita perlu memasukan datanya ke akun, kita sudah siap.

ARTIKEL PENTING:

5 TIPS MENULIS PERSONAL STATEMENT

8 HAL YANG HARUS DIHINDARI SAAT MENULIS PERSONAL STATEMENT

 

9.Bayar biaya pendaftaran (jika ada)

Biasanya biaya pendaftaran diminta melalui kartu debit, kredit, atau Paypal. Biayanya bisa sekitar £50-75 untuk Inggris atau $100 untuk Amerika Serikat dan Kanada, atau gratis, tergantung kebijakan kampus.Nama kartu debit atau debit bisa tidak sama dengan nama pendaftar. Simpan bukti pembayaran.

ARTIKEL PENTING:

CARA MEMBANDINGKAN BIAYA KULIAH DENGAN SITUS HOTCOURSES INDONESIA

 

10. Tunggu hasil

Hasil pendaftaran kita bisa diketahui lewat email atau akun pendaftaran dalam waktu 2-12 minggu. Selalu cek email dan akun kita.

 

Step 1 biasanya dimulai 12 bulan dari jadwal masuk kuliah. Jadi kalau rencana masuk kuliah September 2017, harus mulai sejak September 2016! Beri waktu juga untuk persiapan IELTS/TOEFL secara mandiri atau di tempat les, tes, dan menunggu hasilnya karena perlu waktu sekitar 2-3 bulan untuk itu.

Jika ada pertanyaan silakan komentar dan silakan sebarkan informasi ini!

 

 

ARTIKEL POPULER IELTS/TOEFL:

1. CARA LULUS IELTS DARI TEMAN-TEMAN YANG SUDAH BERHASIL

2. CARA GRATIS LATIHAN LISTENING IELTS DAN TOEFL

3. APLIKASI ANDROID POPULER UNTUK LATIHAN IELTS

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Indah Gilang Pusparani adalah penulis tamu di Hotcourses Indonesia. Dia telah menyelesaikan program S2 di Inggris. Selain telah menyelesaikan S2, Indah juga memiliki pengalaman pertukaran pelajar, konferensi, dan menjadi sukarelawan di luar negeri (Amerika Serikat, Eropa, Afrika dan Asia Pasifik). Ia juga gemar menulis, terutama topik-topik seputar kuliah di luar negeri dan panduan beasiswa dengan wawasan pribadi. Jangan lupa kunjungi blog Indah di www.indahgilang.com.

Coba lihat...